KISI KISI UJIAN SEKOLAH
(US) KELAS IX
MATA PELAJARAN SENI
BUDAYA SMP/ MTs
KABUPATEN BREBES
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
PETUNJUK
PENGGUNAAN KISI-KISI UJIAN SEKOLAH MAPEL SENI BUDAYA
A.
Petunjuk Penggunaan Kisi-kisi Ujian
Sekolah Tertulis
1. Kisi-kisi
ini memuat 50 indikator soal Seni Rupa, 50 indikator soal Seni Musik, dan 30
indikator soal Seni Tari.
2. Tiap-tiap
Sekolah hanya menggunakan 50 soal dari pilihan sejumlah 130 indikator soal yang tersedia.
3. Sekolah
bebas menentukan sendiri kisi-kisi yang akan digunakan dengan rincian: 20% soal
kelas VII, 20% soal kelas VIII, dan 60% soal kelas IX.
4. Tiap-tiap sekolah boleh mengujikan hanya salah satu sub
mapel saja (sesuai dengan yang diajarkan pada sekolah masing-masing).
5. Tiap-tiap
sekolah membuat soal sendiri sesuai dengan kisi-kisi soal yang telah
ditentukan.
B.
Petunjuk Penggunaan Kisi-kisi Ujian
Sekolah Praktikum
1. Kisi-kisi
ini memuat 3 indikator soal Seni Rupa, 3 indikator soal Seni Musik, dan 3
indikator soal Seni Tari.
2. Tiap-tiap
Sekolah hanya menggunakan 1 soal (atau 2 soal dari sub mapel yang berbeda) dari pilihan sejumlah 9 indikator soal yang
tersedia.
3. Tiap-tiap sekolah boleh mengujikan hanya salah satu sub
mapel saja (sesuai dengan yang diajarkan pada sekolah masing-masing).
4. Tiap-tiap
sekolah membuat soal sendiri sesuai dengan kisi-kisi soal yang telah
ditentukan.
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
(US)
TERTULIS
SENI BUDAYA KELAS IX
Satuan
Pendidikan : SMP/ MTs Alokasi Waktu : 90 Menit
Mata
Pelajaran : Seni
Budaya Bentuk dan Jumlah Soal : Pilihan Ganda 50 Soal
Sub
Mapel : Seni
Tari Materi Kelas : VII (Tujuh)
SMT
|
SK/KD
|
INDIKATOR KOMPETENSI
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
NOMOR SOAL
|
1
|
2
|
3
|
5
|
6
|
7
|
1
2
|
5. Mengapresiasi Karya Seni Tari
5.1. Mengidentifikasi
jenis karya seni tari tunggal daerah setempat
6.
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
6.1. Mengeksplorasi
pola lantai gerak tari tunggal daerah setempat
13. Mengapresiasi
Karya Seni Tari
13.1. Mengidentifikasi jenis karya seni
tari berpasangan/kelompok daerah setempat
14.
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
14.1. Mengeksplorasi
pola lantai gerak tari berpasangan/
kelompok daerah setempat
|
· Mengidentifikasikan jenis karya seni
tari tunggal daerah setempat
· Mengungkapkan kesan secara lisan tentang
keunikan seni tari tunggal daerah
setempat
· Menyebutkan fungsi tari tunggal dalam
masyarakat daerah setempat
· Membuat tanggapan tertulis tentang jenis
karya seni tari tunggal daerah setempat
· Mencari bentuk pola lantai Tari Tunggal daerah setempat
· Menemukan pola lantai gerak berdasarkan
ragam gerak tari tunggal daerah
setempat
· Menyebutkan nama berbagai tari berpasangan/kelompok
daerah setempat
· Mengelompokkan ragam gerak seni tari
berpasangan/kelompok daerah setempat
· Menjelaskan ragam
tari berpasangan/ kelompok dari daerah setempat
· Mencari pola lantai gerak tari berpasangan/kelompok
dari daerah setempat
· Menuliskan pola lantai gerak tari berpasangan/kelompok
daerah setempat
· Memeragakan pola lantai gerak tari berpasangan/kelompok
dari daerah
|
Tari tunggal daerah setempat
Tari tunggal
daerah setempat
Tari berpasangan/kelompok daerah
setempat
Beragam etnik tari berpasangan/ kelompok
Jawa Tengah
|
· Dapat menjelaskan unsur-unsur keindahan
seni tari
·
Dapat
mengidentifikasi pola lantai yang sesuai untuk tari tunggal daerah setempat.
· Dapat menyebutkan jenis-jenis tari berpasangan/kelompok
di daerahmu
· Dapat menyebutkan 3 judul tarian daerah
berpasangan/kelompok di daerah mu.
·
Dapat
menjelaskan bentuk pola lantai tari
daerah berpasangan/ kelompok
|
1
2
3
4
5
|
Sub
Mapel : Seni
Tari Materi Kelas : VIII (Delapan)
SMT
|
SK/KD
|
INDIKATOR KOMPETENSI
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
NOMOR SOAL
|
1
|
2
|
3
|
5
|
6
|
7
|
1
2
|
5. Mengapresiasi
Karya Seni Tari
5.1. Mengidentifikasi
jenis karya seni tari tunggal
Nusantara
5.2. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap
keunikan seni tari tunggal Nusantara
13. Mengapresiasi
Karya Seni Tari
13.1. Mengidentifikasi jenis karya seni
tari berpasangan/kelompok Nusantara
13.2. Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan
seni tari berpasangan Nusantara
14.
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
14.1. Mengeksplorasi pola lantai gerak tari berpasangan/kelompok
Nusantara
14.3. Mementaskan tari berpasangan/kelompok Nusantara
|
· Mengidentifikasi beragam jenis karya seni tari tunggal
nusantara
· Mengidentifikasi bentuk, tema, fungsi dan makna karya
seni tari nusantara
· Mengungkapkan kesan dan pesan secara lisan tentang tari
tunggal Nusantara.
· Mendiskripsikan tentang beragam jenis,
bentuk,tema, fungsi dan makna seni tari tunggal nusantara
· Menyebutkan fungsi tari tunggal Nusantara dalam
masyarakat.
· Menyebutkan nama tari berpasangan/kelompok seni tari nusantara
·
Mengidentifikasi ciri-ciri karya tari berpasangan / kelompok dari daerah setempat.
·
Mengungkapkan rasa/kesan tentang tari
berpasangan/kelompok dari nusantara
·
Menjelaskan keragaman karya berdasarkan gaya
penampilan.
·
Mendiskusikan
hasil penemuan pola lantai berpasangan/ berkelompok
·
Melakukan
uji coba penemuan pola lantai
·
Menampilakan
karya tari dengan tata rias, properti
dan busana sesuai dengan iringan
|
Tari
Tunggal daerah Bali
Tari
Tunggal
1.
Tema
kepahlawanan
2.
Tema kegembiraan
3.
Tema romantis
Beragam tari berpasangan daerah Nusantara
Tari berpasangan/kelompok dari
daerah Nusantara
Pola lantai tari berpasangan /
kelompok
Tari berpasangan / kelompok dari
daerah Nusantara
|
Ü Dapat menyebutkan perbedaan ciri karya tari tunggal
daerah.
Ü Dapat menyebutkan ciri khas tari tunggal daerah Jawa
Tengah.
Ü Dapat menyebutkan property tari tunggal berdasarkan
tema : kepahlawanan, kegembiraan dan
romantis !
Ü Dapat menyebutkan kelengkapan busana tari tunggal
berdasarkan tema !
Ü Dapat menjelaskan tata rias tari tema roman!
Ü Dapat menjelaskan tema tari tunggal kepahlawanan!
Ü Dapat
menjelaskan fungsi tari romantik
Ü Dapar menyebutkan tari berpasangan/ kelompok
dari daerah Yogyakarta
Ü Dapat menyebutkan macam-macam tari
berpasangan yang bertema erotik!
Ü
Dapat menjelaskan ragam karya tari Nusantara
Ü
Dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam
tari berpasangan daerah Nusantara
Ü Dapat menyebutkan
bentuk-bentuk pola lantai pada tari tunggal
Ü Dapat
menjelaskan pengertian pola lantai
Ãœ Dapat menjelaskan makna – makna pola
lantai
Ü Dapat menyebutkan jenis-jenis tari etnik
tari berpasangan /kelompok daerah Nusantara
Ü Dapat menyebutkan ragam gerak tari
berpasangan /kelompok daerah Nusantara
Ü Dapat menjelaskan fungsi tari etnik berpasangan/ kelompok daerah Nusantara
|
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
|
Sub
Mapel : Seni
Tari Materi Kelas : IX (Sembilan)
SMT
|
SK/KD
|
INDIKATOR KOMPETENSI
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
NOMOR SOAL
|
1
|
2
|
3
|
5
|
6
|
7
|
1
2
|
5.
Mengapresiasi Karya Seni Tari
5.1. Mengidentifikasi jenis karya
seni tari Mancanegara di Asia
13.
Mengapresiasi Karya Seni Tari
13.1. Mengidentifikasi
jenis karya seni tari mancanegara di luar Asia
13.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap
keunikan seni tari mancanegara di luar
Asia
14.
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
14.4. Menggelar pertunjukan tari di sekolah
|
·
Mengidentifikasi
tentang karya tari mancanegara di Asia
·
Menuliskan
unsur budaya khas dari tari asia.
·
Mengkaji
perkembangan seni tari mancanegara di Asia
·
Menuliskan
keunikan/keindahan dan pesan dari pertunjukan tari yang ditonton
·
Mengidentifikasi
beragam tari mancanegara
·
Menuliskan
unsur budaya khas dari tari di luar Asia
·
Membuat
koleksi kliping tari manca -negara di luar Asia
·
Menuliskan
keunikan/keindahan dan pesan dari tari yang dipertunjukkan
·
Menyajikan
tari kreasi mancane gara secara
kelompok di kelas/ sekolah
|
Tari dari negara di Asia (India,Korea,Timur Tengah)
Macam-macam tari mancanegara Eropa
Tari mancanegara di luar
Asia(Cha-Cha.Dansa, Disco dll)
1. Ragam gerak tari mancanegara
2. Diskripsi tari
|
Ü Dapat menyebutkat nama jenis tari mancanegara
berdasarkan negaranya
Ü Dapat menyebutkan perbedaan ciri dari karya tari
negara:
a.
India
b.Thailand
c.
Indonesia
d. Malaysia
Ü Dapat menjelaskan fungsi :
a.
tarian
b.
Tata
rias
c.
Busana
d.
Musik
pengiring
e.
Property
(peralatan
Tari.
Ü Dapat mengidentifikasi tentang keunikan dan keindahan tarian
mancanegara di luar Asia
Ü Dapat menjelaskan pesan yang tersirat dalam tarian mancanegara
di luar Asia.
Ü Dapat mendefinisikan perencanaan untuk
pergelaran tari, meliputi : susunan kepanitiaan
Ü Dapat mendefinisikantentang pembuatan
proposal untuk pergelaran/ pementasan
tari.
Ü Dapat me deskripsikan tari mancanegara
secara sederhana berpasangan / kelompok
|
23
24
25
26
27
28
29
30
|
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
(US)
PRAKTIKUM
SENI BUDAYA KELAS IX
KISI-KISI SOAL
UJIAN SEKOLAH PRAKTIKUM KELAS IX
Satuan
Pendidikan : SMP/ MTs Alokasi Waktu : 120 Menit
Mata
Pelajaran : Seni Budaya Bentuk Soal : Praktikum
Sub
Mapel : Seni Tari Materi Kelas :
VII/ VIII/ IX
Kelas
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR KOMPETENSI
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
NOMOR SOAL
|
1
|
2
|
3
|
5
|
6
|
7
|
VII
VIII
IX
|
14.2. Memeragakan tari tunggal
dan berpasangan/ kelompok daerah setempat
6.2. Memeragakan tari tunggal Nusantara
14.4. Menggelar
pertunjukan tari di sekolah
|
· Menarikan tari berpasangan/kelompok dari daerah sesuai
dengan iringan
·
Menyajikan
bentukTari Tunggal daerah nusantara sesuai dengan iringannya
Menyajikan tari kreasi mancane
gara secara kelompok di kelas/ sekolah
|
Tari
berpasangan/kelompok daerah setempat
Tari tunggal dari
daerah Nusantara
1. Ragam gerak tari mancanegara
2. Diskripsi tari
|
·
(*) Dapat
menyajikan Pertujukan karya tari daerah berpasangan/ kelompok di depan kelas
berdasarkan apa yang sudah diajarkan guru.
·
(*) Dapat
menyajikan karya tari tunggal berdasarkan tari daerah nusantara sesuai dengan
iringan musiknya.
·
(*)
Dapat menyajikan karya tari hasil kreasi didepan kelas/ sekolah
|
Keterangan: (*) Pilih salah satu materi ujian praktikum sesuai sekolah
Anda!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar