Sabtu, 09 Februari 2013

KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH (US) SENI MUSIK



KISI KISI UJIAN SEKOLAH (US) KELAS IX
MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SMP/ MTs
KABUPATEN BREBES
TAHUN PELAJARAN 2012/2013



PETUNJUK PENGGUNAAN KISI-KISI UJIAN SEKOLAH MAPEL SENI BUDAYA
A.    Petunjuk Penggunaan Kisi-kisi Ujian Sekolah Tertulis
1.      Kisi-kisi ini memuat 50 indikator soal Seni Rupa, 50 indikator soal Seni Musik, dan 30 indikator soal Seni Tari.
2.      Tiap-tiap Sekolah hanya menggunakan 50 soal dari pilihan sejumlah 130  indikator soal yang tersedia.
3.      Sekolah bebas menentukan sendiri kisi-kisi yang akan digunakan dengan rincian: 20% soal kelas VII, 20% soal kelas VIII, dan 60% soal kelas IX.
4.      Tiap-tiap  sekolah boleh mengujikan hanya salah satu sub mapel saja (sesuai dengan yang diajarkan pada sekolah masing-masing).
5.      Tiap-tiap sekolah membuat soal sendiri sesuai dengan kisi-kisi soal yang telah ditentukan.

B.     Petunjuk Penggunaan Kisi-kisi Ujian Sekolah Praktikum
1.      Kisi-kisi ini memuat 3 indikator soal Seni Rupa, 3 indikator soal Seni Musik, dan 3 indikator soal Seni Tari.
2.      Tiap-tiap Sekolah hanya menggunakan 1 soal (atau 2 soal dari sub mapel yang berbeda)  dari pilihan sejumlah 9 indikator soal yang tersedia.
3.      Tiap-tiap  sekolah boleh mengujikan hanya salah satu sub mapel saja (sesuai dengan yang diajarkan pada sekolah masing-masing).

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH (US)
TERTULIS
SENI BUDAYA KELAS IX

Satuan Pendidikan : SMP/ MTs                                                                                                                    Alokasi Waktu      : 90 Menit
Mata Pelajaran      : Seni Budaya                                                                                                                 Bentuk dan Jumlah Soal : Pilihan Ganda 50 Soal
Sub Mapel : Seni Musik.                                                                                                                            Materi Kelas: VII (Tujuh)
SMT
SK/KD
INDIKATOR KOMPETENSI
MATERI
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL
1
2
3
5
6
7
1
































































2







3.   Mengapresiasi Karya Seni Musik
3.1. Mengidentifikasi  jenis lagu daerah setempat










3.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  lagu  daerah setempat






4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
4.1. Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempa












4.2. Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah setempat









11. Mengapresiasi karya seni musik
11.1. Mengidentifikasi  ragam musik daerah setempat











11.2. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni musik daerah setempat







·     Mengidentifikasi jenis lagu   daerah setempat
·     Menyebutkan jenis alat musik yang diperdengarkan
·     Mengidentifikasi elemen-elemen musik; irama,tempo nada dan dinamika lagu daerah setempat


·     Mampu menyebutkan keunikan yang ada pada lagu  daerah setempat
·     Membedakan keunikan lagu etnik daerah dan  lagu POP daerah setempat



·     Menyanyikan lagu daerah setempat
·     Menjelaskan prosedur mengaransir lagu
·      mengaransir secara sederhana dengan memperhatikan elemen-elemen musik pada lagu
·     Mengaransir lagu etnik daerah setempat dalam dua suara
·     Mendemonstrasikan alat musik ritmis dengan lagu yang telah diaransir



·     menampilkan hasil aransemen lagu etnik daerah setempat  secara perorangan atau kelompok
·     Menampilkan hasil aransemen lagu etnik daerah setempat dengan menggunakan berbagai alat musik



·     mengidentifikasi beragam lagu dan karya musik dari tokoh daerah setempat
·     Menyebutkan nama alat musik pengiring







·     Mempresentasikan keunikan lagu daerah setempat
·     Mengidentifikasi ciri-ciri lagu daerah setempat




·      



Musik Daerah













Musik Daerah











a. Musik Daerah
b. Berkarya Musik
















a. Praktek Musik
b. Berkarya Musik










a. Struktur Formal Musik Daerah
b. Lagu daerah Jawa Tengah






a. Struktur Formal Musik Daerah
b. Contoh lagu daerah Jawa Tengah

c. Struktur Formal Musik Daerah





·         Dapat menyebutkan asal lagu daerah.
·         Dapat menyebutkan jenis alat musik daerah
·         Dapat menyebutkan unsur-unsur musik yang terdapat pada lagu daerah

.
·         Dapat mengapresi tangganada pentatonis dan diatonis
·         Dapat membedakan tangganada pentatonis dan diatonis



·         Dapat menjelaskan pengertian aransemen.
·         Dapat menunjukkan bentuk dan nilai notasi.
·         Dapat menyebutkan unsur-unsur musik
·         Dapat menjelaskan pengertian nada, melodi, dan tangga nada.



·         Dapat mendeskripsikan cara/ langkah membuat aransemen.










·         Dapat membedakan alat musik pengiring dan alat musik melodis.
·         Dapat menyebutkan judul lagu tradisional daerah Jawa Tengah dan penciptanya


·         Dapat menyebutkan ciri-ciri lagu daerah Jawa Tengah



1


2



3







4




5







6



7




8


9







10














11




12








13








Sub Mapel        : Seni Musik                                                                                                                     Materi Kelas     : VIII (Delapan)
SMT
SK/KD
INDIKATOR KOMPETENSI
MATERI
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL
1
2
3
5
6
7
1




































































2
3.  Mengapresiasi karya seni musik
3.1. Mengidentifikasi  jenis lagu Nusantara




























3.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  lagu Nusantara

4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

4.1. Mengaransir secara sederhana lagu Nusantara dalam bentuk ansambel



4.2. Menampilkan hasil aransemen lagu Nusantara dalam bentuk ansambel






11. Mengapresiasi karya seni musik
11.1. Mengidentifikasi  jenis karya seni musik tradisional Nusantara






11.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni musik tradisional Nusantara


12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
12.1. Mengaransir secara sederhana lagu tradisi Nusantara





12.2. Menyiapkan seni musik tradisional Nusantara  untuk disajikan secara perseorangan dan kelompok di kelas atau sekolah

12.3. Menyajikan karya seni musik tradisional Nusantara  secara perseorangan dan berkelompok di kelas atau sekolah


·     Mmenyebutkan jenis lagu daerah Nusantara / lagu wajib Nasional
·     Mengidentifikasi ciri dari lagu Nusantara beserta tokohnya
·     Mendiskripsikan fungsi sosial lagu daerah Nusantara

























·     Menuliskan/mengutarakan keunikan /keindahan dan pesan dari lagu  yang didengar







·     Menyusun melodi dari alat musik pengiring dalam aransemen lagu
·     Menyusun interval, akor pada sangkar nada
·     Mampu mengaransir lagu etnik nusantara dalam bentuk ansambe

·     Memainkan hasik aransemen lagu etnik Nusantaral
·     Menampilkan hasil aransemen dalam bentuk ansambel







·     Mampu menyebutkan beragam karya musik Nusantara sesuai dengan intrumen musik yang digunakan
·     Mengidentifikasi jenis alat musik nusantara
·     Mendiskripsikan sumber bunyi dari jenis alat musi
·     Menyanyikan 1 lagu nusantara.


·     Mampu mengungkapkan rasa/kesan dalam bentuk lisan dan tulisan terhadap seniman/penulis lagu berdasarkan karya musik yang diperdengarkan
·     Mengidentifikasi keunikan dari fungsi sosial musik etnik Nusantara.




·     Mampu mengaransir secara sederhana lagu etnik Nusantara
·     Mampu menyusun seni pergelaran kelas
·     Mengaransir lagu tradisional Nusantara lengkap dengan elemen dan alat yang digunakan.

·     Mampu membuat perencanaan pementasan di dalam kelas dengan uraian tugas yang tepat
·     Memainkan hasil aransemen.





·     Mampu menyajikan karya musik  secara perorangan dan kelompok dikelas atau sekolah


1.      Musik Nusantara.
2.      Lagu-lagu Daerah Nusantara





























1. Musik Nusantara
2. Lagu – lagu Nusantara







a. Musik Ansambel
b. Aransmen Musik secara sederhana




a. Musik Ansambel
b. Berkarya Musik









Musik Keroncong











1.       Musik Keroncong
2.       Lagu “Rangkaian Melati”.







Berkreasi Musik Nusantara








1.    Kreasi Musik Nusantara
2.     Pergelaran Kelas






1. Kreasi Musik Nusantara
2. Pergelaran Kelas






·     Dapat menyebutkan jenis lagu daerah Nusantara/ Lagu wajib Nasional
·     Dapat menyebutkan ciri-ciri lagu anak-anak
·     Dapat menyebutkan ciri-ciri lagu perjuangan
·     Dapat menyebutkan nama tokoh musik nusantara
·     Dapat menjelaskan fungsi sosial musik pada lagu nusantara.
·     Dapat menyebutkan contoh lagu daerah nusantara.
·     Dapat menyebutkan alat musik tradisional nusantara beserta beserta asalnya.

·     Siswa dapat menyebutkan fungsi lagu daerah di masyarakat.






·     Dapat mendefinisikan cara menuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan.


·     Dapat menyebutkan alat musik yang digunakan dalam musik Ansambel.
·     Dapat mendefiniskan cara memainkan alat musik Ansambel.


·     Dapat menyebutkan alat musik yang digunakan pada musik keroncong.
·     Dapat mengidentifikasi alat musik berdasarkan sumber bunyinya.

·     Dapat menyebutkan nama-nama tokoh musik keroncong.







·     Dapat mengidentifikasi Akor Trinada.








·     Dapat menjelaskan cara membuat perencanaan pementasan karya musik di sekolah.



·     Dapat mendeskripsikan cara menampilkan karya musik yang baik secara perseorangan maupun kelompok.


14





15



16



17



18




19




20







21










22








23






24






25





26






27











28











29









30



Sub Mapel      : Seni Musik.                                                                                                                       Materi Kelas  : IX (Sembilan)
SMT.
SK/KD
INDIKATOR KOMPETENSI
MATERI
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL
1
2
3
5
6
7
1



























































2
3.  Mengapresiasi karya seni musik
3.1. Mengidentifikasi  lagu mancanegara di Asia







3.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  lagu mancanegara di Asia








4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
4.1. Mengaransir lagu mancanegara di Asia






4.2. Menampilkan hasil aransemen lagu mancanegara di Asia





11. Mengapresiasi karya seni musik

11.1. Mengidentifikasi  jenis karya seni musik mancanegara di luar Asia

















11.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni musik mancanegara di luar Asia



12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
12.1. Mengaransir lagu mancanegara




12.2. Menyiapkan karya seni musik mancanegara untuk disajikan secara perseorangan dan berkelompok di kelas atau di sekolah




12.3. Menampilkan karya seni musik mancanegara secara perseorangan dan berkelompok di kelas atau di sekolah


·     Menyebutkan jenis  musik mancanegara yang diperdengarkan
·     Mengidentifikasi ciri-ciri dan unsur dari musik mancanegara
·     Menyimpulkan fungsi sosial , sejarah musik mancanegara





·     Menemukan informasi tentang komponis mancanegara di Asia
·     Menyebutkan karya komponis dan aliran musiknya
·     Menuliskan keunikan  dan pesan dari musik
·     Menuliskan keistimewaan dari komponis mancanegara di Asia








·     Menyusun notasi, irama,tempo, dan dinamika lagu dalam aransemen lagu
·     Menentukan alat musik pengiring dari musik mancanegara
·      Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif mancanegara


·     memainkan lagu hasil aransemen dengan menggunakan alat musik yang tersedia










·     Mengidentifikasi beragam lagu dan karya musik dari tokoh mancanegara
·     Mampu menyebutkan nama alat musik pengiring
·     Mengidentifikasi alat musik berdasarkan sumber bunyinya

















·     Menyebutkan  keunikan lagu /musik mancanegara
·     Mengidentifikasi ciri-ciri dari jenis musik yang didengar
·     Mengidentifikasi fungsi sosial musik mancanegara








·     mengaransir lagu pop mancanegara
·     Membuat  karya aransemen berdasarkan pengembangan gagasan kreatif secara perorangan /kelompok


·     Membuat perencanaan pergelaran di kelas atau di sekolah











·     Menyanyikan/menampilkan lagu pop  mancanegara
·     Memainkan alat musik dalam bentuk ansambel


Musik mancanegara













Lagu mancanegara  ( Musik Jepang )
















Lagu mancanegara di Asia










1. Teknik Mengaransir Lagu
2. Musik Mancanegara di Asia








Musik nusantara dan  mancanegara























Musik mancanegara












Lagu  mancanegara di luar Asia







Perencanaan pergelaran













1.  Musik nusantara dan mancanegara
2. Pergelaran Musik



Ü  Dapat menyebutkan jenis musik mancanegara di Asia.
Ü  Dapat menyebutkan ciri-ciri musik Mancanegara
Ü  Dapat menjelaskan unsur-unsur musik Mancanegara.

Ü  Dapat menyebutkan asal lagu mancanegara.
Ü  Dapat menyebutkan karya-karya musik dari komponis mancanegara
Ü  Dapat menyebutkan aliran-aliran musik mancanegara.



Ü  Dapat mendeskripsikan pengertian notasi, irama, tempo, dan dinamik.
Ü  Dapat mendefinisikan rangkaian gerak akor yang baik.



Ü  Dapat menjelaskan pengertian aransmen.
Ü  Dapat mendeskripsikan langkah-langkah dalam mengaransemen lagu mancanegara.



Ü  Dapat menyebutkan perbedaan musik country dengan musik bluss.
Ü  Dapat menyebutkan nama alat musik pengiring.
Ü  Dapat menyebutkan sumber bunyi alat musik banyo, biola, flute, atau glokenspil.
Ü  Dapat menjelaskan cara memainkan alat musik banyo, biola, flute, atau glokenspil.


Ü  Dapat menjelaskan fungsi musik mancanegara.
Ü  Dapat menyebutkan alat musik berdasarkan sumber bunyinya.




Ü  Dapat menyebutkan jenis musik mancanegara sesuai aliran.




Ü  Dapat mendeskripsikan perencanaan dalam pergelaran musik.
Ü  Dapat menyebutkan perlengkapan yang dibutuhkan dalam pergelaran musik.


Ü  Dapat mendeskripsikan bentuk pergelaran yang baik.



31




32




33





34



35





36







37





38






39


40









41






42



43






44








45



46









47









48





49








50

















KISI-KISI UJIAN SEKOLAH (US)
PRAKTIKUM
SENI BUDAYA KELAS IX


KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH  PRAKTIKUM  KELAS IX
Satuan Pendidikan   : SMP/ MTs                                                                                                               Alokasi Waktu        : 120 Menit
Mata Pelajaran        : Seni Budaya                                                                                                                Bentuk Soal            : Praktikum
Sub Mapel             : Seni Musik                                                                                                           Materi Kelas                            : IX (Sembilan)
Kelas
SK/KD
INDIKATOR KOMPETENSI
MATERI
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL
1
2
3
5
6
7


IX























3.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  lagu mancanegara di Asia











4.1. Mengaransir lagu mancanegara di Asia













4.2. Menampilkan hasil aransemen lagu mancanegara di Asia


·     Menemukan informasi tentang komponis mancanegara di Asia
·     Menyebutkan karya komponis dan aliran musiknya
·     Menuliskan keunikan  dan pesan dari musik
·     Menuliskan keistimewaan dari komponis mancanegara di Asia

·     Menyusun notasi, irama,tempo, dan dinamika lagu dalam aransemen lagu
·     Menentukan alat musik pengiring dari musik mancanegara
·      Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif mancanegara

memainkan lagu hasil aransemen dengan menggunakan alat musik yang tersedia




Lagu mancanegara  ( Musik Jepang )

















Lagu mancanegara di Asia














1. Teknik Mengaransir Lagu
2. Musik Mancanegara di Asia



Ü  (*) Dapat memainkan notasi lagu ”Kokorono Tomo” dengan menggunakan alat musik recorder, pianika, atau keyboard.











Ü  (*) Dapat menyanyikan lagu Mancanegara dengan lagu wajib atau lagu pilihan yang ditentukan guru.







Ü  (*) Dapat memainkan lagu mancanegara secara berkelompok dengan format ansambel.

Keterangan: (*) Pilih salah  satu materi ujian praktikum sesuai sekolah Anda!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar