RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH : ...........................
MATA
PELAJARAN : Seni Budaya
(Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : VII/2
ALOKASI
WAKTU : 2X 40 Menit
STANDAR
KOMPETENSI : 9. Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
KOMPETENSI
DASAR : 9.1 Mengindetifikasi
jenis karya seni rupa terapan daerah setempat
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
- Mengumpulkan data berupa gambar contoh karya seni rupa terapan daerah setempat
- Menyebutkan jenis karya seni rupa terapan daerah setempat.
3. Membuat gambar contoh karya seni rupa
terapan daerah setempat
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. MATERI POKOK
- Karya seni rupa terapan daerah setempat
C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : demonstrasi
dan penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan
pertama dan kedua :
- Kegiatan pendahuluan
apresiasi dan motivasi
·
Memberikan informasi kompetensi dasar yang
akan dicapai siswa
·
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan
wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan
- Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik Membaca
referensi jenis karya seni rupa.
F Peserta didik Melihat
tayangan gambar karya seni rupa terapan
daerah setempat.
F Peserta didik
Mendiskripsikan karya seni rupa terapan daerah setempat berdasarkan teknik
pembuatannya.
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengumpulkan data berupa
gambar contoh karya seni rupa terapan
daerah setempat
F Menyimpulkan materi
pembelajaran
E. SUMBER BELAJAR
·
Buku
teks Seni Budaya
·
Media elektronik lap top dan LCD proyektor
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama
proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mengidentifikasi karya seni rupa terapan daerah setempat.
Ü Mendiskripsikan karya
seni rupa terapan daerah setempat berdasarkan teknik pembuatannya
|
Penugasan individu/ kelompok
|
Tugas rumah
|
Ü Kumpulkan data berupa
gambar-gambar karya seni rupa terapan di daerahmu dan buatlah diskripsi
ciri-ciri khusus karya seni rupa terapan daerahmu
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH : ...........................
MATA
PELAJARAN : Seni Budaya
(Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : VII/2
ALOKASI
WAKTU : 4X 40 Menit (
2x pertemuan )
STANDAR
KOMPETENSI : 9. Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
KOMPETENSI
DASAR : 9.2 Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan
daerah setempat
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
- Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan
- Membuat kliping tentang karya seni rupa terapan daerah setempat
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. MATERI POKOK
sikap apresiatif terhadap keunikan
C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : demonstrasi
dan penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan pertama dan
kedua :
- Kegiatan Pendahuluan
·
Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat
·
Memberikan informasi kompetensi dasar yang
akan dicapai siswa
·
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan
wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan
- Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F tentang keunikan gagasan dan
teknik pembuatan hasil seni rupa terapan
daerahmu
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Membuat kliping tentang
karya seni rupa terapan daerah setempat
F Menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F tugas sebelumnya dan
berikan tanggapan tentang keunikan
gagasan dan teknik pembuatan hasil seni rupa terapan daerahmu
F
Menyimpulkan materi pembelajaran
E. SUMBER BELAJAR
·
Buku
teks Seni Budaya
·
Media elektronik lap top dan LCD proyektor
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama
proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Membuat tanggapan
tertulis dalam bentuk kliping tentang
keunikan gagasan dan teknik karya seni
rupa terapan daerah setempat
|
Penugasan individu/ kelompok
|
Tugas Proyek
|
Ü Buatlah kliping dengan
mengambil data gambar berikut
diskripsinya dari tugas sebelumnya dan berikan tanggapan tentang keunikan gagasan dan teknik
pembuatan hasil seni rupa terapan
daerahmu
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH : ...........................
MATA
PELAJARAN : Seni Budaya
(Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : VII/2
ALOKASI
WAKTU : 4 X 40 Menit (
2x pertemuan )
STANDAR
KOMPETENSI : 10. Mengekspresikan
diri melalui karya senI rupa
KOMPETENSI DASAR
: 10.1 Menggambar bentuk dengan
obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
- Mendeskripsikan bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi.
- Menyebutkan bahan yang dapat dibuat keramik.
- Menyebutkan Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat
- Membuat Bentuk-bentukTopeng
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. MATERI POKOK
·
Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya seni
rupa terapan tiga dimensi daerah setempat
·
Bentuk-bentukTopeng
C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : demonstrasi
dan penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan
pertama dan kedua :
- Kegiatan pendahuluan
apresiasi dan motivasi
· Memberikan
informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
· Tanya jawab
berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan
- Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati contoh-contoh karya seni rupa
terapan tiga dimensi daerah setempat
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Membuat gambar bentuk
topeng
F Macam-macam jenis,
bentuk, dan karakter hasil karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Membuat sketsa gambar
topeng
F
Menyimpulkan materi
pembelajaran
E. SUMBER BELAJAR
·
Buku
teks Seni Budaya
·
Media elektronik lap top dan LCD proyektor
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama
proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Membuat sketsa gambar topeng
Ü Menggambar bentuk topeng dari
daerah setempat
|
Tes praktik/ kinerja
|
Uji Petik Kerja
|
Ü Buatlah gambar topeng yang ada di daerahmu, menggunakan
media yang kamu miliki,
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH : ...........................
MATA
PELAJARAN : Seni Budaya
(Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : VII/2
ALOKASI
WAKTU : 4 X 40 Menit (
2x pertemuan )
STANDAR
KOMPETENSI : 10. Mengekspresikan
diri melalui karya senI rupa
KOMPETENSI DASAR : 10.2 Membuat karya seni kriya dengan
teknik dan
corak daerah setempat
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
- Mendeskripsikan konsep keramik
- Mendeskripsikan konsep keramik sebagai benda pakai
- Mendeskripsikan konsep keramik sebagai dan benda hias.
- Menyebutkan bahan yang dapat dibuat keramik.
- Menyebutkan lima alat yang dapat digunakan untuk membuat keramik.
- Menyebutkan lima teknik pembuatan keramik.
- Merancang keramik benda pakai.
- Merancang keramik benda hias.
9. Membuat karya seni kriya keramik benda pakai
dengan teknik dan
corak daerah (Banten).
10. Membuat karya seni kriya
keramik benda hias dengan teknik dan
corak daerah (Banten).
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. MATERI POKOK
- Konsep keramik sebagai benda pakai dan benda hias, jenis, bahan, alat, dan teknik pembuatan
C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : demonstrasi
dan penugasan
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan
pertama dan kedua :
- Kegiatan pendahuluan
apresiasi dan motivasi
· Memberikan
informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
· Tanya jawab
berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan
- Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca referensi kriya
keramik
F Melihat tayangan gambar
keramik benda pakai dan benda hias
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar