KISI KISI UJIAN SEKOLAH
(US) KELAS IX
MATA PELAJARAN SENI
BUDAYA SMP/ MTs
KABUPATEN BREBES
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
PETUNJUK
PENGGUNAAN KISI-KISI UJIAN SEKOLAH MAPEL SENI BUDAYA
A.
Petunjuk Penggunaan Kisi-kisi Ujian
Sekolah Tertulis
1. Kisi-kisi
ini memuat 50 indikator soal Seni Rupa, 50 indikator soal Seni Musik, dan 30
indikator soal Seni Tari.
2. Tiap-tiap
Sekolah hanya menggunakan 50 soal dari pilihan sejumlah 130 indikator soal yang tersedia.
3. Sekolah
bebas menentukan sendiri kisi-kisi yang akan digunakan dengan rincian: 20% soal
kelas VII, 20% soal kelas VIII, dan 60% soal kelas IX.
4. Tiap-tiap sekolah boleh mengujikan hanya salah satu sub
mapel saja (sesuai dengan yang diajarkan pada sekolah masing-masing).
5. Tiap-tiap
sekolah membuat soal sendiri sesuai dengan kisi-kisi soal yang telah
ditentukan.
B.
Petunjuk Penggunaan Kisi-kisi Ujian
Sekolah Praktikum
1. Kisi-kisi
ini memuat 3 indikator soal Seni Rupa, 3 indikator soal Seni Musik, dan 3
indikator soal Seni Tari.
2. Tiap-tiap
Sekolah hanya menggunakan 1 soal (atau 2 soal dari sub mapel yang berbeda) dari pilihan sejumlah 9 indikator soal yang
tersedia.
3. Tiap-tiap sekolah boleh mengujikan hanya salah satu sub
mapel saja (sesuai dengan yang diajarkan pada sekolah masing-masing).
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
(US)
TERTULIS
SENI BUDAYA KELAS IX
Satuan Pendidikan : SMP/ MTs Alokasi Waktu : 90 Menit
Mata Pelajaran : Seni Budaya Bentuk dan Jumlah Soal : Pilihan Ganda 50 Soal
Sub Mapel :
Seni Musik. Materi Kelas: VII (Tujuh)
SMT
|
SK/KD
|
INDIKATOR
KOMPETENSI
|
MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
NOMOR
SOAL
|
1
|
2
|
3
|
5
|
6
|
7
|
1
2
|
3. Mengapresiasi Karya Seni Musik
3.1.
Mengidentifikasi jenis lagu daerah
setempat
3.2. Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan
lagu daerah setempat
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
4.1. Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah
setempa
4.2. Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah
setempat
11. Mengapresiasi karya seni musik
11.1. Mengidentifikasi ragam musik daerah setempat
11.2. Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap keunikan
seni musik daerah setempat
|
·
Mengidentifikasi jenis lagu
daerah setempat
·
Menyebutkan jenis alat musik yang diperdengarkan
·
Mengidentifikasi elemen-elemen musik; irama,tempo nada dan dinamika lagu
daerah setempat
·
Mampu menyebutkan keunikan yang ada pada lagu daerah setempat
·
Membedakan keunikan lagu etnik daerah dan
lagu POP daerah setempat
·
Menyanyikan lagu daerah
setempat
·
Menjelaskan prosedur mengaransir lagu
·
mengaransir secara sederhana
dengan memperhatikan elemen-elemen musik pada lagu
·
Mengaransir lagu etnik daerah setempat dalam dua suara
·
Mendemonstrasikan alat musik ritmis dengan lagu yang telah diaransir
·
menampilkan hasil aransemen lagu etnik daerah setempat secara perorangan atau kelompok
·
Menampilkan hasil aransemen lagu etnik daerah setempat dengan menggunakan
berbagai alat musik
·
mengidentifikasi beragam lagu dan karya musik dari tokoh daerah setempat
·
Menyebutkan nama alat musik pengiring
·
Mempresentasikan keunikan lagu daerah setempat
·
Mengidentifikasi ciri-ciri lagu daerah setempat
·
|
Musik Daerah
Musik Daerah
a. Musik Daerah
b. Berkarya Musik
a. Praktek Musik
b.
Berkarya Musik
a. Struktur Formal
Musik Daerah
b. Lagu daerah Jawa
Tengah
a. Struktur Formal Musik Daerah
b. Contoh lagu daerah Jawa Tengah
c. Struktur Formal
Musik Daerah
|
·
Dapat menyebutkan asal lagu daerah.
·
Dapat menyebutkan jenis alat musik daerah
·
Dapat menyebutkan unsur-unsur musik yang terdapat
pada lagu daerah
.
·
Dapat mengapresi tangganada pentatonis dan
diatonis
·
Dapat membedakan tangganada pentatonis dan
diatonis
·
Dapat menjelaskan pengertian aransemen.
·
Dapat menunjukkan bentuk dan nilai notasi.
·
Dapat menyebutkan unsur-unsur musik
·
Dapat menjelaskan pengertian nada, melodi, dan
tangga nada.
·
Dapat mendeskripsikan cara/ langkah membuat
aransemen.
·
Dapat membedakan alat musik pengiring dan alat
musik melodis.
·
Dapat menyebutkan judul lagu tradisional daerah
Jawa Tengah dan penciptanya
·
Dapat menyebutkan ciri-ciri lagu daerah Jawa
Tengah
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
|
Sub Mapel :
Seni Musik Materi Kelas : VIII (Delapan)
SMT
|
SK/KD
|
INDIKATOR
KOMPETENSI
|
MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
NOMOR
SOAL
|
1
|
2
|
3
|
5
|
6
|
7
|
1
2
|
3. Mengapresiasi
karya seni musik
3.1. Mengidentifikasi
jenis lagu Nusantara
3.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap
keunikan lagu Nusantara
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
4.1. Mengaransir secara sederhana lagu Nusantara dalam
bentuk ansambel
4.2. Menampilkan hasil aransemen lagu Nusantara dalam
bentuk ansambel
11. Mengapresiasi karya seni musik
11.1. Mengidentifikasi jenis karya seni musik tradisional
Nusantara
11.2.
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni musik tradisional Nusantara
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
12.1. Mengaransir secara sederhana lagu tradisi
Nusantara
12.2. Menyiapkan seni musik tradisional Nusantara untuk disajikan secara perseorangan dan
kelompok di kelas atau sekolah
12.3. Menyajikan karya seni musik tradisional
Nusantara secara perseorangan dan
berkelompok di kelas atau sekolah
|
·
Mmenyebutkan jenis lagu daerah Nusantara / lagu wajib Nasional
·
Mengidentifikasi ciri dari lagu Nusantara beserta tokohnya
·
Mendiskripsikan fungsi sosial lagu daerah Nusantara
·
Menuliskan/mengutarakan keunikan /keindahan dan pesan dari lagu yang didengar
· Menyusun
melodi dari alat musik pengiring dalam aransemen lagu
· Menyusun
interval, akor pada sangkar nada
· Mampu
mengaransir lagu etnik nusantara dalam bentuk ansambe
· Memainkan
hasik aransemen lagu etnik Nusantaral
· Menampilkan
hasil aransemen dalam bentuk ansambel
·
Mampu menyebutkan beragam karya musik Nusantara sesuai dengan intrumen
musik yang digunakan
·
Mengidentifikasi jenis alat musik nusantara
·
Mendiskripsikan sumber bunyi dari jenis alat musi
·
Menyanyikan 1 lagu nusantara.
·
Mampu mengungkapkan rasa/kesan dalam bentuk lisan dan tulisan terhadap
seniman/penulis lagu berdasarkan karya musik yang diperdengarkan
·
Mengidentifikasi keunikan dari fungsi sosial musik etnik
Nusantara.
· Mampu
mengaransir secara sederhana lagu etnik Nusantara
· Mampu
menyusun seni pergelaran kelas
· Mengaransir
lagu tradisional Nusantara lengkap dengan elemen dan alat yang digunakan.
· Mampu
membuat perencanaan pementasan di dalam kelas dengan uraian tugas yang tepat
· Memainkan
hasil aransemen.
· Mampu
menyajikan karya musik secara
perorangan dan kelompok dikelas atau sekolah
|
1. Musik Nusantara.
2. Lagu-lagu Daerah Nusantara
1. Musik Nusantara
2. Lagu – lagu Nusantara
a. Musik Ansambel
b. Aransmen Musik
secara sederhana
a. Musik Ansambel
b. Berkarya Musik
Musik Keroncong
1. Musik Keroncong
2. Lagu “Rangkaian Melati”.
Berkreasi Musik
Nusantara
1.
Kreasi Musik Nusantara
2.
Pergelaran
Kelas
1. Kreasi Musik
Nusantara
2. Pergelaran
Kelas
|
·
Dapat menyebutkan
jenis lagu daerah Nusantara/ Lagu wajib Nasional
·
Dapat menyebutkan
ciri-ciri lagu anak-anak
·
Dapat menyebutkan
ciri-ciri lagu perjuangan
·
Dapat menyebutkan nama
tokoh musik nusantara
·
Dapat menjelaskan
fungsi sosial musik pada lagu nusantara.
·
Dapat menyebutkan
contoh lagu daerah nusantara.
·
Dapat menyebutkan alat
musik tradisional nusantara beserta beserta asalnya.
·
Siswa dapat
menyebutkan fungsi lagu daerah di masyarakat.
·
Dapat mendefinisikan
cara menuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan.
·
Dapat menyebutkan alat
musik yang digunakan dalam musik Ansambel.
·
Dapat mendefiniskan
cara memainkan alat musik Ansambel.
·
Dapat menyebutkan alat
musik yang digunakan pada musik keroncong.
·
Dapat mengidentifikasi
alat musik berdasarkan sumber bunyinya.
·
Dapat menyebutkan
nama-nama tokoh musik keroncong.
·
Dapat mengidentifikasi
Akor Trinada.
·
Dapat menjelaskan cara
membuat perencanaan pementasan karya musik di sekolah.
·
Dapat mendeskripsikan
cara menampilkan karya musik yang baik secara perseorangan maupun kelompok.
|
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
|
Sub Mapel :
Seni Musik. Materi Kelas : IX (Sembilan)
SMT.
|
SK/KD
|
INDIKATOR
KOMPETENSI
|
MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
NOMOR
SOAL
|
1
|
2
|
3
|
5
|
6
|
7
|
1
2
|
3. Mengapresiasi
karya seni musik
3.1. Mengidentifikasi lagu mancanegara di Asia
3.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap
keunikan lagu mancanegara di Asia
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
4.1. Mengaransir lagu mancanegara di Asia
4.2. Menampilkan hasil aransemen lagu mancanegara di
Asia
11. Mengapresiasi karya seni musik
11.1. Mengidentifikasi jenis karya
seni musik mancanegara di luar Asia
11.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap
keunikan seni musik mancanegara di
luar Asia
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
12.1. Mengaransir lagu mancanegara
12.2. Menyiapkan karya seni musik mancanegara untuk
disajikan secara perseorangan dan berkelompok di kelas atau di sekolah
12.3. Menampilkan karya seni musik
mancanegara secara perseorangan dan berkelompok di kelas atau di sekolah
|
· Menyebutkan jenis
musik mancanegara yang diperdengarkan
· Mengidentifikasi ciri-ciri dan unsur dari musik
mancanegara
· Menyimpulkan fungsi sosial , sejarah musik
mancanegara
· Menemukan informasi tentang komponis mancanegara
di Asia
· Menyebutkan karya komponis dan aliran musiknya
· Menuliskan keunikan dan pesan dari musik
· Menuliskan keistimewaan dari komponis mancanegara
di Asia
· Menyusun notasi, irama,tempo, dan dinamika lagu
dalam aransemen lagu
· Menentukan alat musik pengiring dari musik
mancanegara
· Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif
mancanegara
· memainkan lagu hasil aransemen dengan menggunakan
alat musik yang tersedia
· Mengidentifikasi beragam lagu dan karya musik
dari tokoh mancanegara
· Mampu menyebutkan nama alat musik pengiring
· Mengidentifikasi alat musik berdasarkan sumber
bunyinya
· Menyebutkan
keunikan lagu /musik mancanegara
· Mengidentifikasi ciri-ciri dari jenis musik yang
didengar
· Mengidentifikasi fungsi sosial musik mancanegara
· mengaransir lagu pop mancanegara
· Membuat
karya aransemen berdasarkan pengembangan gagasan kreatif secara
perorangan /kelompok
· Membuat perencanaan pergelaran di kelas atau di sekolah
· Menyanyikan/menampilkan lagu pop mancanegara
· Memainkan alat musik dalam bentuk ansambel
|
Musik mancanegara
Lagu mancanegara ( Musik Jepang )
Lagu mancanegara di
Asia
1. Teknik Mengaransir Lagu
2. Musik Mancanegara di Asia
Musik nusantara dan
mancanegara
Musik mancanegara
Lagu mancanegara di luar Asia
Perencanaan pergelaran
1. Musik nusantara dan mancanegara
2. Pergelaran Musik
|
Ü Dapat
menyebutkan jenis musik mancanegara di Asia.
Ü Dapat
menyebutkan ciri-ciri musik Mancanegara
Ü Dapat
menjelaskan unsur-unsur musik Mancanegara.
Ü Dapat
menyebutkan asal lagu mancanegara.
Ü Dapat
menyebutkan karya-karya musik dari komponis mancanegara
Ü Dapat
menyebutkan aliran-aliran musik mancanegara.
Ü Dapat
mendeskripsikan pengertian notasi, irama, tempo, dan dinamik.
Ü Dapat
mendefinisikan rangkaian gerak akor yang baik.
Ü Dapat
menjelaskan pengertian aransmen.
Ü Dapat
mendeskripsikan langkah-langkah dalam mengaransemen lagu mancanegara.
Ü Dapat
menyebutkan perbedaan musik country dengan musik bluss.
Ü Dapat
menyebutkan nama alat musik pengiring.
Ü Dapat
menyebutkan sumber bunyi alat musik banyo, biola, flute, atau glokenspil.
Ü Dapat
menjelaskan cara memainkan alat musik banyo, biola, flute, atau glokenspil.
Ü Dapat
menjelaskan fungsi musik mancanegara.
Ü Dapat
menyebutkan alat musik berdasarkan sumber bunyinya.
Ü Dapat
menyebutkan jenis musik mancanegara sesuai aliran.
Ü Dapat
mendeskripsikan perencanaan dalam pergelaran musik.
Ü Dapat
menyebutkan perlengkapan yang dibutuhkan dalam pergelaran musik.
Ü Dapat
mendeskripsikan bentuk pergelaran yang baik.
|
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
|
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH (US)
PRAKTIKUM
SENI BUDAYA KELAS IX
KISI-KISI SOAL
UJIAN SEKOLAH PRAKTIKUM KELAS IX
Satuan
Pendidikan : SMP/ MTs Alokasi Waktu : 120 Menit
Mata
Pelajaran : Seni Budaya Bentuk Soal : Praktikum
Sub
Mapel : Seni Musik Materi
Kelas : IX
(Sembilan)
Kelas
|
SK/KD
|
INDIKATOR KOMPETENSI
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
NOMOR SOAL
|
1
|
2
|
3
|
5
|
6
|
7
|
IX
|
3.2.
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu mancanegara di Asia
4.1. Mengaransir
lagu mancanegara di Asia
4.2. Menampilkan
hasil aransemen lagu mancanegara di Asia
|
·
Menemukan informasi tentang komponis mancanegara di
Asia
·
Menyebutkan karya komponis dan aliran musiknya
·
Menuliskan keunikan
dan pesan dari musik
·
Menuliskan keistimewaan dari komponis mancanegara di
Asia
·
Menyusun
notasi, irama,tempo, dan dinamika lagu dalam aransemen lagu
·
Menentukan
alat musik pengiring dari musik mancanegara
·
Mengaransir lagu
berdasarkan ide kreatif mancanegara
memainkan lagu hasil
aransemen dengan menggunakan alat musik yang tersedia
|
Lagu mancanegara ( Musik
Jepang )
Lagu mancanegara di Asia
1. Teknik Mengaransir Lagu
2. Musik Mancanegara di Asia
|
Ü (*) Dapat memainkan notasi lagu
”Kokorono Tomo” dengan menggunakan alat musik recorder, pianika, atau
keyboard.
Ü (*) Dapat menyanyikan lagu Mancanegara dengan
lagu wajib atau lagu pilihan yang ditentukan guru.
Ü (*) Dapat memainkan lagu mancanegara
secara berkelompok dengan format ansambel.
|
Keterangan: (*) Pilih salah satu materi ujian praktikum sesuai sekolah
Anda!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar