RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit ( 1 X Pertemuan )
Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi Karya Seni Rupa
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah setempat .
A . TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1. Mendefinisikan pengertian seni
2. Menyebutkan empat cabang seni
3. Menyebutkan fungsi seni
4. Mendefinisikan pengertian seni
5. Menyebutkan tujuh unsur seni rupa
6. Menjelaskan konsep prinsip seni rupa
7. Menyebutkan tiga jenis karya seni rupa daerah (Jawa Tengah)
8. Menjelaskan fungsi dan makna karya seni rupa daerah (Jawa Tengah)
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B . MATERI POKOK
1. Konsep seni , empat cabang seni , fungsi seni, konsep seni rupa terapan daerah ,
unsur seni rupa, dan prinsip seni rupa .
2. Beragam jenis, fungsi dan makna karya seni rupa terapan daerah Jawa Tengah
C. METODE PEMBELAJARAN ;
Pendekatan kontekstual, diskusi , tanya jawab dan tugas
D . LANGKAH LANGKAH KEGITAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan pendahuluan
- Apersepsi :
Menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai
- Motivasi :
Tanya jawab dengan siswa terkait dengan materi , konsep seni , dan menyampaikan manfaat pembelajaran
2 . Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik membaca buku referensi tentang seni rupa terapan daerah
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Peserta didik membentuk kelompok
F Peserta didik membuat synopsis tentang konsep seni , cabang seni , fungsi
F Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi tentang seni rupa terapan daerah
F Pembahasan seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E .SUMBER BELAJAR
1. Buku teks Seni Budaya .
2. Gambar karya seni rupa terapan daerah
F . PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |
· Mengidentifikasi karya seni rupa terapan daerah setepat
· Mengidentifikasi beragam jenis, bentuk, teknik pembuatan, fungsi dan makna pada karya seni rupa terapan daerah setempat.
|
Tes tertulis
|
Tes Uraian
|
· Berikan 5 contoh hasil karya seni rupa terapan dan 5 contoh hasil karya seni rupa murni yang ada di daerahmua.
· Masing-masing contoh berikan penjelasan tentang bahan, fungsi, teknik pembuatan dan maknanya
· Jelaskan pengertian seni!
· Sebutkan empat cabang seni!
· Sebutkan fungsi seni!
· Jelaskan pengertian seni rupa terapan daerah!
· Sebutkan tujuh unsur seni rupa!
· Jelaskan konsep prinsip seni rupa!
· Sebutkan dua jenis karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)!
· Jelaskan fungsi dan makna karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)!
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
SEKOLAH : ...........................
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : VII / I
ALOKASI WAKTU : 4 x 40 Menit ( 2 x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengapresiasi karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR : 1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan
dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
pertemuan 1 dan 2
1. Membuat kliping karya seni rupa terapan daerah Jawa Tengah
2. Membuat tanggapan secara tertulis tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B. MATERI POKOK
Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat (JawaTengah)
- Keunikan gagasan
- Teknik pembuatan karya seni rupa
- Pembuatan kliping seni rupa terapan daerah
C. METODE PEMBELAJARAN
Ø Pendekatan CTL:
Ø tanya jawab,
Ø diskusi,
Ø dan pemberian tugas.
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
pertemuan 1 dan 2
1. Pendahuluan
- Apersepsi dan Motivasi :
Ø Guru menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai
oleh siswa
Ø Guru menyampaikan apersepsi tentang seni rupa terapan
Ø Guru memberi motivasi tentang apresiasi seni rupa
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melihat tayangan proses pembuatan dan hasil karya seni rupa terapan daerah
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Siswa membentuk kelompok menjadi 8 kelompok.
F Diskusi kelompok tentang proses pembuatan dan hasil karya seni rupa terapan daerah setempat
F Membuat tanggapan secara tertulis tentang keunikan gagasan, teknik pembuatan.
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F Guru memberi tugas pembuatan kliping
E. SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku teks Seni Budaya
2. Gambar karya seni rupa terapan : kria dan desain.
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
| ||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| |
· Mendeskripsikan beragam fungsi bentuk dan makna pada keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat
· Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat
|
Tes praktik/ kinerja
|
Tes iden- tifikasi
|
· Presentasikan hasil diskusi kelompokmu berupa tanggapan tentang keunikan gagasan ,teknik seni rupa terapan daerahmu
· Buatlah kliping karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)!
· Buatlah tanggapan secara tertulis tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)!
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH : ...........................
MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER : VII/1
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 Menit ( 2 x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR : 2.1 Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan
Tiga dimensi dari daerah setempat
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
Pertemuan 1 & 2
1. Membuat gelap terang dengan teknik arsir, dusel, dan pointilis
2. Membuat sketsa benda kubistis yang dikembangkan dari karya seni rupa tiga dimensi
3. Membuat sketsa benda silindris yang dikembangkan dari karya seni rupa tiga dimensi
4. Membuat gambar bentuk kubistis yang dikembangkan dari karya seni rupa terapan tiga
dimensi daerah (Jawa Tengah)
1. Membuat gambar bentuk silindris yang dikembangkan dari
karya seni rupa terapan tiga
dimensi daerah (Jawa Tengah)
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. MATERI POKOK :
- Konsep menggambar bentuk
- Bentuk kubistis dan silindris
- Teknik menggambar bentuk
- Prinsip-prinsip menggambar bentuk
- Langkah-langkah menggambar bentuk
C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan
CTL: demonstrasi, pemberian tugas
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN :
Pertemuan 1 & 2
1.
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi dan Motivasi :
·
Penyampaian informasi tentang kompetensi dasar
·
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan
wawasan siswa mengenai materi yang akan
diajarkan.
2.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membuat gambar bentuk kubistis yang dikembangkan dari karya
seni rupa terapan tiga dimensi daerah
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Siswa berlatih membuat
macam-macam teknik menggambar bentuk
F Siswa membuat sketsa benda kubistis dan silindris
F Guru mendemonstrasikan
menggambar bentuk dengan pendekatan model
F Siswa membuat gambar
bentuk benda kubistis dan silindris karya seni rupa terapan daerah (Jawa
Tengah)
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. SUMBER BELAJAR :
Buku teks Seni Budaya
Contoh gambar bentuk
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama
proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
·
Membuat sketsa gambar benda silindris dan kubistis
·
Membuat gambar benda kubistis dan silindris dari karya
seni rupa terapan daerah setempat
|
Tes praktik/ kinerja
|
Uji Petik Kerja
|
·
Gambarlah sebuah benda kubistis yang tingginya melebihi tinggi mata dan sebuah benda silindris yang tingginya
setengah tinggi mata , keduanya dikembangkan dari karya seni rupa tiga
dimensi daerahmu
|
Kriteria penilaian gambar bentuk
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Ketepatan bentuk
|
|
|
|
|
|
Ketepatan gelap terang
|
|
|
|
|
|
Penguasaan teknik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
...........................
MATA PELAJARAN :
Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER :
VII/1
ALOKASI WAKTU :
2 X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI
: 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR
: 2.2 Merancang karya seni kriya dengan
memanfaatkan teknik
dan corak daerah setempat
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1. Membuat gelap terang dengan teknik arsir, dusel, dan
pointilis
2. Membuat sketsa
benda kubistis yang dikembangkan dari karya seni rupa tiga dimensi
3. Membuat sketsa
benda silindris yang dikembangkan dari karya seni rupa tiga dimensi
4. Membuat gambar bentuk kubistis yang dikembangkan dari
karya seni rupa terapan tiga
5. dimensi daerah (Jawa Tengah)
6. Membuat gambar bentuk silindris yang dikembangkan dari
karya seni rupa terapan tiga
7.
dimensi daerah (Jawa Tengah)
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. MATERI POKOK :
1. Konsep menggambar bentuk
2. Bentuk kubistis dan silindris
3. Teknik menggambar bentuk
4. Prinsip-prinsip menggambar bentuk
5. Langkah-langkah menggambar bentuk
C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan
CTL: demonstrasi, pemberian tugas
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN :
1.
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi dan Motivasi :
·
Penyampaian informasi tentang kompetensi
dasar
·
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan
wawasan siswa mengenai materi yang akan
diajarkan.
2.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa membuat gambar bentuk
benda kubistis dan silindris karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Siswa berlatih membuat
macam-macam teknik menggambar bentuk
F Siswa membuat sketsa benda kubistis dan silindris
F Guru mendemonstrasikan menggambar bentuk dengan
pendekatan model
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. SUMBER BELAJAR :
Buku teks Seni Budaya
Contoh gambar bentuk
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama
proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
·
Membuat disain benda pakai dengan teknik dan corak
daerah setempat
·
Menentukan ukuran, bahan dan teknik pembuatan benda
pakai
|
Tes praktik/ kinerja
|
Uji Petik Kerja
|
·
Buatlah desain keramik benda pakai dengan teknik dan
corak daerah Jawa Tengah!
·
Buatlah desain keramik benda hias dengan teknik dan
corak daerah Jawa Tengah!
·
Gambarlah benda kubistis dan silindris yang ada di
depan kelas dengan teknik arsir!
|
Kriteria penilaian gambar bentuk
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Ketepatan bentuk
|
|
|
|
|
|
Ketepatan gelap terang
|
|
|
|
|
|
Penguasaan teknik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
...........................
MATA PELAJARAN :
Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS/SEMESTER :
VII/1
ALOKASI WAKTU :
6 X 40 Menit ( 3x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI
: 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
KOMPETENSI DASAR :
2.3 Membuat karya seni kriya
dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa
mampu :
Pertemuan 1-2-3
1.
Membuat benda pakai dengan teknik dan corak daerah
setempat
2.
Membuat hiasan
pada benda pakai.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. MATERI POKOK :
1.
Teknik-teknik pembuatan benda pakai
2. Corak-corak ragam hias
daerah setempat
C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan
CTL: demonstrasi, pemberian tugas
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN :
Pertemuan 1-2-3
1. Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi dan Motivasi :
·
Penyampaian informasi tentang kompetensi
dasar
·
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan
wawasan siswa mengenai materi yang akan
diajarkan.
2. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru mendemonstrasikan
menggambar bentuk dengan pendekatan model
F Siswa membuat gambar
bentuk benda kubistis dan silindris karya seni rupa terapan daerah (Jawa Tengah)
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Siswa berlatih membuat benda
pakai dengan teknik dan corak daerah setempat
F Siswa membuat hiasan pada
benda pakai.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. SUMBER BELAJAR :
Buku teks Seni Budaya
Contoh gambar bentuk
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama
proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
·
Membuat benda pakai dengan memanfaatkan teknik seni kriya daerah setempat.
·
Membuat hiasan
pada benda pakai dengan corak seni
rupa daerah setempat
|
Tes praktik/ kinerja
|
Uji Petik Kerja
|
·
Buatlah desain keramik benda pakai dengan teknik dan
corak daerah Jawa Tengah!
·
Buatlah desain keramik benda hias dengan teknik dan
corak daerah Jawa Tengah!
·
Gambarlah benda kubistis dan silindris yang ada di
depan kelas dengan teknik arsir!
|
Kriteria penilaian gambar bentuk
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Ketepatan bentuk
|
|
|
|
|
|
Ketepatan gelap terang
|
|
|
|
|
|
Penguasaan teknik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
1 = sangat kurang 2 = kurang
3 = cukup 4 = baik
5 = sangat baik
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : ...........................
Kelas :
VII
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Semester :
1 ( satu )
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
Standar kompetensi
|
:
|
3. Mengapresiasi karya seni musik.
|
Kompetensi dasar
|
:
|
3.1.Mengidentifikasi jenis lagu daerah setempat.
|
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir Pembelajaran Siswa dapat :
1.
Menyebutkan lagu etnik daerah setempat.
2.
Menyebutkan elemen-elemen musik, irama, warna, tempo,
nada, dinamika lagu etnik daerah setempat.
3.
Menjelaskan makna lagu jenis musik daerah lagu“Lir-ilir“.
4.
Menyajikan lagu etnik daerah setempat Jawa tengah, lagu
“Lir-ilir“.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B.
MATERI AJAR
1. Musik Daerah .
C.
METODE PEMBELAJARAN
Model Pendekatan CTL dan Life Skill.
D.
LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi dan Motivasi :
Tanya
jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan
disajikan.
2. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan makna lagu
jenis musik daerah setempat.
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Mendengarkan lagu etnik
daerah setempat melalui VCD/CD/kaset atau Guru.
F Mendiskusikan tentang
elemen-elemen musik seperti irama, tempo, nada serta dinamik lagu etnik daerah
setempat.
F Melakukan tanya jawab tentang lagu
yang sudah diperdengarkan.
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E.
Alat/ SUMBER BELAJAR
-
Buku “Seni Budaya
-
Lagu dareah “Lir
- ilir”
-
VCD/CD/kaset,
Guru.
F.
PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama
proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Mengidentifikasi jenis
lagu daerah setempat
· Menyebutkan jenis alat
musik yang diperdengarkan
· Mengidentifikasi
elemen-elemen musik; irama,tempo nada dan dinamika lagu daerah setempat
|
Tes
lisan
|
Daftar pertanyaan
|
·
Sebutkan jenis lagu yang diperdengarkan
·
Sebutkan alat musik yang mengiringi lagu
·
Sebutkan
elemen-elemen musik yang terdapat pada lagu yang diperdengarkan
|
FORMAT PENILAIAN
NO
|
Skor Mentah Perolehan (a)
|
Skor Mentah Maksimum (b)
|
Bobot soal skor Butir (c)
|
Nilai tiap soal
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
2
|
2
|
1
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
4
|
2
|
2
|
2
|
2
|
5
|
1
|
2
|
2
|
1
|
|
8
|
10
|
10
|
8
|
Keterangan :
Nilai tiap soal = a/b x c
Skor butir soal = 8/10x100% = 8
Jadi nilai siswa dalam indikator ini
adalah 8
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
...........................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Seni Budaya/ Seni Musik
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 1 (satu)
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 40 menit
|
Standar kompetensi
|
:
|
3. Mengapresiasikan karya seni Musik.
|
Kompetensi dasar
|
:
|
3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap
keunikan lagu daerah setempat.
|
1.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada khir pembelajaran siswa dapat:
§
Menyebutkan judul
lagu yang diperdengarkan ( Lagu “Cublak – Cublak Suweng”).
§ Menyebutkan elemen-
elemen musik : irama, tempo, nada, dinamika dan dari lagu daerah setempat (
yang diperdengarkan )
§ Menyebutkan
keunikan-keunikan lagu daerah yang diperdengarkan.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
2.
MATERI AJAR
1. Musik Daerah.
3.
METODE
Model Pendekatan Ctl dan
Lifeskill
4.
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi dan Motivasi :
Tanya
jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan
disajikan.
2. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan tanggapan
pribadi tentang keunikan lagu Jaranan.
F Mendengarkan Lagu
“Cublak-Cublak Suweng” melalui Kaset/ VCD
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Mendiskusikan tentan elemen-elemen
musik seperti : irama, tempo, nada serta dinamika.
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
5.
ALAT/ SUMBER BELAJAR
1.
Buku Seni Budaya .
2.
Kaset /VCD / Tape Rekorder.
3.
Lagu „Cublak-cublak Suweng“
6.
PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
· Mampu menyebutkan
keunikan yang ada pada lagu daerah
setempat
· Membedakan keunikan
lagu etnik daerah dan lagu POP daerah
setempat
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
·
Tuliskan
tentang keunikan yang ada pada lagu etnik daerah setempat
·
Jelaskan perbedaan keunikan lagu POP daerah serta lagu
etnik daerah setempat
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
...........................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Seni Budaya/ Seni Musik
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / I
|
Alokasi Waktu
|
:
|
6 x 40 menit ( 3x pertemuan )
|
Standar kompetensi
|
:
|
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni
|
Kompetensi dasar
|
:
|
4.1 Mengaransir secara
sederhana karya lagu daerah setempat
|
A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
Pertemuan 1-2 & 3
§ Menuliskan pola irama
lagu model “Gambang Suling“.
§ Mengaransir secara
sederhana elemen-elemen musik lagu “Gambang Suling“
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. Materi Ajar
a. Musik Daerah
b. Berkarya Musik
C. Metode
Model Pendekatan CTL dan
Lifeskill
D. Langkah –
langkah Pembelajaran
Pertemuan 1-2 & 3
a. Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi dan Motivasi :
Tanya jawab tentang berbagai hak terkait dengan wawasan
siswa mengenai materi yang akan diajarkan.
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menyanyikan lagu model “Gambang Suling“
F Menerangkan aransemen
musik
F
Menerangkan
pembagian alat musik pada ansamble musik
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan,
dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Mendiskusikan tentang
elemen musik yaitu irama
F Menerangkan pola irama
F Bersama siswa merasakan
pola irama dengan tepukan
F Membentuk kelompok
diskusi
F Mendiskusikan pola irama
“Gambang Suling“ bersama kelompoknya
F Mendiskusikan / membuat
aransemen lagu “Gambang Suling“ bersama kelompoknya.
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Sumber
Belajar
- Buku “Seni
Budaya .
- Lagu-lagu etnik daerah
-
DVCD/cassette/guru.
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama
proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü menyanyikan lagu daerah
setempat
Ü Menjelaskan prosedur
mengaransir lagu
Ü mengaransir secara sederhana dengan
memperhatikan elemen-elemen musik pada lagu
Ü Mengaransir lagu etnik
daerah setempat dalam dua suara
Ü Mendemonstrasikan alat
musik ritmis dengan lagu yang telah diaransir
|
Tes praktik/ Kinerja
|
Tes Uji kerja
|
ÜNyanyikan lagu daerah setempat dengan benar
ÜSebutkan cara mengaransir lagu
Ü Buatlah aransemen
sederhana dari lagu yang
diperdengarkan
ÜSebutkan 3 contoh lagu daerah Jawa Tengah
ÜApa yang dimaksud pola irama?
ÜTuliskan pola irama lagu “Gambang Suling“!
ÜApa yang dimaksud aransemen?
ÜSebutkan bagian-bagian
dalam penyajian musik !
|
Format
penilaian
NO
|
Skor Mentah Perolehan (a)
|
Skor Mentah Maksimum (b)
|
Bobot soal skor Butir (c)
|
Nilai tiap soal
|
1
|
|
2
|
2
|
|
2
|
|
2
|
2
|
|
3
|
|
2
|
2
|
|
4
|
|
2
|
2
|
|
5
|
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
...........................
Mata Pelajaran :
Seni Budaya
Kelas/Semester :
VII / 1 (satu)
Alokasi Waktu
: 4 x 40
menit ( 2x pertertemuan )
Standar kompetensi
|
:
|
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
|
Kompetensi dasar
|
:
|
4.2 Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah
setempat.
|
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Mendengarkan etnik setempat
2. Membaca notasi karya lagu etnik setempat.
3.
Mengaransir secara sederhana lagu etnik daerah setempat.
4. Menyajikan hasil aransemen secara sederhana
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. Materi Ajar
a. Praktek Musik
b. Berkarya Musik
C. Metode
Pembelajaran
Model pendekatan CTL dan Life Skill..
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
pertama dan kedua :
1. Kegiatan pendahuluan
- Apersepsi dan Motivasi :
peserta didik melakukan tanya jawab sekitar materi pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mengaransir secara sederhana dengan memberikan melodi
kedua dari lagu etnik setempat.
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Menuliskan pola irama
lagu etnik setempat. (Gambang Suling)
F
Menampilkan aransemen lagu etnik setempat secara
perorangan atau kelompok.
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Alat/Sumber
Belajar
F Audio visual /
pertunjukan musik daerah.
F Buku teks
F Alat musik
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama
proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü menampilkan hasil
aransemen lagu etnik daerah setempat
secara perorangan atau kelompok
Ü Menampilkan hasil
aransemen lagu etnik daerah setempat dengan menggunakan berbagai alat musik
|
Tes praktik/ Kinerja
|
Tes Uji kerja
|
ÜTampilkan lagu hasil aransemen secara kelompok
ÜTampilkan lagu hasil
aransemen secara perorangan
|
Format
Penilaian
No
|
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Tinggi rendah not
|
|
|
|
|
|
2
|
Panjang pendek not
|
|
|
|
|
|
3
|
Ketepatan kebutuhan
|
|
|
|
|
|
4
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1 = sangat kurang 4 = baik
2 = kurang 5 = sangat baik
3 = cukup
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas / Semester :
VII / 1
Standar Kompetensi :
5. Mengapresiasi Karya Seni Tari
Kompetensi
Dasar : 5.1. Mengidentifikasi jenis karya seniTari tunggal daerah
setempat
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran (
2x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menjelakan pengertian seni tari
2.
Siswa dapat menyebutkan 4 jenis ragam tari tunggal daerah
setempat
3.
Menyebutkan 3
fungsi tari
4.
Menyebutkan
bentuk penyajian seni tari
5.
Menyebutkan jenis
tari tunggal
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. Materi Pembelajaran
·
Tari tunggal
daerah setempat
C. Metode Pembelajaran
·
Pendekatan CTL,
life skill
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua :
a) Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi dan Motivasi :
Tanya
jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi da
apresiasi
b) Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca buku referensi
tentang tari tunggal
F Menyaksikan tari tunggal
secara langsung melalui audio visual
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
Mendiskusikan
ragam gerak tari Gambyong Banyamusan dan fungsi tari tunggal daerah setempat
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
c) Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Alat dan Sumber Belajar
·
Buku
Referensi,Rekaman audio, guru/model
·
Diskripsi tari
tunggal daerah setempat
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama
proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mengidentifikasikan
jenis karya seni tari tunggal daerah setempat
Ü Mengungkapkan kesan
secara lisan tentang keuni
Ü kan seni tari tunggal daerah setempat
Ü Menyebutkan fungsi tari
tunggal dalam masyarakat daerah setempat
Ü Membuat tanggapan
tertulis tentang jenis karya seni tari tunggal daerah setempat
|
Tes
Tertulis
Penugasan Indivudual/ kelompok
|
Isian Singkat
Uraian
Pekerjaan Rumah
|
Ü Jelaskan Pengertian
Seni Tari
Ü Sebutkan dan jelaskan
unsur-unsur keindahan seni tari
Ü Sebutkan jenis-jenis
Tari Tunggal daerah setempat yang kamu ketahui
Ü Jelaskan fungsi Tari
Tunggal daerah setempat
Ü Buatlah Kliping tentang
tari tunggal daerah setempat
|
1. Format Penilaian
No.
|
Skor Perolehan
|
Skor Maksimal
|
Bobot Soal
|
Nilai Tiap Soal
|
1
2
3
4
|
|
2
2
3
3
|
2
2
3
3
|
|
|
|
|
10
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(
RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas
/ Semester : VII / 1
Standar
Kompetensi : 5. Mengekpresikan diri
melalui karya seni tari
Kompetensi
Dasar : 5.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan tari
tunggal daerah setempat
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa mampu
menyebutkan ragam gerak tari tunggal daerah setempat
2.
Siswa
menyimpulkan ragam gerak tari tunggal daerah setempat
3.
Siswa mampu
membuat ragam gerak tari tunggal daerah setempat
4.
Siswa mampu menampilkan tari tunggal daerah setempat
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. Materi Pembelajaran
·
Tari tunggal dari
daerah setempat
C. Metode Pembelajaran
·
Pendekatan CTL, life skill ,model, diskusi,ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua :
1. Kegiatan Pendahuluan
Ø Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan
siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi
2. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyaksikan, mengamati
ragam gerak tari tunggal daerah setempat
F Mengamati ragam gerak
tari tunggal sesuai fungsinya secara langsung melalui audio visual
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
Mendiskusikan ragam
gerak tari tunggal dari daearh setempat
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Ø Membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok tentang
ragam gerak tari tunggal sesuai fungsinya dari daearh setempat
E. Alat dan Sumber Belajar
·
Buku
Referensi,Rekaman audio, guru/model
F. Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mendeskripsikan beragam
bentuk Tari Tunggal daerah setempat
Ü Menyebutkan nama-nama
tari tunggal daerah setempat
Ü Menyebutkan unsur-unsur
Tari Tunggal daerah setempat
|
Tes praktik/ kinerja
Penuga- san kelompok
|
Tes Identifikasi
Pekerjaan Rumah
|
Ü Presentasikan hasil
diskusi dan buatlah tanggapan tertulis tentang tari tunggal daerah setempat
yang telah kalian saksikan
Ü Pelajarilah salah satu
bentuk tari tunggal daerah setempat secara berkelompok
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas / Semester :
VII / 1
Standar Kompetensi :
6. Mengekpresikan diri melalui karya
seni tari
Kompetensi
Dasar : 6.1 Mengekplorasi pola lantai gerak tari tunggal daerah setempat
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa mampu
membuat beragam pola lantai berdasarkan ragam gerak tari tunggal daerah
setempat
2.
Siswa mampu
memperagakankan pola lantai gerak tari tunggal daerah setempat
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. Materi Pembelajaran
·
Tari tunggal dari
daerah setempat
C. Metode Pembelajaran
·
Pendekatan CTL, life skill,diskusi,demontrasi
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
pertama dan kedua :
1. Kegiatan Pendahuluan
Tanya
jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan
apresiasi
2. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menyaksikan,
mengamati ragam gerak tari tunggal daerah setempat
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Mendiskusikan ragam gerak
tari tunggal dari daerah setempat
F Membuat gambar pola
lantai gerak tari tunggal dari daerah setempat
F
Latihan tari sesuai
pola lantai gerak tari tunggal dari daerah setempat
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
Membuat
kesimpulan hasil diskusi kelompok tentang ragam gerak tari tunggal sesuai fungsinya dari daearh setempat
E. Alat dan Sumber Belajar
·
Buku
Referensi,Rekaman audio, guru/model
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses
dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Mencari bentuk pola lantai
Tari Tunggal daerah setempat
Ü Menemukan pola lantai
gerak berdasarkan ragam gerak tari tunggal
daerah setempat
|
Tes praktik/ kinerja
|
Tes Uji Kerja
|
Ü Carilah pola lantai yang
sesuai untuk susunan ragam tari tunggal daerah setempat yang telah kalian
pelajari
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ...........................
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Tari
Kelas
/ Semester : VII / 1
Standar
Kompetensi : 6. Mengekpresikan diri
melalui karya seni tari
Kompetensi
Dasar : 6.2. Memperagakan tari tunggal daerah setempat
Alokasi Waktu :
6 Jam Pelajaran ( 3x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu merangkai gerak-gerak tari tunggal daerah setempat
2. Siswa mampu menggunakan property tari tunggal daerah setempat
3. Siswa mampu mempergelarkan tari tunggal daerah setempat
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. Materi Pembelajaran
·
Tari tunggal dari
daerah setempat
C. Metode Pembelajaran
·
Pendekatan CTL,
life skill, demontrasi
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
pertama, kedua dan ketiga :
1. Kegiatan Pendahuluan
Tanya
jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan
apresiasi
2. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menyaksikan,
mengamati ragam gerak tari tunggal daerah setempat
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Mendiskusikan ragam gerak
tari tunggal dari daerah setempat
F Mendiskusikan unsur-unsur
tari tunggal dari daerah setempat
F Mendemonstrasikan gerak-gerak tari tunggal
dari daerah setempat
F Mempergelarkan tari tunggal dari daerah setempat
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
Membuat simpulan
hasil peragaan tari tunggal daerah
setempat
E. Alat dan Sumber Belajar
·
Buku Referensi,
Rekaman audio / Visual, guru/model
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama
proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Menyajikan bentukTari
Tunggal daerah setempat sesuai dengan iringannya
|
Tes praktik/ kinerja
|
Tes Uji Kerja
|
Ü Peragakan karya tari
tunggal berdasarkan tari daerah yang ada di daerahmu sesuai dengan iringan
musiknya
|
lembar
penilaian
NO
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Tehnik kaki
|
|
|
|
|
|
2
|
Tehnik tangan
|
|
|
|
|
|
3
|
Koordinasi gerak kaki
dan tangan
|
|
|
|
|
|
4
|
Kelenturan
|
|
|
|
|
|
5
|
Keserasian gerak tari dengan musik pengiring dan penjiwaannya
|
|
|
|
|
|
6
|
Penyajian
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1 = ( sangat kurang )
2 = ( kurang )
3 = ( cukup )
4 = ( baik )
5 = ( sangat baik )
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar