Sabtu, 09 Februari 2013

KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH (US) SENI TARI



KISI KISI UJIAN SEKOLAH (US) KELAS IX
MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SMP/ MTs
KABUPATEN BREBES
TAHUN PELAJARAN 2012/2013


PETUNJUK PENGGUNAAN KISI-KISI UJIAN SEKOLAH MAPEL SENI BUDAYA
A.    Petunjuk Penggunaan Kisi-kisi Ujian Sekolah Tertulis
1.      Kisi-kisi ini memuat 50 indikator soal Seni Rupa, 50 indikator soal Seni Musik, dan 30 indikator soal Seni Tari.
2.      Tiap-tiap Sekolah hanya menggunakan 50 soal dari pilihan sejumlah 130  indikator soal yang tersedia.
3.      Sekolah bebas menentukan sendiri kisi-kisi yang akan digunakan dengan rincian: 20% soal kelas VII, 20% soal kelas VIII, dan 60% soal kelas IX.
4.      Tiap-tiap  sekolah boleh mengujikan hanya salah satu sub mapel saja (sesuai dengan yang diajarkan pada sekolah masing-masing).
5.      Tiap-tiap sekolah membuat soal sendiri sesuai dengan kisi-kisi soal yang telah ditentukan.

B.     Petunjuk Penggunaan Kisi-kisi Ujian Sekolah Praktikum
1.      Kisi-kisi ini memuat 3 indikator soal Seni Rupa, 3 indikator soal Seni Musik, dan 3 indikator soal Seni Tari.
2.      Tiap-tiap Sekolah hanya menggunakan 1 soal (atau 2 soal dari sub mapel yang berbeda)  dari pilihan sejumlah 9 indikator soal yang tersedia.
3.      Tiap-tiap  sekolah boleh mengujikan hanya salah satu sub mapel saja (sesuai dengan yang diajarkan pada sekolah masing-masing).
4.      Tiap-tiap sekolah membuat soal sendiri sesuai dengan kisi-kisi soal yang telah ditentukan.



KISI-KISI UJIAN SEKOLAH (US)
TERTULIS
SENI BUDAYA KELAS IX



Satuan Pendidikan                   : SMP/ MTs                                                                                                                              Alokasi Waktu                         : 90 Menit
Mata Pelajaran                         : Seni Budaya                                                                                                                          Bentuk dan Jumlah Soal                      : Pilihan Ganda 50 Soal
Sub Mapel                               : Seni Tari                                                                                                                                Materi Kelas                            : VII (Tujuh)
SMT
SK/KD
INDIKATOR KOMPETENSI
MATERI
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL
1
2
3
5
6
7

1


























2
5. Mengapresiasi Karya Seni Tari
5.1. Mengidentifikasi  jenis karya seni tari tunggal daerah setempat







6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
6.1. Mengeksplorasi pola lantai gerak tari tunggal daerah setempat




13. Mengapresiasi Karya Seni Tari
13.1. Mengidentifikasi  jenis karya seni tari berpasangan/kelompok daerah setempat




14. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
14.1. Mengeksplorasi pola lantai gerak tari  berpasangan/ kelompok daerah setempat




·     Mengidentifikasikan jenis karya seni tari tunggal daerah setempat
·     Mengungkapkan kesan secara lisan tentang keunikan seni  tari tunggal daerah setempat
·     Menyebutkan fungsi tari tunggal dalam masyarakat daerah setempat
·     Membuat tanggapan tertulis tentang jenis karya seni tari tunggal daerah setempat



·     Mencari bentuk pola lantai Tari Tunggal daerah setempat
·     Menemukan pola lantai gerak berdasarkan ragam gerak tari tunggal  daerah setempat





·     Menyebutkan nama berbagai tari berpasangan/kelompok daerah setempat
·     Mengelompokkan ragam gerak seni tari berpasangan/kelompok daerah setempat
·     Menjelaskan ragam  tari berpasangan/ kelompok dari daerah setempat



·     Mencari pola lantai gerak tari berpasangan/kelompok dari daerah setempat
·     Menuliskan pola lantai gerak tari berpasangan/kelompok daerah setempat
·     Memeragakan pola lantai gerak tari berpasangan/kelompok dari daerah



Tari tunggal daerah setempat














Tari tunggal daerah setempat










Tari berpasangan/kelompok daerah setempat











Beragam  etnik tari berpasangan/ kelompok Jawa Tengah


·     Dapat menjelaskan unsur-unsur keindahan seni tari












·         Dapat mengidentifikasi pola lantai yang sesuai untuk tari tunggal daerah setempat.









·     Dapat menyebutkan jenis-jenis tari berpasangan/kelompok di daerahmu
·     Dapat menyebutkan 3 judul tarian daerah berpasangan/kelompok di daerah mu.








·         Dapat menjelaskan  bentuk pola lantai tari daerah berpasangan/ kelompok


1















2











3


4










5










Sub Mapel                               : Seni Tari                                            Materi Kelas                            : VIII (Delapan)                                   
SMT
SK/KD
INDIKATOR KOMPETENSI
MATERI
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL
1
2
3
5
6
7

1


















2
5. Mengapresiasi Karya Seni Tari
5.1. Mengidentifikasi  jenis karya seni tari tunggal  Nusantara




5.2. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni tari tunggal Nusantara




13. Mengapresiasi Karya Seni Tari
13.1. Mengidentifikasi  jenis karya seni tari berpasangan/kelompok Nusantara

13.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni tari berpasangan Nusantara


14. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
14.1. Mengeksplorasi pola lantai gerak tari berpasangan/kelompok Nusantara

14.3. Mementaskan tari berpasangan/kelompok Nusantara

·     Mengidentifikasi beragam jenis karya seni tari tunggal nusantara
·     Mengidentifikasi bentuk, tema, fungsi dan makna karya seni tari nusantara
·     Mengungkapkan kesan dan pesan secara lisan tentang tari tunggal Nusantara.
·     Mendiskripsikan tentang beragam jenis, bentuk,tema, fungsi dan makna seni tari tunggal nusantara
·     Menyebutkan fungsi tari tunggal Nusantara dalam masyarakat.





·     Menyebutkan nama  tari berpasangan/kelompok seni tari nusantara
·     Mengidentifikasi ciri-ciri karya tari berpasangan / kelompok dari daerah setempat.

·     Mengungkapkan rasa/kesan tentang tari berpasangan/kelompok dari nusantara
·     Menjelaskan keragaman karya berdasarkan gaya penampilan.



·     Mendiskusikan hasil penemuan pola lantai berpasangan/ berkelompok
·     Melakukan uji coba penemuan pola lantai

·     Menampilakan karya tari dengan tata rias,  properti dan busana sesuai dengan iringan


Tari Tunggal daerah Bali








Tari Tunggal
1.       Tema kepahlawanan
2.       Tema kegembiraan
3.       Tema romantis






Beragam tari berpasangan daerah Nusantara




Tari berpasangan/kelompok dari daerah Nusantara







Pola lantai tari berpasangan / kelompok




Tari berpasangan / kelompok dari daerah Nusantara


Ü  Dapat menyebutkan perbedaan ciri karya tari tunggal daerah.
Ü  Dapat menyebutkan ciri khas tari tunggal daerah Jawa Tengah.





Ü  Dapat menyebutkan property tari tunggal berdasarkan tema : kepahlawanan, kegembiraan dan  romantis !
Ü  Dapat menyebutkan kelengkapan busana tari tunggal berdasarkan tema !
Ü  Dapat menjelaskan tata rias tari tema roman!
Ü  Dapat menjelaskan tema tari tunggal kepahlawanan!
Ü  Dapat menjelaskan fungsi tari romantik

Ü  Dapar menyebutkan tari berpasangan/ kelompok dari daerah Yogyakarta
Ü  Dapat menyebutkan macam-macam tari berpasangan yang bertema erotik!


Ü  Dapat menjelaskan ragam karya tari Nusantara
Ü  Dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam tari berpasangan daerah Nusantara






Ü  Dapat menyebutkan  bentuk-bentuk pola lantai pada tari tunggal
Ü  Dapat menjelaskan pengertian pola lantai
Ü  Dapat menjelaskan makna – makna pola lantai


Ü  Dapat menyebutkan jenis-jenis tari etnik tari berpasangan /kelompok daerah Nusantara
Ü  Dapat menyebutkan ragam gerak tari berpasangan /kelompok daerah Nusantara
Ü  Dapat menjelaskan  fungsi tari etnik  berpasangan/ kelompok daerah Nusantara

6

7







8


9

10
11


12

13

14




15
16








17

18
19



20

21

22

Sub Mapel                               : Seni Tari                                                                                                                                Materi Kelas                            : IX (Sembilan)
SMT
SK/KD
INDIKATOR KOMPETENSI
MATERI
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL
1
2
3
5
6
7

1











2
5. Mengapresiasi Karya Seni Tari
5.1. Mengidentifikasi  jenis karya seni tari Mancanegara di Asia






13. Mengapresiasi Karya Seni Tari
13.1. Mengidentifikasi  jenis karya seni tari mancanegara di luar Asia







13.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni tari mancanegara di luar Asia

14. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
14.4. Menggelar pertunjukan  tari di sekolah

·     Mengidentifikasi tentang karya tari mancanegara di Asia
·     Menuliskan unsur budaya khas dari tari asia.
·     Mengkaji perkembangan seni tari mancanegara di Asia
·     Menuliskan keunikan/keindahan dan pesan dari pertunjukan tari yang ditonton



·     Mengidentifikasi beragam tari mancanegara
·     Menuliskan unsur budaya khas dari tari di luar Asia






·     Membuat koleksi kliping tari manca -negara di luar Asia
·     Menuliskan keunikan/keindahan dan pesan dari tari yang dipertunjukkan


·     Menyajikan tari kreasi mancane  gara secara kelompok di kelas/ sekolah

Tari dari negara di Asia (India,Korea,Timur Tengah)











Macam-macam tari mancanegara Eropa









Tari mancanegara di luar Asia(Cha-Cha.Dansa, Disco dll)






1. Ragam gerak tari mancanegara
2. Diskripsi tari


Ü  Dapat menyebutkat nama jenis tari mancanegara berdasarkan negaranya
Ü  Dapat menyebutkan perbedaan ciri dari karya tari negara:
a. India
b.Thailand
c.  Indonesia
d. Malaysia  





Ü  Dapat menjelaskan fungsi :
a.        tarian
b.      Tata rias
c.       Busana
d.      Musik pengiring
e.      Property (peralatan
Tari.


Ü Dapat mengidentifikasi tentang keunikan dan keindahan tarian mancanegara di luar Asia
Ü Dapat menjelaskan   pesan yang tersirat dalam tarian mancanegara di luar Asia.



Ü  Dapat mendefinisikan perencanaan untuk pergelaran tari, meliputi : susunan kepanitiaan
Ü  Dapat mendefinisikantentang pembuatan proposal   untuk pergelaran/ pementasan tari.
Ü  Dapat me deskripsikan tari mancanegara secara sederhana berpasangan / kelompok




23


24










25










26

27





28

29

30







KISI-KISI UJIAN SEKOLAH (US)
PRAKTIKUM
SENI BUDAYA KELAS IX


KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH  PRAKTIKUM  KELAS IX
Satuan Pendidikan                   : SMP/ MTs                                                                                                                              Alokasi Waktu                         : 120 Menit
Mata Pelajaran                         : Seni Budaya                                                                                                                          Bentuk Soal                             : Praktikum
Sub Mapel                               : Seni Tari                                                                                                                          Materi Kelas                            : VII/ VIII/ IX
Kelas
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR KOMPETENSI
MATERI
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL
1
2
3
5
6
7


VII




VIII






IX






14.2. Memeragakan tari tunggal  dan berpasangan/ kelompok daerah setempat

6.2. Memeragakan tari tunggal Nusantara



14.4. Menggelar pertunjukan  tari di sekolah


·     Menarikan tari berpasangan/kelompok dari daerah sesuai dengan iringan

·     Menyajikan bentukTari Tunggal daerah nusantara sesuai dengan iringannya




Menyajikan tari kreasi mancane  gara secara kelompok di kelas/ sekolah


Tari berpasangan/kelompok daerah setempat



Tari tunggal dari daerah Nusantara





1. Ragam gerak tari mancanegara
2. Diskripsi tari



·         (*) Dapat menyajikan Pertujukan karya tari daerah berpasangan/ kelompok di depan kelas berdasarkan apa yang sudah diajarkan guru.


·         (*) Dapat menyajikan karya tari tunggal berdasarkan tari daerah nusantara sesuai dengan iringan musiknya.




·         (*) Dapat menyajikan karya tari hasil kreasi didepan kelas/ sekolah


Keterangan: (*) Pilih salah  satu materi ujian praktikum sesuai sekolah Anda!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar