Selasa, 29 November 2011

RPP SENIBUDAYA BERKARAKTER VII-2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SEKOLAH                                  : ...........................
MATA PELAJARAN                  : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                   : VII/2
ALOKASI WAKTU                    : 2X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI         : 9. Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
KOMPETENSI DASAR               : 9.1            Mengindetifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah setempat


A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
      Siswa mampu :
  1. Mengumpulkan data berupa gambar contoh karya seni rupa terapan  daerah setempat
  2. Menyebutkan jenis karya seni rupa terapan daerah setempat.
3.   Membuat gambar contoh karya seni rupa terapan  daerah setempat

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. MATERI POKOK
  • Karya seni rupa terapan daerah setempat

C. METODE PEMBELAJARAN      
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan                

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
      Pertemuan pertama dan kedua :
  1. Kegiatan pendahuluan
apresiasi  dan  motivasi
·         Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·         Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan

  1. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik Membaca referensi jenis karya seni rupa.
F  Peserta didik Melihat tayangan gambar karya seni rupa terapan  daerah setempat.
F  Peserta didik Mendiskripsikan karya seni rupa terapan daerah setempat berdasarkan teknik pembuatannya.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Mengumpulkan data berupa gambar contoh karya seni rupa terapan  daerah setempat
F  Menyimpulkan materi pembelajaran
                       
E. SUMBER BELAJAR        
·         Buku teks Seni Budaya
·         Media  elektronik lap top dan LCD proyektor

F. PENILAIAN          
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mengidentifikasi  karya seni rupa terapan daerah setempat.
Ü  Mendiskripsikan karya seni rupa terapan daerah setempat berdasarkan teknik pembuatannya
Penugasan individu/ kelompok



Tugas rumah




Ü  Kumpulkan data berupa gambar-gambar karya seni rupa terapan di daerahmu dan buatlah diskripsi ciri-ciri khusus karya seni rupa terapan daerahmu


                                                                 

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SEKOLAH                                  : ...........................
MATA PELAJARAN                  : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                   : VII/2
ALOKASI WAKTU                    : 4X 40 Menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI         : 9. Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
KOMPETENSI DASAR               : 9.2            Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat


A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
      Siswa mampu :
  1. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan
  2. Membuat kliping tentang karya seni rupa terapan daerah setempat


v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. MATERI POKOK
sikap apresiatif terhadap keunikan

C. METODE PEMBELAJARAN      
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan                

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
Pertemuan pertama dan kedua :
  1. Kegiatan Pendahuluan
·         Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat
·         Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·         Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan

  1. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan hasil seni rupa terapan  daerahmu
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Membuat kliping tentang karya seni rupa terapan daerah setempat
F  Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  tugas sebelumnya dan berikan tanggapan  tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan hasil seni rupa terapan  daerahmu 
F  Menyimpulkan materi pembelajaran
                       
E. SUMBER BELAJAR        
·         Buku teks Seni Budaya
·         Media  elektronik lap top dan LCD proyektor

F. PENILAIAN          
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Membuat tanggapan tertulis dalam bentuk kliping tentang keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
Penugasan individu/ kelompok

Tugas Proyek

Ü  Buatlah kliping dengan mengambil data  gambar berikut diskripsinya dari tugas sebelumnya dan berikan tanggapan  tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan hasil seni rupa terapan  daerahmu 

                                                                 

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SEKOLAH                                  : ...........................
MATA PELAJARAN                  : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                   : VII/2
ALOKASI WAKTU                    : 4 X 40 Menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI         : 10.   Mengekspresikan diri melalui karya senI rupa
KOMPETENSI DASAR               : 10.1 Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat

    
A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
      Siswa mampu :
  1. Mendeskripsikan bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi.
  2. Menyebutkan bahan yang dapat dibuat keramik.
  3. Menyebutkan Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat
  4. Membuat Bentuk-bentukTopeng

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. MATERI POKOK
·         Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat
·         Bentuk-bentukTopeng

C. METODE PEMBELAJARAN      
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan                

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
      Pertemuan pertama dan kedua :
  1. Kegiatan pendahuluan
apresiasi  dan  motivasi
·   Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·   Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan

  1. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengamati contoh-contoh karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Membuat gambar bentuk topeng
F  Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Membuat sketsa gambar topeng
F  Menyimpulkan materi pembelajaran
                       
E. SUMBER BELAJAR        
·         Buku teks Seni Budaya
·         Media  elektronik lap top dan LCD proyektor

F. PENILAIAN          
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Membuat sketsa gambar topeng
Ü Menggambar bentuk topeng dari daerah setempat

Tes praktik/ kinerja


 Uji Petik Kerja


Ü  Buatlah gambar  topeng yang ada di daerahmu, menggunakan media yang kamu miliki,


                                                                 

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
               
                                               










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SEKOLAH                                  : ...........................
MATA PELAJARAN                  : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER                   : VII/2
ALOKASI WAKTU                    : 4 X 40 Menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI         : 10.  Mengekspresikan diri melalui karya senI rupa
KOMPETENSI DASAR               : 10.2 Membuat karya seni kriya dengan teknik dan
                                                             corak daerah setempat
    
A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
      Siswa mampu :
  1. Mendeskripsikan konsep keramik
  2. Mendeskripsikan konsep keramik sebagai benda pakai
  3. Mendeskripsikan konsep keramik sebagai dan benda hias.
  4. Menyebutkan bahan yang dapat dibuat keramik.
  5. Menyebutkan lima alat yang dapat digunakan untuk membuat keramik.
  6. Menyebutkan lima teknik pembuatan keramik.
  7. Merancang keramik benda pakai.
  8. Merancang keramik benda hias.
9.   Membuat karya seni kriya keramik benda pakai dengan teknik dan
      corak daerah (Banten).
10. Membuat karya seni kriya keramik benda hias dengan teknik dan
      corak daerah  (Banten).

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. MATERI POKOK
  • Konsep keramik sebagai benda pakai dan benda hias, jenis, bahan, alat, dan teknik pembuatan

C. METODE PEMBELAJARAN      
Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan                

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:
      Pertemuan pertama dan kedua :
  1. Kegiatan pendahuluan
apresiasi  dan  motivasi
·   Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·   Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan

  1. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membaca referensi kriya keramik
F  Melihat tayangan gambar keramik benda pakai dan benda hias
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar