RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester : VIII/2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar kompetensi : 9. Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
Kompetensi Dasar :9.1 Mengidentifikasi jenis
karya seni rupa terapan Nusantara.
A. Tujuan pembelajaran
Siswa mampu:
1. Menjelaskan jenis karya seni rupa terapan Nusantara!
2. Menyebutkan jenis karya seni rupa terapan Nusantara!
3.
Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Nusantara!
4.
Membuat Ragam hias Nusantara
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. Materi Pembelajaran
- Beragam karya seni rupa terapan Nusantara
·
Ragam hias Nusantara
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL, demonstrasi,
pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran :
1. Kegiatan pendahuluan :
apresiasi dan motivasi
:
·
Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai
siswa.
·
Penjelasan dan tanya jawab tentang bentuk dan teknik pembuatan
beragam karya seni rupa terapan Nusantara.
2. Kegiatan inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membuat Ragam hias Nusantara.
F membaca buku referensi
tentang seni rupa terapan Nusantara
F Melihat tayangan tentang
hasil karya seni terapan Nusantara
F Mengkaji keragaman jenis bentuk dan fungsi serta
makna karya seni rupa Nusantara.
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F Mengidentifikasi beragam jenis karya seni
rupa terapan Nusantara.
E. Sumber Belajar
·
Buku teks Seni Budaya
·
Media bahan, dan alat
grafis.
F. Penilaian :
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mengidentifikasi
beragam jenis karya seni rupa terapan Nusantara.
Ü Mengidentifikasi bentuk
dan teknik pembuatan beragam karya seni rupa terapan Nusantara.
|
Tes tertulis
|
Tes uji uraian
|
Ü Berikan 10 contoh karya
seni rupa terapan Nusantara
Ü Berikan penjelasan
sing- kat dari masing-masing contoh
tentang bentuk, teknik pembuatan, fungsi
maknadan. ciri khas motif hiasannya
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester : VIII/2
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2X Pertemuan )
Standar kompetensi : 9. Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
Kompetensi Dasar :
9. 2Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam
karya seni rupa terapan Nusantara
.
A. Tujuan pembelajaran
Siswa mampu:
1.
Menjelaskan apresiatif terhadap
keunikan gagasan dan teknik!
2.
Menyebutkan jenis,bentuk, teknik
pembuatan, fungsi dan makna karya seni rupa terapan Nusantara dalam bentuk
kliping!
3.
Menuliskan keterangan singkat tentang nama, teknik
pembuatan, fungsi dan makna seni rupa terapan Nusantara
4.
Membuat kliping tentang hasil karya seni terapan
Nusantara
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. Materi Pembelajaran
- Beragam karya seni rupa terapan Nusantara
·
Ragam hias Nusantara
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL, demonstrasi,
pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran :
Pertemuan pertama dan kedua :
1.
Kegiatan
Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
·
Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai
siswa.
·
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik
dalam karya seni rupa terapan Nusantara.
2.
Kegiatan inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengumpulkan data karya
seni rupa terapan nusantara
F Menuliskan keterangan
singkat tentang nama, teknik pembuatan, fungsi dan makna seni rupa terapan Nusantara
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Membuat kliping tentang hasil karya seni
terapan Nusantara..
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F Buatlah kliping yang berisi
gambar-gambar karya seni rupa.
E. Sumber Belajar
·
Buku teks Seni Budaya
·
Media bahan, dan alat
grafis.
F. Penilaian :
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mendiskripsikan beragam
jenis,bentuk, teknik pembuatan, fungsi dan makna karya seni rupa terapan
Nusantara dalam bentuk kliping
|
Penu-gasan individu/
kelompok
|
Tugas rumah
|
Ü Buatlah kliping yang
berisi gambar-gambar karya seni rupa terapan dari berbagai daerah di
Indonesia dan beri penjelasan latar belakang pembuatannya
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester : VIII/2
Alokasi Waktu : 4x 40 menit (2x pertemuan )
Standar kompetensi : 10.
Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
Kompetensi Dasar :10.1Membuat karya seni kriya tekstil dengan teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara.
A. Tujuan pembelajaran
Siswa mampu:
1.
Menjelaskan
konsep tekstil
dengan teknik dan corak!
2.
Menyebutkan bahan
dan alat cetak!
3.
Menjelaskan teknik pembuatan cetak!
4.
Membuat benda pakai dan
dengan teknik celup- rintang.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. Materi Pembelajaran
Pengetahuan seni grafis dan teknik pembuatan seni grafis.
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL, demonstrasi,
pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran :
Pertemuan pertama dan kedua :
1.
Kegiatan
Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
·
Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai
siswa.
·
Penjelasan dan tanya jawab tentang pengetahuan dan teknik
pembuatan karya seni kriya tekstil
dengan teknik dan corak.
2.
Kegiatan inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan konsep tekstil dengan teknik dan corak!
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Membuat karya seni rupa
benda pakai dari bahan tekstil dengan
teknik celup rintang
F Membuat benda pakai
dan dengan teknik celup- rintang ( batik
jumputan atau tutup celup) dengan mengambil unsur-unsur seni rupa Nusantara
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta
didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F Menunjukkan karya tekstil dengan teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara terbaik siswa
E. Sumber Belajar
·
Buku teks Seni Budaya
·
Media bahan, dan alat
grafis.
F. Penilaian :
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Membuat benda pakai dan dengan teknik celup- rintang ( batik
jumputan atau tutup celup) dengan mengambil unsur-unsur seni rupa Nusantara,
|
Tes praktik/
Kinerja
|
Tes Uji petik kerja
|
Ü Buatlah benda pakai dengan mengambil ragam hias
Nusantara teknik tutup celup.
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester : VIII/2
Alokasi Waktu : 6x 40 menit ( 3x pertemuan )
Standar kompetensi : 10.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar :10.2 Mengekspresikan diri
melalui karya seni grafis.
A. Tujuan pembelajaran
Siswa mampu:
1.
Menjelaskan
konsep cetak tinggi!
2.
Menyebutkan bahan
dan alat cetak tinggi!
3.
Menjelaskan teknik pembuatan cetak tinggi!
4. Membuat benda pakai dan
atau benda hias dengan teknik
cetak tinggi.
5. Mendeskripsikan konsep,
bahan, alat, dan teknik fotografi
6. Membuat karya seni grafis
dengan teknik fotografi
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. Materi Pembelajaran
·
Pengetahuan seni grafis dan teknik pembuatan seni grafis.
·
Pengetahuan dan teknik pembuatan fotografi.
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL, demonstrasi,
pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran :
Pertemuan pertama, kedua dan ketiga :
1.
Kegiatan
Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
·
Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai
siswa.
·
Penjelasan dan tanya jawab tentang pengetahuan dan teknik
pembuatan seni grafis.
2.
Kegiatan inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan
konsep cetak tinggi!
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Membuat desain seni
grafis cetak tinggi.
F Membuat negatif seni
grafis cetak tinggi
F Mencetak seni grafis
cetak tinggi
F Membaca buku teks seni
budaya tentang fotografi
F Mengamati tayangan
pembuatan karya fotografi
F Membuat karya seni grafis
dengan teknik fotografi
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F Menunjukkan karya cetak
tinggi terbaik siswa
E. Sumber Belajar
·
Buku teks Seni Budaya
·
Media bahan, dan alat
grafis.
F. Penilaian :
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Membuat benda pakai dan
atau benda hias dengan teknik sablon
mengambil corak seni rupa terapan Nusantara
|
Tes praktik/
Kinerja
|
Tes Uji petik kerja
|
Ü Buatlah benda pakai dengan teknik cetak sablon
menggunakan corak seni rupa terapan Nusantara .
Ü Jelaskan konsep cetak
tinggi!
Ü Sebutkan bahan dan alat
cetak tinggi!
Ü Jelaskan teknik
pembuatan cetak tinggi!
Ü Buatlah benda pakai dan
atau benda hias dengan teknik cetak tinggi !
|
CONTOH LEMBAR PENILAIAN
HASIL KARYA SENI RUPA
Aspek
yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Gagasan
|
|
|
|
|
|
Kreativitas
|
|
|
|
|
|
Teknik / bentuk
|
|
|
|
|
|
Karakteristik
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
- Sangat kurang
- kurang
- cukup
- baik
- sangat baik
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester : VIII/2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar kompetensi :
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar :10.3 Menyiapkan karya seni rupa hasil karya
sendiri untuk pameran kelas atau
sekolah.
A.
Tujuan pembelajaran :
Siswa mampu:
1. Membuat
kelengkapan pameran seni rupa di kelas yang berupa
katalog dan
label karya.
2. Membuat proposal pameran seni rupa di kelas
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B.
Materi ajar :
·
Persiapan pameran seni rupa di kelas
·
Proposal pameran seni rupa di kelas
C.
Metode Pembelajaran :
Pendekatan CTL, pemberian tugas.
D.
Langkah-langkah kegiatan
pembelajaran :
1. Kegiatan pendahuluan :
apresiasi dan motivasi
:
·
Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai
siswa.
·
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa
mengenai materi yang akan diajarkan.
2. Kegiatan inti.
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyiapkan karya seni
rupa hasil karya sendiri untuk pameran kelas atau sekolah
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Membuat persiapan pameran
di kelas
F Membuat proposal pameran
seni rupa di kelas
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E.
Alat/sumber belajar:
·
Buku teks Seni Budaya .
F.
Penilaian :
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Membuat rancangan
pameran meliputi jadwal, tempat, perlengkapan dan jumlah karya hasil karya
sendiri.
|
Penugas- an individu
/kelompok
|
Tugas Rumah
|
Ü Buatlah proposal pameran hasil karya seni
rupa di sekolah
Ü Jelaskan konsep
fotografi!
Ü Sebutkan bahan dan alat
fotografi!
Ü
Jelaskan teknik pembuatan fotografi!
Ü Buatlah karya seni
grafis dengan teknik fotografi!
|
CONTOH LEMBAR PENILAIAN
HASIL KARYA SENI RUPA
Aspek
yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Gagasan
|
|
|
|
|
|
Penguasaan teknik
|
|
|
|
|
|
Ketepatan bentuk
|
|
|
|
|
|
Kreatifitas
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
1.
Sangat kurang
2.
kurang
3.
Cukup
4.
Baik
5.
Sangat baik
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Rupa
Kelas/Semester : VIII/2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar kompetensi : 10. Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
Kompetensi Dasar :10.4 Menata karya seni rupa hasil karya sendiri dalam bentuk
pameran kelas/sekolah.
A.
Tujuan pembelajaran :
Siswa mampu:
1. Mengelompokkan karya seni
dengan jenisnya.
2. Menata hasil karya
sendiri di kelas/sekolah.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B.
Materi ajar :
Penataan karya seni rupa di
kelas/ ruang pameran.
C.
Metode Pembelajaran :
Pendekatan CTL, Pemberian tugas.
D.
Langkah-langkah kegiatan
pembelajaran :
1. Kegiatan pendahuluan :
apresiasi dan motivasi
:
·
Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai
siswa.
·
Pembagian dan pendelegasian tugas.
2. Kegiatan inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menata karya.dengan tata
letak yang sesuai
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Mengelompokkan karya seni
rupa sesuai dengan jenisnya
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F Mengevaluasi pelaksanaan
pameran.
E.
Sumber Belajar :
·
Buku teks Seni Budaya
·
Perlengkapan alat-alat pameran..
F.
Penilaian :
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Memamerkan hasil karya
sendiri di kelas
|
Penugas- an individu
/kelompok
|
Tugas proyek
|
Ü Buat pameran karya
sendiri dikelas.
Ü Kelompokkan karya seni
rupa sesuai dengan jenisnya.
Ü Tatalah karya seni rupa
dalam
pameran di kelas/sekolah
|
CONTOH LEMBAR PENILAIAN
Aspek
yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Gagasan/konsep pameran
|
|
|
|
|
|
Pengorganisasian
|
|
|
|
|
|
Penataan pameran
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Sangat kurang
2.
kurang
3.
Cukup
4.
Baik
5.
Sangat baik
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : ...........................
Kelas :
VIII (Delapan)
Semester :
2 (genap)
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni
Musik
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
Standar kompetensi
|
:
|
11. Mengapresiasi karya seni musik
|
Kompetensi dasar
|
:
|
11.1
Mengidentifikasi ragam jenis musik etnik nusantara.
|
A. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa
dapat:
§
Menyebutkan judul
lagu yang diperdengarkan.
§ Menyebutkan elemen lagu
seperti, irama, nada, tempo dan dinamika lagu.
§ Menyebutkan instrumen
musik yang dipergunakan dalam lagu yang diperdengarkan.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. Materi Ajar
Musik Keroncong
C. Metode
Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Life skill
D. Langkah –
langkah pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
Tanya jawab berbagai hal
terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mendengarkan
lagu-lagu keroncong melalui CD/VCD/kaset/guru.
F
Melakukan tanya
jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan.
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
Mendiskusikan
tentang elemen musik seperti irama, tempo, nada, serta dinamika.
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai
dengan hasil belajar peserta didik;
E. Alat/Sumber
Belajar
Buku “Seni
Budaya .
VCD, CD,
kaset, guru
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mampu menyebutkan
beragam karya musik Nusantara sesuai dengan intrumen musik yang digunakan
Ü Mengidentifikasi jenis
alat musik nusantara
Ü Mendiskripsikan sumber
bunyi dari jenis alat musi
Ü Menyanyikan 1 lagu
nusantara.
|
Tes
Tertulis
|
Tes Uraian
|
Ü Sebutkan ;
a), nama alt musik,
b)daerah asal,
c)sumber bunyi,
d) cara memainkan dari alat musik yang ditampilkan
Ü Sebutkan 5 jenis alat
musik alat musik berdasarkan sumber bunyinya
Ü nyanyikan salah satu
lagu nusantara
Ü Sebutkan judul lagu
keroncong karya Gesang yang terkenal sampai negeri Sakura!
Ü Sebutkan alat musik
yang digunakan dalam lagu yang diperdengarkan!
Ü Sebutkan ciri-ciri dari
musik langgam !
Ü Instrumen apa saja yang
dgunakan dalam musik keroncong ?
Ü Bagaimanakah pembawaan
vokal dalam musik keroncong ?
|
Format
penilaian
NO
|
Skor Mentah Perolehan (a)
|
Skor Mentah Maksimum (b)
|
Bobot soal skor Butir (c)
|
Nilai tiap soal
|
1
|
|
2
|
2
|
|
2
|
|
2
|
2
|
|
3
|
|
2
|
2
|
|
4
|
|
2
|
2
|
|
5
|
|
2
|
2
|
|
|
|
10
|
10
|
|
Keterangan :
Nilai tiap soal a/b x c.
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran :
Seni Budaya
Kelas/Semester :
VIII / 2 (dua)
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
Standar kompetensi
|
:
|
1.1 Mengekspresikan karya seni musik.
|
Kompetensi dasar
|
:
|
1.1.2
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu etnik nusantara.
|
I. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
Memberikan
tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan secara lisan dan tertulis.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
II. Materi Ajar
a. Musik Keroncong
b. Lagu “Rangkaian Melati”.
III. Metode
Pembelajaran
Model pendekatan CTl dan
Lifeskill
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
a.
Kegiatan
pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
Tanya jawab
tentang berbagai hal yang terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang
akan disajikan.
b.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Memberikan
tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan secara lisan dan tertulis.
F
Melakukan tanya
jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan.
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membentuk kelompok
diskusi.
F Guru memperdengarkan lagu
“Rangkaian Melati” melalui VCD.
F Dengan kelompoknya siswa
memberikan tanggapan pada lagu yang diperdengarkan dari instrumen yang
dipergunakan dan isi syair lagu.
F Masing-masing kelompok
memberikan tanggapan secara lisan dan tertulis
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
V. Alat/Sumber
Belajar
Buku “
Seni Budaya .
VCD,/cassete/guru
Lagu
“Rangkaian Melati”.
VI. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mampu mengungkapkan
rasa/kesan dalam bentuk lisan dan tulisan terhadap seniman/penulis lagu
berdasarkan karya musik yang diperdengarkan
Ü Mengidentifikasi
keunikan dari fungsi sosial musik etnik Nusantara.
|
Tes
Tertulis
|
Tes Uraian
|
Ü Tuliskanlah secara
singkat tentang 5 seniman daerah nusantara
Ü Bagaimana pendapatmu
tentang fungsi sosial musik daerah Nusantara
Ü Siapakah pencipta lagu
“Rangkaian Melati”?
Ü Bagaiman pendapatmu
tentang keberadaan lagu-lagu keroncog pada masa sekarang ?
Ü Bagaimana pendapatmu
tentang teknik permainan biola dalam mengiringi lagu “Rangkaian Melati” yang
kalian dengar?
Ü Apakah judul lagu sudah
sesuai dengan syair yang dinyanyikan ?
Ü Bagaimana kesan kalian erhadap isi/pesan yang
disampaikan dalam lagu tersebut?
|
Format
penilaian
NO
|
Skor Mentah Perolehan (a)
|
Skor Mentah Maksimum (b)
|
Bobot soal skor Butir (c)
|
Nilai tiap soal
|
1
|
|
10
|
10
|
|
2
|
|
20
|
20
|
|
3
|
|
20
|
20
|
|
4
|
|
10
|
10
|
|
5
|
|
40
|
40
|
|
|
|
100
|
100
|
|
Keterangan :
Nilai tiap soal a/b x c.
Jumlah bobot
soal sama dengan nilai tertinggi
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : ...........................
Kelas :
VIII (DELAPAN)
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni
Musik
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
Standar kompetensi
|
:
|
12. Mengekspresikan diri
melalui karya seni musik.
|
Kompetensi dasar
|
:
|
12.1 Mengaransir secara sederhana lagu etnik
nusantara.
|
I. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
F Menyanyikan lagu “ O
Ulate” dari daerah Maluku secara kelompok.
F Memberikan rangkaian
gerak akor yang sesuai dengan lagu “ O Ulate”.
F Membuat variasi pola
irama/ pengiring dalam lagu “ O Ulate” .
F Membuat variasi nada-nada
melodi pada lagu “ O Ulate”.
F
Mengaransir secara
sederhana lagu daerah yang didengar.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
II. Materi Ajar
a.
Berkreasi Musik Nusantara.
III. Metode
Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Life skill.
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan pertama dan kedua :
a. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi dan motivasi
:
Tanya jawab
sambil menjelaskan pokok materi yang akan dibahas.
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyanyikan lagu “ O
Ulate”bersama-sama.
F Mengaplikasikan
unsur-unsur musik ke dalam lagu “ O Ulate” , seperti memberikan rangkaian gerak
akor yang sesuai, membuat variasi pola irama/pengiring, dan memainkan variasi
nada-nada melodi..
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Berdiskusi kelompok
untuk membuat aransir sederhana terhadap lagu“ O Ulate”.
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan
hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F Menanyakan kepada siswa
bagaimana tanggapan dan perasaannya bisa menyusun / membuat karya arr. Sendiri.
F
Membuat kesimpulan hasil lagu yang telah diaransir.
V. Sumber
Belajar
Buku “Seni
Budaya .
Lagu “ O
Ulate”
Gitar,
piano, organ
VI. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mampu mengaransir
secara sederhana lagu etnik Nusantara
Ü Mampu menyusun
seni pergelaran kelas
Ü Mengaransir lagu
tradisional Nusantara lengkap dengan elemen dan alat yang digunakan.
|
Tes praktik/
kinerja
|
Tes Uji Petik kinerja
|
Ü Buatlah sebuah
aransemen musik/lagu untuk ditampilkan
di kelas atau sekolah
Ü Aransirlah lagu
tradisional Nusantara dengan elemen dan alat musik yang digunakan
Ü Nyanyikan lagu “ O
Ulate” bersama-sama dalam kelompokmu !
Ü Buatlah rangkaian gerak
akor yang sesuai untuk lagu “ O Ulate” !
Ü Tuliskan variasi pola
irama/pengiring yang dapat disesuaikan dalam lagu“ O Ulate” !
Ü Buatlah variasi
nada-nada melodi untuk lagu “ O Ulate” !
Ü Tuliskan hasil aransmen
lagu tersebut dalam bentuk siap tampil
!
|
Format
Penilaian
No
|
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Kekompakan kelompok
|
|
|
|
|
|
2
|
Kreativitas
|
|
|
|
|
|
3
|
Harmonisasi
|
|
|
|
|
|
4
|
Ketepatan irama
|
|
|
|
|
|
5
|
Aransmen lagu
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Keterangan
ceklis pada angka :
1 = sangat kurang 4 =
baik
2 = kurang 5 = sangat baik
3 = cukup
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : ...........................
Kelas :
VIII (DELAPAN)
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni
Musik
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
Standar kompetensi
|
:
|
12. Mengekspresikan diri
melalui karya seni musik
|
Kompetensi dasar
|
:
|
12.2 Menyajikan karya seni musik etnik Nusantara
untuk disajikan secara perorangan dan kelompok di kelas atau sekolah.
|
A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
1.
Membentuk susunan
panitia pagelaran.
2. Menyanyikan lagu etnik
nusantara sesuai pilihan kelompok
3. Berlatih memainkan lagu
nusantara dengan alat musik melodis secara kelompok.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. Materi Pembelajaran
a. Kreasi Musik Nusantara
b. Pergelaran Kelas
C. Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Lifeskill.
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama dan kedua :
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab
berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.
a. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membuat perencanaan
pagelaran
F Menyanyikan lagu etnik
nusantara sesuai pilihan dalam kelompoknya
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berlatih secara kelompok
lagu pilihan dengan alat musik melodis
F Menuliskan hasil aransmen
sederhana lagu pilihan dalam kelompok
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab
pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa
yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menanyakan kesulitan
siswa selama PBM
F
Menugaskan untuk
berlatih memainkan hasil aransmen secara kelompok.
E. Alat/Sumber Belajar
Buku “Seni
Budaya .
Cassette/DVCD/guru
Rekorder
sopran, pianika, gitar akustik
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mampu membuat
perencanaan pementasan di dalam kelas dengan uraian tugas yang tepat
Ü Memainkan hasil
aransemen.
|
Tes praktik/
kinerja
|
Tes Uji Petik kinerja
|
Ü Buatlah perencanaan
pementasan seni di sekolah
Ü Mainkanlah hasil
aransemen yang telah kalian buat
Ü Bentuklah susunan
panitia pagelaran!
Ü Nyanyikanlah lagu
nusantara pilihan bersam dalam kelompok kalian !
Ü
Buatlah aransmen sederhana untuk lagu pilihan tersebut !
Ü Berlatihlah memainkan melodi lagu tersebut dengan
menggunakan alat musik melodis
|
Format
Penilaian
No
|
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Kepanitiaan
|
|
|
|
|
|
2
|
Kekompakan kelompok
|
|
|
|
|
|
3
|
Kreativitas aransmen
|
|
|
|
|
|
4
|
Kedisiplinan dalam
berlatih
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Keterangan
ceklis pada angka :
1 = sangat kurang 4
= baik
2 = kurang 5 = sangat baik
3 = cukup
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : ...........................
Kelas :
VIII (DELAPAN)
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni
Musik
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
Standar kompetensi
|
:
|
12. Mengekspresikan diri
melalui karya seni musik
|
Kompetensi dasar
|
:
|
12.3 Menyajikan karya seni musik etnik nusantara
secara perorangan dan kelompok di kelas atau sekolah.
|
A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
a.
Membentuk susunan panitia pagelaran.
b. Memainkan lagu “O Ulate “ dengan alat musik melodis
secara individu
c. Memainkan lagu “O Ulate “ dengan alat musik melodis
dalam ansambel musik
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. Materi Pembelajaran
a. Kreasi Musik Nusantara
b. Pergelaran Kelas
C. Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Lifeskill.
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama dan kedua :
a.
Kegiatan
Pendahuluan
Tanya jawab
berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.
b.
Kegiatan
Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mengadakan
persiapan pelaksanaan pergelaran
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Penampilan lgu “O
Ulate” dengan alat musik melodis secara individu
F Penampilan hasil aransmen
lagu “O Ulate” dengan alat musik melodis dalam musik ansambel.
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Menanyakan kesulitan
siswa selama pergelaran
F
Mengadakan
penilaian terhadap keberhasilan pergelaran
E. Alat/Sumber Belajar
Buku “Seni
Budaya .
Cassette/DVCD/guru
Rekorder
sopran, pianika, gitar akustik
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mampu menyajikan
karya musik secara perorangan dan
kelompok dikelas atau sekolah.
|
Tes praktik/
kinerja
|
Tes Uji Petik kinerja
|
Ü Tampilkan hasil karya
musik secara utuh baik perorangan
maupun berkelompok di kelas/atau sekolah.
Ü Mainkan melodi lagu “ O
Ulate’ dengan menggunakan alat musik melodis secara individu !
Ü Pergelarkan hasil
aransmen lagu “O Ulate” dengan menggunakan alat musik melodis dalam musik ansambel !
|
Format Penilaian
No
|
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Teknik bermain
|
|
|
|
|
|
2
|
Penampilan
|
|
|
|
|
|
3
|
Kreativitas aransmen
|
|
|
|
|
|
4
|
Ketepatan irama
|
|
|
|
|
|
5
|
Ketepatan nada
|
|
|
|
|
|
6
|
Kekompakan kelompok
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Keterangan
ceklis pada angka :
1 = sangat kurang 4
= baik
2 = kurang 5 = sangat baik
3 = cukup
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas / Semester : VIII / 2
Standar Kompetensi : 13.
Mengapresiasi karya seni tari
Kompetensi
Dasar :
13.1. Mengidentifikasi jenis
karya seni tari Berpasangan /
kelompok Nusantara
Alokasi Waktu : 2 x 40
Jam Pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu
1
Mengidentifikasi
jenis karya tari berpasangan/kelompok daerah Nusantara
2
Mengidentifikasi
ciri-ciri karya tari berpasangan/kelompok daerah Nusantara
3
Menjelaskan tema
dari tari berpasangan/kelompok daerah Nusantara
4
Mendiskusikan
tentang tari berpasangan/kelompok daerah Nusantara
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. Materi Pembelajaran
Beragam
tari berpasangan daerah Nusantara
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan
CTL, life skill, ceramah, diskusi
D. Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya
jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengidentifikasi jenis
karya tari berpasangan/kelompok daerah Nusantara
F Mengidentifikasi
ciri-ciri karya tari berpasangan/kelompok daerah Nusantara
F
Menjelaskan tema
dari tari berpasangan/kelompok daerah Nusantara
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat kelompok diskusi
F Mendiskusikan tentang
tari berpasanga/kelompok dari Nusantara
F Membuat kesimpulan dari
hasil diskusi tentang tari berpasangan/kelompok daerah Nusantara
F
Membuat laporan
diskusi tentang tari berpasangan/kelompok daerah Nusantara
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik
untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Membuat simpulan
hasil diskusi kelompok tentang tari berpasangan/kelompok Nusantara
E. Alat dan Sumber Belajar
Buku Referensi, Rekaman audio / Visual,
guru/model
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Menyebutkan nama tari berpasangan/kelompok
seni tari nusantara
Ü Mengidentifikasi
ciri-ciri karya tari berpasangan / kelompok dari daerah setempat.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
Daftar pertanyaan
|
Ü Sebutkan tari
berpasangan/kelompok dari daerah Yogyakarta
Ü Sebutkan ciri-ciri tari
berpasangan/kelompok dari daerah Yogyakarta
Ü Jelaskan tari
berpasangan yang bertemakan heroic dan erotik!
Ü Sebutkan macam-macam
tari berpasangan yang bertema eroti!
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas / Semester : VIII / 2
Standar Kompetensi : 13.
Mengapresiasi karya seni tari
Kompetensi
Dasar :
13.2. Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan seni
tari berpasangan/kelompok
Alokasi
Waktu : 2 x
40 Jam Pelajaran
A. Tujuan Pembelajaran : Siswa mampu
F Menyebutkan kesan-kesan
tentang tari berpasangan/kelompok daerah Nusantara
F Menjelaskan ragam karya
tari Yogyakarta berdasrkan gaya penampilan
F Menjelaskan makna yang terkandung dalam tari berpasangan dri daerah
Nusantara
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. Materi Pembelajaran
F
Tari
berpasangan/kelompok dari daerah Nusantara
C. Metode Pembelajaran
F
Diskusi,ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya
jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan
apresiasi
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan ragam karya
tari Yogyakarta berdasrkan gaya penampilan
F Menjelaskan makna yang terkandung dalam tari berpasangan dri daerah
Nusantara
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat kelompok belajar
diskusi
F Menyampaikan materi
diskusi pada masing-masing kelompok
F Mendiskusikan tentang
kesan ragam dan makna yang terkandung dalam tari berpasangan dari daerah
Nusantara
F
Menyimpulkan hasil
diskusi
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
c. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Menanyakan kepada
siswa tentang kesulitan selama pelajaran berlangsung
F
Menyimpulkan materi
pembelajaran
E. Alat dan Sumber Belajar
F
Buku Referensi,
guru
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mengungkapkan rasa/kesan tentang
tari berpasangan/kelompok dari nusantara
Ü Menjelaskan keragaman karya berdasarkan gaya penampilan.
|
Tes tulis
|
Tes uraian
Daftar pertanyaan
|
Ü
Jelaskan kesan
tari berpasangan dari daerah Nusantara
Ü
Jelaskan ragam
karya tari Nusantara
Ü Jelaskan makna yang terkandung dalam tari
berpasangan daerah Nusantara
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas / Semester : VIII / 2
Alokasi Waktu :
4 x 40 Jam Pelajaran ( 2x pertemuan )
Standar Kompetensi : 14.
Mengekpresikan diri melalui karya seni tari
Kompetensi
Dasar :
14.1. Mengekplorasi pola lantai
gerak tari Berpasangan /
kelompok
Nusantara
A. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
Ø Menjelaskan pengertian
pola lantai
Ø Membuat pola lantai tari
berpasangan
Ø Menjelaskan makna pola
lantai tari berpasangan
Ø Melakukan 4 gerak pola
lantai tari berpasangan / kelompok
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. Materi Pembelajaran
Pola lantai tari berpasangan /
kelompok
C. Metode Pembelajaran
Demonstrasi, ceramah,
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua :
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya
jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan
apresiasi
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyaksikan mengamati
pola lantai tari berpasangan Nusantara melalui VCD
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan pola lantai
yang dilihat
F Membuat pola lantai tari
berpasangan
F
Memperagakan pola
lantai tari berpasangan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
c. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Membuat kesimpulan hasil pengamatan dari hasil obyek yang
diamati
F Membuat kesimpulan dari
hasil kegiatan menyusun gerak dan
membuat pola lantai sesuai dengan obyek yang diamati
F Membuat kesimpulan hasil peragaan tari dari
pengamatan obyek
E. Alat dan Sumber Belajar
* Buku
, guru tari, audio visual
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mendiskusikan hasil
penemuan pola lantai berpasangan/ berkelompok
Ü Melakukan uji coba
penemuan pola lantai
|
Tes praktik/
kinerja
|
Uji petik kerja
|
Ü Jelaskan pengertian pola lantai
Ü Jelaskan makna – makna
pola lantai
Ü Buatlah 4 macam pola
lantai tari berpasangan
Ü Buatlah 4 macam pola
lantai tari kelompok dengan peserta 5
penari
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas / Semester : VIII / 2
Alokasi Waktu : 4 x 40
Jam Pelajaran ( 2x pertemuan )
Standar Kompetensi : 14.
Mengekpresikan diri melalui karya seni tari
Kompetensi
Dasar :
14.2. Menyiapkan pementasan
berpasangan / kelompok
Nusantara
A. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
- Merencanakan penampilan tari dalam kelas
- Melakukan gerak tari berpasangan / kelompok sesuai dengan iringan
- Menampilkan karya tari sesuai dengan unsur – unsur tarigah
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. Materi Pembelajaran
Menyiapkan
pementasan tari
C. Metode Pembelajaran
Demonstrasi, pendekatan CTL,
diskusi
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua :
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya
jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan
apresiasi
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan gerak tari berpasangan /
kelompok sesuai dengan iringan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berdikusi untuk
merencankan penampilan
F Berlatih melakukan gerak
tari lebih matang
F Berlatih dengan giat
untuk menampilkan karya tari dengan tata rias dan property sesuai dengan
iringan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
c. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Membuat kesimpulan tentang tari Cipat Cipit yang telah
ditampilkan
F Saran-saran dari guru
E. Alat dan Sumber Belajar
Buku Panduan, audio/visual,
model
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Merencanakan penampilan tari dalam
kelas/ sekolah secara berpasangan/kelompok.
|
Tes praktik/
kinerja
|
Uji petik kerja
|
Ü Buatlah perencaan penampilan secara kelompok untuk
menyajikan tari berpasangan/ berkelompok dalam kelas.
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas / Semester : VIII / 2
Standar Kompetensi : 14.
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari.
Kompetensi Dasar : 14.3 Mementaskan tari berpasangan/kelompok Nusantara
Alokasi Waktu : 6 x
40 Jam Pelajaran ( 3x Pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
F
Siswa mampu
mempunyai wawasan tentang tari etnik daerah Nusantara
F
Siswa mampu
mengamati tari etnik berpasangan/
kelompok secara langsung/ melauai audio visual
F
Siswa mampu
mendiskusikan tentang tari berpasangan/
kelompok daerah Nusantara
F
Siswa mampu
menpresentasikan tentang hasil diskusi
tari berpasangan/ kelompok daerah Nusantara
F Siswa mampu membuat uraiansecara lisan dan tulisan
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. Materi Pembelajaran
Tari berpasangan / kelompok
dari daerah Nusantara
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL, life skill,
demontrasi
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama, kedua dan ketiga :
(a)
Kegiatan
Pendahuluan
Tanya
jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan
apresiasi
(b)
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menyaksikan,
mengamati ragam gerak tari berpasangan/ kelompok melalui audio visual/model
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan unsur-unsur
tari berpasangan/ kelompok
F Tanya jawab tentang
jenis-jenis tari berpasangan
F Menyebutkan ragam gerak
tari berpasangan/kelompok dari daerah Nusantara
F Menjelaskan keragaman
tari berpasangan/kelompok berdasarkan fungsinya dalam masyarakat daerah
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
c. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Membuat simpulan hasil diskusi kelompok tentang etnik
daerah Nusantara
E. Alat dan Sumber Belajar
Buku Referensi, Rekaman audio
/ Visual, guru/model,kaset
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Menampilakan karya tari
dengan tata rias, properti dan busana
sesuai dengan iringan
|
Tes praktik/
kinerja
|
Uji petik kerja
|
Ü Tampilkan tari daerah nusantara secara
berpasangan/berkelompok dengan menggunkan
tata rias, busana serta properti
Ü Sebutkan jenis-jenis
tari etnik tari berpasangan /kelompok daerah Nusantara
Ü Sebutkan ragam gerak
tari berpasangan /kelompok daerah Nusantara
Ü Jelaskan fungsi tari
etnik berpasangan/ kelompok daerah
Nusantara
|
Contoh lembar penilaian
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Tehnik kaki
|
|
|
|
|
|
2
|
Tehnik tangan
|
|
|
|
|
|
3
|
Koordinasi gerak kaki dan tangan
|
|
|
|
|
|
4
|
Kelenturan
|
|
|
|
|
|
5
|
Keserasian gerak tari dengan musik pengiring dan penjiwaannya
|
|
|
|
|
|
6
|
Penyajian
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1 = ( sangat kurang )
2 = ( kurang )
3 = ( cukup )
4 = ( baik )
5 = ( sangat baik )
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar