Selasa, 29 November 2011

RPP SENI BUDAYA BERKARAKTER VIII-2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       :  ...........................
Mata Pelajaran             : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester            : VIII/2
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit
Standar kompetensi     : 9.  Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
Kompetensi Dasar                   :9.1 Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Nusantara.


A. Tujuan pembelajaran
Siswa mampu:
1.      Menjelaskan jenis karya seni rupa terapan Nusantara!
2.      Menyebutkan jenis karya seni rupa terapan Nusantara!
3.      Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Nusantara!
4.      Membuat Ragam hias Nusantara


v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )


B. Materi Pembelajaran
  • Beragam karya seni rupa terapan Nusantara
·         Ragam hias Nusantara


C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL, demonstrasi, pemberian tugas.


D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
1.       Kegiatan pendahuluan :
apresiasi  dan motivasi  :
·         Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
·         Penjelasan dan tanya jawab tentang bentuk dan teknik pembuatan beragam karya seni rupa terapan Nusantara.


2.       Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membuat Ragam hias Nusantara.
F  membaca buku referensi tentang seni rupa terapan Nusantara
F  Melihat tayangan tentang hasil karya seni terapan Nusantara
F  Mengkaji keragaman jenis bentuk dan fungsi serta makna karya seni rupa Nusantara.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.


§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;


§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.


3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Mengidentifikasi beragam jenis karya seni rupa terapan Nusantara.

E. Sumber Belajar     
·         Buku teks Seni Budaya
·         Media bahan, dan alat  grafis.

F. Penilaian : 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mengidentifikasi beragam jenis karya seni rupa terapan Nusantara.
Ü  Mengidentifikasi bentuk dan teknik pembuatan beragam karya seni rupa terapan Nusantara.
Tes tertulis

Tes uji uraian

Ü  Berikan 10 contoh karya seni rupa terapan Nusantara
Ü  Berikan penjelasan sing- kat dari  masing-masing contoh tentang bentuk, teknik pembuatan, fungsi  maknadan. ciri khas motif hiasannya


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       :  ...........................
Mata Pelajaran             : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester            : VIII/2
Alokasi Waktu            : 4 x 40 menit ( 2X Pertemuan )
Standar kompetensi     : 9.  Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
Kompetensi Dasar       : 9. 2Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara
.

A. Tujuan pembelajaran
Siswa mampu:
1.      Menjelaskan apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik!
2.      Menyebutkan jenis,bentuk, teknik pembuatan, fungsi dan makna karya seni rupa terapan Nusantara dalam bentuk kliping!
3.      Menuliskan keterangan singkat tentang nama, teknik pembuatan, fungsi dan makna seni rupa terapan Nusantara
4.      Membuat kliping tentang hasil karya seni terapan Nusantara

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. Materi Pembelajaran
  • Beragam karya seni rupa terapan Nusantara
·         Ragam hias Nusantara

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL, demonstrasi, pemberian tugas.

D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
Pertemuan pertama dan kedua :
1.      Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
·         Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara.

2.      Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengumpulkan data karya seni rupa terapan nusantara
F  Menuliskan keterangan singkat tentang nama, teknik pembuatan, fungsi dan makna seni rupa terapan Nusantara
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Membuat kliping tentang hasil karya seni terapan Nusantara..
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Buatlah kliping yang berisi gambar-gambar karya seni rupa.

E. Sumber Belajar     
·         Buku teks Seni Budaya
·         Media bahan, dan alat  grafis.





F. Penilaian : 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mendiskripsikan beragam jenis,bentuk, teknik pembuatan, fungsi dan makna karya seni rupa terapan Nusantara dalam bentuk kliping
Penu-gasan individu/
kelompok
Tugas rumah
Ü  Buatlah kliping yang berisi gambar-gambar karya seni rupa terapan dari berbagai daerah di Indonesia dan beri penjelasan latar belakang pembuatannya


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       :  ...........................
Mata Pelajaran             : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester            : VIII/2
Alokasi Waktu            : 4x 40 menit (2x pertemuan )
Standar kompetensi     : 10.  Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
Kompetensi Dasar                :10.1Membuat  karya seni kriya tekstil dengan  teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara.


A. Tujuan pembelajaran
Siswa mampu:
1.      Menjelaskan konsep tekstil dengan  teknik dan corak!
2.      Menyebutkan bahan dan alat cetak!
3.      Menjelaskan teknik pembuatan cetak!
4.      Membuat benda pakai dan  dengan teknik celup- rintang.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )


B. Materi Pembelajaran
Pengetahuan seni grafis dan teknik pembuatan seni grafis.


C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL, demonstrasi, pemberian tugas.


D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
Pertemuan pertama dan kedua :
1.      Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
·         Penjelasan dan tanya jawab tentang pengetahuan dan teknik
pembuatan karya seni kriya tekstil dengan  teknik dan corak.

2.      Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan konsep tekstil dengan  teknik dan corak!
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Membuat karya seni rupa benda pakai dari bahan tekstil  dengan teknik celup rintang
F  Membuat benda pakai dan  dengan teknik celup- rintang ( batik jumputan atau tutup celup) dengan mengambil unsur-unsur seni rupa Nusantara
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;


§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.


3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Menunjukkan karya tekstil dengan  teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara  terbaik siswa


E. Sumber Belajar     
·         Buku teks Seni Budaya
·         Media bahan, dan alat  grafis.

F. Penilaian : 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Membuat benda pakai dan  dengan teknik celup- rintang ( batik jumputan atau tutup celup) dengan mengambil unsur-unsur seni rupa Nusantara,
Tes praktik/
Kinerja
Tes Uji petik kerja

Ü  Buatlah benda pakai dengan mengambil ragam hias Nusantara teknik tutup celup.


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : ...........................
Mata Pelajaran             : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester            : VIII/2
Alokasi Waktu            : 6x 40 menit ( 3x pertemuan )
Standar kompetensi     : 10.  Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
Kompetensi Dasar                   :10.2 Mengekspresikan diri melalui  karya seni grafis.


A. Tujuan pembelajaran
Siswa mampu:
1.      Menjelaskan konsep cetak tinggi!
2.      Menyebutkan bahan dan alat cetak tinggi!
3.      Menjelaskan teknik pembuatan cetak tinggi!
4.      Membuat benda pakai dan atau benda hias dengan teknik
      cetak tinggi.
5.      Mendeskripsikan konsep, bahan, alat, dan teknik fotografi
6.      Membuat karya seni grafis dengan teknik fotografi

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. Materi Pembelajaran
·         Pengetahuan seni grafis dan teknik pembuatan seni grafis.
·         Pengetahuan dan teknik pembuatan fotografi.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL, demonstrasi, pemberian tugas.

D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
Pertemuan pertama, kedua dan ketiga :
1.      Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
·         Penjelasan dan tanya jawab tentang pengetahuan dan teknik
pembuatan seni grafis.

2.      Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan konsep cetak tinggi!
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Membuat desain seni grafis cetak tinggi.
F  Membuat negatif seni grafis cetak tinggi
F  Mencetak seni grafis cetak tinggi
F  Membaca buku teks seni budaya tentang fotografi
F  Mengamati tayangan pembuatan karya fotografi
F  Membuat karya seni grafis dengan teknik fotografi
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Menunjukkan karya cetak tinggi terbaik siswa

E. Sumber Belajar     
·         Buku teks Seni Budaya
·         Media bahan, dan alat  grafis.


F. Penilaian : 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Membuat benda pakai dan atau benda hias dengan teknik sablon  mengambil corak seni rupa terapan Nusantara
Tes praktik/
Kinerja
Tes Uji petik kerja

Ü  Buatlah  benda pakai dengan teknik cetak sablon menggunakan corak seni rupa terapan Nusantara .
Ü  Jelaskan konsep cetak tinggi!
Ü  Sebutkan bahan dan alat cetak tinggi!
Ü  Jelaskan teknik pembuatan cetak tinggi!
Ü  Buatlah benda pakai dan atau benda hias dengan teknik cetak tinggi !

CONTOH LEMBAR PENILAIAN HASIL KARYA SENI RUPA
Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Gagasan





Kreativitas





Teknik / bentuk





Karakteristik






Keterangan :
  1. Sangat kurang
  2. kurang
  3. cukup
  4. baik
  5. sangat baik

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                    :  ...........................
Mata Pelajaran          : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester         : VIII/2
Alokasi Waktu         : 2 x 40 menit
Standar kompetensi  : 10.  Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
Kompetensi Dasar    :10.3 Menyiapkan karya seni rupa hasil karya sendiri untuk pameran kelas  atau sekolah.

                   

A.     Tujuan pembelajaran :
Siswa mampu:
1.   Membuat kelengkapan pameran seni rupa di kelas yang berupa
      katalog dan label karya.
2.   Membuat proposal pameran seni rupa di kelas


v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )


B.      Materi ajar :
·         Persiapan pameran seni rupa di kelas
·         Proposal pameran seni rupa di kelas


C.     Metode Pembelajaran :
Pendekatan CTL, pemberian tugas.


D.     Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
1.       Kegiatan pendahuluan :
apresiasi  dan motivasi  :
·         Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
·         Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan.


2.       Kegiatan inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menyiapkan karya seni rupa hasil karya sendiri untuk pameran kelas  atau sekolah
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.


§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Membuat persiapan pameran di kelas
F  Membuat proposal pameran seni rupa di kelas
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;


§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.


3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;


E.      Alat/sumber belajar:
·         Buku teks Seni Budaya .


F.      Penilaian : 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Membuat rancangan pameran meliputi jadwal, tempat, perlengkapan dan jumlah karya hasil karya sendiri.
Penugas- an individu
/kelompok
Tugas Rumah

Ü  Buatlah proposal pameran hasil karya seni rupa  di sekolah
Ü  Jelaskan konsep fotografi!
Ü  Sebutkan bahan dan alat fotografi!
Ü  Jelaskan teknik pembuatan fotografi!
Ü  Buatlah karya seni grafis dengan teknik fotografi!

CONTOH LEMBAR PENILAIAN HASIL KARYA SENI RUPA
Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Gagasan





Penguasaan teknik





Ketepatan bentuk





Kreatifitas






Keterangan :
1.       Sangat kurang
2.       kurang
3.       Cukup
4.       Baik
5.       Sangat baik


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
                                                           


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                        :  ...........................
Mata Pelajaran             : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester            : VIII/2
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit
Standar kompetensi     : 10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar       :10.4 Menata karya seni rupa hasil karya sendiri dalam bentuk pameran  kelas/sekolah.

A.     Tujuan pembelajaran :
Siswa mampu:
1.       Mengelompokkan karya seni dengan jenisnya.
2.       Menata hasil karya sendiri di kelas/sekolah.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.      Materi ajar :
Penataan karya seni rupa di kelas/ ruang pameran.

C.     Metode Pembelajaran :
Pendekatan CTL, Pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah kegiatan pembelajaran :
1.       Kegiatan pendahuluan :
apresiasi  dan motivasi  :
·         Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa.
·         Pembagian dan pendelegasian tugas.

2.       Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menata karya.dengan tata letak yang sesuai
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Mengelompokkan karya seni rupa sesuai dengan jenisnya
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Mengevaluasi pelaksanaan pameran.

E.      Sumber Belajar :
·         Buku teks Seni Budaya
·         Perlengkapan alat-alat pameran..

F.      Penilaian : 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Memamerkan hasil karya sendiri di kelas
Penugas- an individu
/kelompok
Tugas proyek

Ü  Buat pameran karya sendiri dikelas.
Ü  Kelompokkan karya seni rupa sesuai dengan jenisnya.
Ü  Tatalah karya seni rupa dalam pameran di kelas/sekolah

CONTOH LEMBAR PENILAIAN
Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Gagasan/konsep pameran





Pengorganisasian





Penataan pameran






Keterangan:
1.       Sangat kurang
2.       kurang
3.       Cukup
4.       Baik
5.       Sangat baik


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                        : ...........................
Kelas                                           : VIII (Delapan)
Semester                                      : 2 (genap) 
Mata Pelajaran                           : Seni Budaya / Seni Musik
Alokasi Waktu                            : 2 x 40 menit
Standar kompetensi
:
11. Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi dasar
:
11.1 Mengidentifikasi ragam jenis musik etnik nusantara. 

A.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
§  Menyebutkan judul lagu yang diperdengarkan.
§  Menyebutkan elemen lagu seperti, irama, nada, tempo dan dinamika lagu.
§  Menyebutkan instrumen musik yang dipergunakan dalam lagu yang diperdengarkan.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     Materi Ajar
Musik Keroncong

C.     Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Life skill

D.     Langkah – langkah pembelajaran
a.   Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.
b.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mendengarkan lagu-lagu keroncong melalui CD/VCD/kaset/guru.
F  Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Mendiskusikan tentang elemen musik seperti irama, tempo, nada, serta dinamika.
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E.     Alat/Sumber Belajar
Buku “Seni Budaya .
VCD, CD, kaset, guru

F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mampu menyebutkan beragam karya musik Nusantara sesuai dengan intrumen musik yang digunakan
Ü  Mengidentifikasi jenis alat musik nusantara
Ü  Mendiskripsikan sumber bunyi dari jenis alat musi
Ü  Menyanyikan 1 lagu nusantara.
Tes
Tertulis

Tes Uraian

Ü  Sebutkan ;
a), nama alt musik,
b)daerah asal,
c)sumber bunyi,
d) cara memainkan dari alat musik yang ditampilkan
Ü  Sebutkan 5 jenis alat musik alat musik berdasarkan sumber bunyinya
Ü  nyanyikan salah satu lagu      nusantara
Ü  Sebutkan judul lagu keroncong karya Gesang yang terkenal sampai negeri Sakura!
Ü  Sebutkan alat musik yang digunakan dalam lagu yang diperdengarkan!
Ü  Sebutkan ciri-ciri dari musik langgam !
Ü  Instrumen apa saja yang dgunakan dalam musik keroncong ?
Ü  Bagaimanakah pembawaan vokal dalam musik keroncong ?

Format penilaian
NO
Skor Mentah Perolehan (a)
Skor Mentah Maksimum (b)
Bobot soal skor Butir (c)
Nilai tiap soal
1

2
2

2

2
2

3

2
2

4

2
2

5

2
2



10
10


Keterangan : Nilai tiap soal a/b x c.





Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                        : ...........................
Mata Pelajaran                           : Seni Budaya
Kelas/Semester                            : VIII / 2 (dua)
Alokasi Waktu                            : 2 x 40 menit
Standar kompetensi
:
1.1 Mengekspresikan karya seni musik.
Kompetensi dasar
:
1.1.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu etnik nusantara. 


I.       Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
Memberikan tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan secara lisan dan tertulis.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

II.    Materi Ajar
a. Musik Keroncong
b. Lagu “Rangkaian Melati”.

III. Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTl dan Lifeskill

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran
a.       Kegiatan pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
Tanya jawab tentang berbagai hal yang terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.

b.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Memberikan tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan secara lisan dan tertulis.
F  Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru membentuk kelompok diskusi.
F  Guru memperdengarkan lagu “Rangkaian Melati” melalui VCD.
F  Dengan kelompoknya siswa memberikan tanggapan pada lagu yang diperdengarkan dari instrumen yang dipergunakan dan isi syair lagu.
F  Masing-masing kelompok memberikan tanggapan secara lisan dan tertulis
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

V.     Alat/Sumber Belajar
Buku “ Seni Budaya .
VCD,/cassete/guru
Lagu “Rangkaian Melati”. 

VI.  Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mampu mengungkapkan rasa/kesan dalam bentuk lisan dan tulisan terhadap seniman/penulis lagu berdasarkan karya musik yang diperdengarkan
Ü  Mengidentifikasi keunikan dari fungsi sosial musik etnik Nusantara.
Tes
Tertulis

Tes Uraian

Ü  Tuliskanlah secara singkat tentang 5 seniman daerah nusantara
Ü  Bagaimana pendapatmu tentang fungsi sosial musik daerah Nusantara
Ü  Siapakah pencipta lagu “Rangkaian Melati”?
Ü  Bagaiman pendapatmu tentang keberadaan lagu-lagu keroncog pada masa sekarang ?
Ü  Bagaimana pendapatmu tentang teknik permainan biola dalam mengiringi lagu “Rangkaian Melati” yang kalian dengar?
Ü  Apakah judul lagu sudah sesuai dengan syair yang dinyanyikan ?
Ü  Bagaimana kesan kalian erhadap isi/pesan yang disampaikan dalam lagu tersebut?
Format penilaian
NO
Skor Mentah Perolehan (a)
Skor Mentah Maksimum (b)
Bobot soal skor Butir (c)
Nilai tiap soal
1

10
10

2

20
20

3

20
20

4

10
10

5

40
40



100
100

Keterangan : Nilai tiap soal a/b x c.
Jumlah bobot soal sama dengan nilai  tertinggi 






Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                                        : ...........................
Kelas                                            : VIII (DELAPAN) 
Mata Pelajaran                           : Seni Budaya / Seni Musik
Semester                                      : 2 (dua)
Alokasi Waktu                            : 4 x 40 menit  ( 2x pertemuan )
Standar kompetensi
:
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
Kompetensi dasar
:
12.1 Mengaransir secara sederhana lagu etnik nusantara. 

I.       Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
F  Menyanyikan lagu “ O Ulate” dari daerah Maluku secara kelompok.
F  Memberikan rangkaian gerak akor yang sesuai dengan lagu “ O Ulate”.
F  Membuat variasi pola irama/ pengiring dalam lagu “ O Ulate” .
F  Membuat variasi nada-nada melodi pada lagu “ O Ulate”.
F  Mengaransir secara sederhana lagu daerah yang didengar.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

II.    Materi Ajar
a. Berkreasi Musik Nusantara.

III. Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Life skill.

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama dan kedua :
a.  Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
Tanya jawab sambil menjelaskan pokok materi yang akan dibahas.

b.  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menyanyikan lagu “ O Ulate”bersama-sama.
F  Mengaplikasikan unsur-unsur musik ke dalam lagu “ O Ulate” , seperti memberikan rangkaian gerak akor yang sesuai, membuat variasi pola irama/pengiring, dan memainkan variasi nada-nada melodi..
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Berdiskusi kelompok untuk membuat aransir sederhana terhadap lagu“ O Ulate”.
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  Menanyakan kepada siswa bagaimana tanggapan dan perasaannya bisa menyusun / membuat karya arr. Sendiri.
F  Membuat kesimpulan  hasil lagu yang telah diaransir.

V.     Sumber Belajar
Buku “Seni Budaya .
Lagu “ O Ulate”
Gitar, piano, organ

VI.  Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mampu mengaransir secara sederhana lagu etnik Nusantara
Ü  Mampu menyusun seni pergelaran kelas
Ü  Mengaransir lagu tradisional Nusantara lengkap dengan elemen dan alat yang digunakan.
Tes praktik/
kinerja

Tes Uji Petik kinerja

Ü  Buatlah sebuah aransemen musik/lagu  untuk ditampilkan di kelas atau sekolah
Ü  Aransirlah lagu tradisional Nusantara dengan elemen dan alat musik yang digunakan
Ü  Nyanyikan lagu “ O Ulate” bersama-sama dalam kelompokmu !
Ü  Buatlah rangkaian gerak akor yang sesuai untuk lagu “ O Ulate” !
Ü  Tuliskan variasi pola irama/pengiring yang dapat disesuaikan dalam lagu“ O Ulate” !
Ü  Buatlah variasi nada-nada melodi untuk lagu “ O Ulate” !
Ü  Tuliskan hasil aransmen lagu tersebut dalam bentuk siap tampil  !

Format Penilaian
No
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
1
Kekompakan kelompok





2
Kreativitas





3
Harmonisasi





4
Ketepatan irama





5
Aransmen lagu






Jumlah






Keterangan ceklis pada angka  :
            1 = sangat kurang                                             4 = baik                        
2 = kurang                                                      5 = sangat baik
3 = cukup       





Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                        : ...........................
Kelas                                            : VIII (DELAPAN)  
Mata Pelajaran                           : Seni Budaya / Seni Musik
Semester                                      : 2 (dua)
Alokasi Waktu                            : 4 x 40 menit  ( 2x pertemuan )
Standar kompetensi
:
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi dasar
:
12.2  Menyajikan karya seni musik etnik Nusantara untuk disajikan secara perorangan dan kelompok di kelas atau sekolah.

A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
1.      Membentuk susunan panitia pagelaran.
2.      Menyanyikan lagu etnik nusantara sesuai pilihan kelompok
3.      Berlatih memainkan lagu nusantara dengan alat musik melodis secara kelompok.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.  Materi Pembelajaran
a. Kreasi Musik Nusantara
b. Pergelaran Kelas

C.  Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Lifeskill.

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama dan kedua :
a.  Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.

a.       Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membuat perencanaan pagelaran
F  Menyanyikan lagu etnik nusantara sesuai pilihan dalam kelompoknya
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.


§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Berlatih secara kelompok lagu pilihan dengan alat musik melodis
F  Menuliskan hasil aransmen sederhana lagu pilihan dalam kelompok
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
F  Menugaskan untuk berlatih memainkan hasil aransmen secara kelompok.

E. Alat/Sumber Belajar
Buku “Seni Budaya .
Cassette/DVCD/guru
Rekorder sopran, pianika, gitar akustik

F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mampu membuat perencanaan pementasan di dalam kelas dengan uraian tugas yang tepat
Ü  Memainkan hasil aransemen.
Tes praktik/
kinerja

Tes Uji Petik kinerja

Ü  Buatlah perencanaan pementasan seni di sekolah
Ü  Mainkanlah hasil aransemen yang telah kalian buat
Ü  Bentuklah susunan panitia pagelaran!
Ü  Nyanyikanlah lagu nusantara pilihan bersam dalam kelompok kalian !
Ü  Buatlah aransmen sederhana untuk lagu pilihan tersebut !
Ü  Berlatihlah memainkan melodi lagu tersebut dengan menggunakan alat musik melodis

Format Penilaian
No
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
1
Kepanitiaan





2
Kekompakan kelompok





3
Kreativitas aransmen





4
Kedisiplinan dalam berlatih






Jumlah






Keterangan ceklis pada angka  :
1 = sangat kurang                                4 = baik          
            2 = kurang                               5 = sangat baik
3 = cukup       


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                        : ...........................
Kelas                                            : VIII (DELAPAN)  
Mata Pelajaran                           : Seni Budaya / Seni Musik
Semester                                      : 2 (dua)
Alokasi Waktu                            : 4 x 40 menit  ( 2x pertemuan )
Standar kompetensi
:
12. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi dasar
:
12.3  Menyajikan karya seni musik etnik nusantara secara perorangan dan kelompok di kelas atau sekolah.


A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a. Membentuk susunan panitia pagelaran.
b. Memainkan lagu “O Ulate “ dengan alat musik melodis secara individu
c. Memainkan lagu “O Ulate “ dengan alat musik melodis dalam ansambel musik

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.  Materi Pembelajaran
a. Kreasi Musik Nusantara
b. Pergelaran Kelas

C.  Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Lifeskill.

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama dan kedua :
a.       Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.

b.      Kegiatan Inti      
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengadakan persiapan pelaksanaan pergelaran
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Penampilan lgu “O Ulate” dengan alat musik melodis secara individu
F  Penampilan hasil aransmen lagu “O Ulate” dengan alat musik melodis dalam musik ansambel.
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menanyakan kesulitan siswa selama pergelaran
F  Mengadakan penilaian terhadap keberhasilan pergelaran

E.  Alat/Sumber Belajar
Buku “Seni Budaya .
Cassette/DVCD/guru
Rekorder sopran, pianika, gitar akustik

F.  Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mampu menyajikan karya musik  secara perorangan dan kelompok dikelas atau sekolah.
Tes praktik/
kinerja

Tes Uji Petik kinerja

Ü  Tampilkan hasil karya musik  secara utuh baik perorangan maupun berkelompok di kelas/atau sekolah.
Ü  Mainkan melodi lagu “ O Ulate’ dengan menggunakan alat musik melodis secara individu !
Ü  Pergelarkan hasil aransmen lagu “O Ulate” dengan menggunakan alat musik melodis dalam musik ansambel !


Format Penilaian
No
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
1
Teknik bermain





2
Penampilan





3
Kreativitas aransmen





4
Ketepatan irama





5
Ketepatan nada





6
Kekompakan kelompok






Jumlah






Keterangan ceklis pada angka  :
1 = sangat kurang                                 4 = baik          
            2 = kurang                               5 = sangat baik
3 = cukup       



Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                                    :  ...........................

Mata Pelajaran             :  Seni Budaya/Seni Tari

Kelas / Semester          :  VIII / 2
Standar Kompetensi     :  13.    Mengapresiasi karya seni tari
Kompetensi Dasar       :  13.1. Mengidentifikasi jenis karya seni tari                                        Berpasangan / kelompok Nusantara
Alokasi Waktu             :  2  x 40 Jam Pelajaran           
                       

A.     Tujuan Pembelajaran  :

      Siswa mampu

1        Mengidentifikasi jenis karya tari berpasangan/kelompok daerah Nusantara
2        Mengidentifikasi ciri-ciri karya tari berpasangan/kelompok daerah Nusantara
3        Menjelaskan tema dari tari berpasangan/kelompok daerah Nusantara
4        Mendiskusikan tentang tari berpasangan/kelompok daerah Nusantara

 

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     Materi Pembelajaran

Beragam tari berpasangan daerah Nusantara

C.     Metode Pembelajaran

Pendekatan CTL, life skill, ceramah, diskusi

D.     Langkah-langkah Kegiatan

a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi

b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengidentifikasi jenis karya tari berpasangan/kelompok daerah Nusantara
F  Mengidentifikasi ciri-ciri karya tari berpasangan/kelompok daerah Nusantara
F  Menjelaskan tema dari tari berpasangan/kelompok daerah Nusantara
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membuat kelompok diskusi
F  Mendiskusikan tentang tari berpasanga/kelompok dari Nusantara
F  Membuat kesimpulan dari hasil diskusi tentang tari berpasangan/kelompok daerah Nusantara
F  Membuat laporan diskusi tentang tari berpasangan/kelompok daerah Nusantara
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Membuat simpulan hasil diskusi kelompok tentang tari berpasangan/kelompok Nusantara

E. Alat dan Sumber Belajar

     Buku Referensi, Rekaman audio / Visual, guru/model

F. Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Menyebutkan nama tari berpasangan/kelompok seni tari nusantara
Ü  Mengidentifikasi ciri-ciri karya tari berpasangan / kelompok dari daerah setempat.
Tes tulis

Tes uraian

Daftar pertanyaan

Ü  Sebutkan tari berpasangan/kelompok dari daerah Yogyakarta
Ü  Sebutkan ciri-ciri tari berpasangan/kelompok dari daerah Yogyakarta
Ü  Jelaskan tari berpasangan yang bertemakan heroic dan erotik!
Ü  Sebutkan macam-macam tari berpasangan yang bertema eroti!






Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                                    :  ...........................

Mata Pelajaran             :  Seni Budaya/Seni Tari

Kelas / Semester          :  VIII / 2
Standar Kompetensi     :  13.    Mengapresiasi karya seni tari
Kompetensi Dasar       :  13.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni
                                                tari berpasangan/kelompok
Alokasi Waktu             :    2  x 40 Jam Pelajaran                     
           

A. Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu

F  Menyebutkan kesan-kesan tentang tari berpasangan/kelompok daerah Nusantara
F  Menjelaskan ragam karya tari Yogyakarta berdasrkan gaya penampilan
F  Menjelaskan makna yang terkandung dalam tari berpasangan dri daerah Nusantara

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. Materi Pembelajaran

F  Tari berpasangan/kelompok dari daerah Nusantara

C. Metode Pembelajaran

F  Diskusi,ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

a.       Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi   
 
b.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan ragam karya tari Yogyakarta berdasrkan gaya penampilan
F  Menjelaskan makna yang terkandung dalam tari berpasangan dri daerah Nusantara
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membuat kelompok belajar diskusi
F  Menyampaikan materi diskusi pada masing-masing kelompok
F  Mendiskusikan tentang kesan ragam dan makna yang terkandung dalam tari berpasangan dari daerah Nusantara
F  Menyimpulkan hasil diskusi
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menanyakan kepada siswa tentang kesulitan selama pelajaran berlangsung
F  Menyimpulkan materi pembelajaran

E. Alat dan Sumber Belajar

F  Buku Referensi, guru

F. Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü Mengungkapkan rasa/kesan tentang tari berpasangan/kelompok dari nusantara

Ü  Menjelaskan keragaman karya berdasarkan gaya penampilan.
Tes tulis

Tes uraian

Daftar pertanyaan

Ü  Jelaskan kesan tari berpasangan dari daerah Nusantara
Ü  Jelaskan ragam karya tari Nusantara
Ü  Jelaskan makna yang terkandung dalam tari berpasangan daerah Nusantara


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                                    :  ...........................

Mata Pelajaran             :  Seni Budaya/Seni Tari

Kelas / Semester          :  VIII / 2
Alokasi Waktu             :  4  x 40 Jam Pelajaran  ( 2x pertemuan )
Standar Kompetensi     :  14.    Mengekpresikan diri melalui karya seni tari
Kompetensi Dasar       :  14.1. Mengekplorasi pola lantai gerak tari Berpasangan /
                                                kelompok Nusantara

A. Tujuan Pembelajaran  :

Siswa mampu :
Ø  Menjelaskan pengertian pola lantai
Ø  Membuat pola lantai tari berpasangan
Ø  Menjelaskan makna pola lantai tari berpasangan
Ø  Melakukan 4 gerak pola lantai tari berpasangan / kelompok

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. Materi Pembelajaran

Pola lantai tari berpasangan / kelompok

C. Metode Pembelajaran

Demonstrasi, ceramah,

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan pertama dan kedua :
a.       Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi     

b.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menyaksikan mengamati pola lantai tari berpasangan Nusantara melalui VCD
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Mendiskusikan pola lantai yang dilihat
F  Membuat pola lantai tari berpasangan
F  Memperagakan pola lantai tari berpasangan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Membuat kesimpulan hasil pengamatan dari hasil obyek yang diamati
F  Membuat kesimpulan dari hasil kegiatan menyusun gerak dan      membuat pola lantai sesuai dengan obyek yang diamati
F  Membuat kesimpulan hasil peragaan tari dari pengamatan obyek

 

E. Alat dan Sumber Belajar

    *  Buku , guru tari,  audio visual

F. Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mendiskusikan hasil penemuan pola lantai berpasangan/ berkelompok
Ü  Melakukan uji coba penemuan pola lantai
Tes praktik/
kinerja


Uji petik kerja
Ü  Jelaskan pengertian pola lantai
Ü  Jelaskan makna – makna pola lantai
Ü  Buatlah 4 macam pola lantai tari berpasangan
Ü  Buatlah 4 macam pola lantai tari kelompok dengan peserta 5 penari


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                                    :  ...........................

Mata Pelajaran             :  Seni Budaya/Seni Tari

Kelas / Semester          :  VIII / 2
Alokasi Waktu             :  4  x 40 Jam Pelajaran ( 2x pertemuan )
Standar Kompetensi     :  14.    Mengekpresikan diri melalui karya seni tari
Kompetensi Dasar       :  14.2. Menyiapkan pementasan berpasangan / kelompok
                                                Nusantara

A. Tujuan Pembelajaran  :

Siswa mampu :
  • Merencanakan penampilan tari dalam kelas
  • Melakukan gerak tari berpasangan / kelompok sesuai dengan iringan
  • Menampilkan karya tari sesuai dengan unsur – unsur tarigah

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. Materi Pembelajaran

Menyiapkan pementasan tari

C. Metode Pembelajaran

Demonstrasi, pendekatan CTL, diskusi

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan pertama dan kedua :
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi     

b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melakukan gerak tari berpasangan / kelompok sesuai dengan iringan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Berdikusi untuk merencankan penampilan
F  Berlatih melakukan gerak tari lebih matang
F  Berlatih dengan giat untuk menampilkan karya tari dengan tata rias dan property sesuai dengan iringan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Membuat kesimpulan tentang tari Cipat Cipit yang telah ditampilkan
F  Saran-saran dari guru

E. Alat dan Sumber Belajar

Buku Panduan, audio/visual, model

 

F. Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Merencanakan penampilan tari dalam kelas/ sekolah secara berpasangan/kelompok.
Tes praktik/
kinerja

Uji petik kerja
Ü  Buatlah perencaan penampilan secara kelompok untuk menyajikan tari berpasangan/ berkelompok dalam kelas.


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                                    :  ...........................

Mata Pelajaran             :  Seni Budaya/Seni Tari

Kelas / Semester          :  VIII / 2
            Standar Kompetensi     :  14.   Mengekspresikan diri melalui karya seni tari. 
             Kompetensi Dasar      :  14.3 Mementaskan tari berpasangan/kelompok Nusantara
Alokasi Waktu             :   6  x 40 Jam Pelajaran ( 3x Pertemuan )
           
           

A. Tujuan Pembelajaran

F  Siswa mampu mempunyai wawasan tentang tari etnik daerah Nusantara
F  Siswa mampu mengamati tari etnik  berpasangan/ kelompok secara langsung/ melauai audio visual
F  Siswa mampu mendiskusikan tentang  tari berpasangan/ kelompok daerah Nusantara
F  Siswa mampu menpresentasikan tentang  hasil diskusi tari berpasangan/ kelompok daerah Nusantara
F  Siswa mampu membuat uraiansecara lisan dan tulisan

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. Materi Pembelajaran

Tari berpasangan / kelompok dari daerah Nusantara

C. Metode Pembelajaran

Pendekatan CTL, life skill, demontrasi

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan pertama, kedua dan ketiga :
(a)          Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi    

(b)         Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menyaksikan, mengamati ragam gerak tari berpasangan/ kelompok melalui audio visual/model
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.


§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Mendiskusikan unsur-unsur tari  berpasangan/ kelompok
F  Tanya jawab tentang jenis-jenis tari berpasangan
F  Menyebutkan ragam gerak tari berpasangan/kelompok dari daerah Nusantara
F  Menjelaskan keragaman tari berpasangan/kelompok berdasarkan fungsinya dalam masyarakat daerah
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Membuat simpulan hasil diskusi kelompok tentang etnik daerah Nusantara

E. Alat dan Sumber Belajar

Buku Referensi, Rekaman audio / Visual, guru/model,kaset

F. Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Menampilakan karya tari dengan tata rias,  properti dan busana sesuai dengan iringan
Tes praktik/
kinerja

Uji petik kerja
Ü  Tampilkan tari daerah nusantara secara berpasangan/berkelompok dengan menggunkan  tata rias, busana serta properti
Ü  Sebutkan jenis-jenis tari etnik tari berpasangan /kelompok daerah Nusantara
Ü  Sebutkan ragam gerak tari berpasangan /kelompok daerah Nusantara
Ü  Jelaskan fungsi tari etnik  berpasangan/ kelompok daerah Nusantara





Contoh lembar penilaian
NO
Aspek yang dinilai
Kriteria Penilaian
1
2
3
4
5
1
Tehnik kaki





2
Tehnik tangan





3
Koordinasi gerak kaki dan tangan





4
Kelenturan





5
Keserasian gerak tari dengan musik pengiring dan penjiwaannya





6
Penyajian






Jumlah






Keterangan :
1 =  ( sangat kurang )
2 = ( kurang )
3 = ( cukup )
4 = ( baik )
5 = ( sangat baik )



Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar