Sabtu, 09 Februari 2013

KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH (US) SENI RUPA



KISI KISI UJIAN SEKOLAH (US) KELAS IX
MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SMP/ MTs
KABUPATEN BREBES
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

PETUNJUK PENGGUNAAN KISI-KISI UJIAN SEKOLAH MAPEL SENI BUDAYA
A.    Petunjuk Penggunaan Kisi-kisi Ujian Sekolah Tertulis
1.      Kisi-kisi ini memuat 50 indikator soal Seni Rupa, 50 indikator soal Seni Musik, dan 30 indikator soal Seni Tari.
2.      Tiap-tiap Sekolah hanya menggunakan 50 soal dari pilihan sejumlah 130  indikator soal yang tersedia.
3.      Sekolah bebas menentukan sendiri kisi-kisi yang akan digunakan dengan rincian: 20% soal kelas VII, 20% soal kelas VIII, dan 60% soal kelas IX.
4.      Tiap-tiap  sekolah boleh mengujikan hanya salah satu sub mapel saja (sesuai dengan yang diajarkan pada sekolah masing-masing).
5.      Tiap-tiap sekolah membuat soal sendiri sesuai dengan kisi-kisi soal yang telah ditentukan.

B.     Petunjuk Penggunaan Kisi-kisi Ujian Sekolah Praktikum
1.      Kisi-kisi ini memuat 3 indikator soal Seni Rupa, 3 indikator soal Seni Musik, dan 3 indikator soal Seni Tari.
2.      Tiap-tiap Sekolah hanya menggunakan 1 soal (atau 2 soal dari sub mapel yang berbeda)  dari pilihan sejumlah 9 indikator soal yang tersedia.
3.      Tiap-tiap  sekolah boleh mengujikan hanya salah satu sub mapel saja (sesuai dengan yang diajarkan pada sekolah masing-masing).
4.      Tiap-tiap sekolah membuat soal sendiri sesuai dengan kisi-kisi soal yang telah ditentukan.




KISI-KISI UJIAN SEKOLAH (US)
TERTULIS
SENI BUDAYA KELAS IX (SENI RUPA)


Satuan Pendidikan : SMP/ MTs                                                                                                                   Alokasi Waktu : 90 Menit
Mata Pelajaran : Seni Budaya                                                                                                                      Bentuk dan Jumlah Soal : Pilihan Ganda 50 Soal
Sub Mapel  : Seni Rupa                                                                                                                              Materi Kelas  : VII (Tujuh)
SMT
SK/KD
INDIKATOR KOMPETENSI
MATERI
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL
1
2
3
5
6
7
1























































































2



























1.         Mengapresiasi Karya Seni Rupa

1.1  Mengidentifikasi jenis karya seni rupa  terapan daerah setempat .












1.2  Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat








2.         Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
2.1. karya seni rupa terapan tiga Menggambar bentuk dengan objek dimensi dari daerah setempat










2.2. Merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat












2.3. Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat






9.   Mengapresiasi Karya Seni Rupa

9.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat




10.   Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
10.1.Menggambar bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat





10.2. Membuat karya seni kriya dengan teknik dan corak daerah setempat








10.3. Menyiapkan karya seni rupa hasil buatan sendiri untuk pameran kelas atau sekolah





·     Mengidentifikasi karya seni rupa terapan daerah setepat
·     Mengidentifikasi beragam jenis, bentuk, teknik pembuatan, fungsi dan makna pada karya seni rupa terapan daerah setempat.



·     Mendeskripsikan beragam fungsi bentuk dan makna pada keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat
·     Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan  karya seni rupa terapan daerah setempat




·   Membuat sketsa gambar benda silindris dan kubistis
·   Membuat gambar benda kubistis dan silindris dari karya seni rupa terapan daerah setempat









·   Membuat disain benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat
·     Menentukan ukuran, bahan dan teknik pembuatan benda pakai








·   Membuat benda pakai dengan memanfaatkan teknik  seni kriya daerah setempat.
Membuat  hiasan pada benda pakai dengan  corak seni rupa daerah setempat




·     Membuat tanggapan tertulis dalam bentuk kliping tentang keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat





·   Membuat benda pakai dengan memanfaatkan teknik  seni kriya daerah setempat.
·   Membuat  hiasan pada benda pakai dengan  corak seni rupa daerah setempat

·   Membuat sketsa gambar topeng
·   Menggambar bentuk topeng dari daerah setempat

·   Membuat topeng dengan teknik dan corak daerah setempat




·   Merancang pameran karya seni rupa buatan sendiri di kelas








·      Konsep seni , empat cabang seni , fungsi seni, konsep seni rupa terapan daerah , unsur seni rupa, dan prinsip seni rupa .
·      Beragam jenis, fungsi dan makna karya seni rupa terapan daerah Jawa Tengah

·      Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat (JawaTengah)
  1. Keunikan gagasan
  2. Teknik pembuatan karya seni rupa
  3. Pembuatan kliping seni rupa terapan daerah



1.       Konsep menggambar bentuk
2.       Bentuk kubistis dan silindris
3.       Teknik menggambar bentuk
4.       Prinsip-prinsip menggambar bentuk
5.       Langkah-langkah menggambar bentuk


1.    Konsep menggambar bentuk
2.    Bentuk kubistis dan silindris
3.    Teknik menggambar bentuk
4.    Prinsip-prinsip menggambar bentuk
5.    Langkah-langkah menggambar bentuk

1.    Teknik-teknik pembuatan benda pakai
2.    Corak-corak ragam hias daerah setempat






·      Sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat







·      Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat



·      Bentuk-bentukTopeng


·      Konsep keramik sebagai benda pakai dan benda hias, jenis, bahan, alat, dan teknik pembuatan



·      Pameran karya seni rupa daerah setempat, meliputi: konsep, fungsi,  perlengkapan, dan perencanaan




·     Dapat menyebutkan contoh karya seni rupa terapan daerah setempat.










·     Dapat mendefinisikan teknik pembuatan karya seni rupa terapan daerah setempat












·     Dapat menyebutkan benda-benda kubistis dan silindris














·   Dapat menyebutkan teknik-teknik yang digunakan dalam membuat benda pakai












·     Dapat menyebutkan pengertian dari benda hias.










·   Dapat mendeskripsikan teknik-teknik  dalam menggambar bentuk











·     Dapat menyebutkan prinsip-prinsip komposisi dalam menggambar bentuk



·     Dapat menyebutkan jenis-jenis seni kriya


·     Dapat menyebutkan contoh benda pakai dan benda hias yang ada di sekitar


.
·     Dapat menjelaskan tujuan pameran kelas.





1
















2


















3



















4

















5














6
















7









8





9









10



Sub Mapel                               : Seni Rupa.                                                                                                                             Materi Kelas                            : VIII (Delapan)
SMT
SK/KD
INDIKATOR KOMPETENSI
MATERI
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL
1
2
3
5
6
7

1














































































2


















1.      Mengapresiasi Karya Seni Rupa
1.1.Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Nusantara










1.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara










2.      Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
2.1. Merancang karya seni kriya tekstil dengan  teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara






2.2. Membuat karya seni kriya tekstil dengan  teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara





2.3. Mengekspresikan diri melalui  karya seni lukis/gambar









9.    Mengapresiasi karya seni rupa
9.1. Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Nusantara








10.   Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
10.1. Membuat  karya seni kriya tekstil dengan  teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara



·     Menunjukkan keanekaragaman jenis, bahan dan teknik pembuatan tekstil nusantara,
·     Mampu mendeskripsikan makna dan fungsi Tekstils  nusantara.





·     Membuat kliping tentang karya seni tekstil Nusantara.
·     Membuat  tanggapan tertulis tentang keunikan  gagasan, corak ragam hias, bahan dasar dan teknik karya seni Tekstil nusantara









·     Membuat bentuk-bentuk ragam hias dan corak karya tekstil Nusantara
·     Membuat rancangan karya seni kriya tekstil dengan corak ragam hias Nusantara

·     Menghayati proses penataan pola ragam hias tekstil
·     Mampu berkreasi dalam menata pola ragam hias tekstil pada permukaan kain.


·     Membuat gambar ilustrasi













·     Mengidentifikasi beragam jenis karya seni rupa terapan Nusantara.
·     Mengidentifikasi bentuk dan teknik pembuatan beragam karya seni rupa terapan Nusantara.





·     Membuat benda pakai dan  dengan teknik celup- rintang ( batik jumputan atau tutup celup) dengan mengambil unsur-unsur seni rupa Nusantara,



1.    Pengertian seni rupa terapan nusantara.
2.    Jenis karya seni rupa terapan nusantara.
3.    Tehnik pembuatan, fungsi dan makna karya seni rupa terapan nusantara.

·      Nilai estetis dan praktis karya seni rupa terapan  nusantara.
·      Fungsi karya seni rupa terapan nusantara
·      Makna  karya seni rupa terapan nusantara.
·      Teknik pembuatan karya seni rupa terapan nusantara



·        Konsep batik
·        Menggambar desain ragam hias untuk pola batik





·        Konsep batik
·        Bahan, alat, dan teknik membatik
·        Langkah-langkah membatik





·        Konsep gambar  ilustrasi
·        Unsur-unsur gambar ilustrasi
·        Corak gambar ilustrasi
·        Ragam gambar ilustrasi



·      Beragam karya seni rupa terapan Nusantara
·      Ragam hias Nusantara












·        Pengetahuan seni grafis dan teknik pembuatan seni grafis




·     Dapat mengklasifikasikan jenis-jenis tekstil nusantara berdasarkan bahannya
·     Dapat mengklasifikasikan jenis-jenis tekstil nusantara berdasarkan tekniknya.





·     Dapat menyebutkan fungsi karya seni rupa terapan Nusantara.
·     Dapat menjelaskan makna karya seni rupa terapan Nusantara












·     Dapat menjelaskan teknik pembuatan desain pola batik.








·           Dapat mendeskripsikan langkah-langkah dalam membatik










·     Dapat menjelaskan pengertian gambar ilustrasi
·           Dapat mendeskripsikan unsur-unsur utama dalam menggambar ilustrasi





·     Dapat mendefinisikan ciri khas ragam hias Nusantara














·     Dapat menjelaskan teknik pembuatan seni grafis





11






12










13




14
















15










16














17


18










19

















20

Sub Mapel                               : Seni Rupa.                                                                                                                             Materi Kelas                            : IX (Sembilan)
SMT
SK/KD
INDIKATOR KOMPETENSI
MATERI
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL
1
2
3
5
6
7

1












































































2
1.       Mengapresiasi karya seni rupa
1.1. Mengidentifikasi seni rupa murni yang diciptakan di daerah setempat





















1.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni daerah setempat









2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
2.1. Memilih unsur seni rupa Nusantara untuk dikembangkan menjadi karya seni murni



2.2. Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara





9. Mengapresiasi karya seni rupa
9.1. Mengidentifikasi karya seni rupa murni yang diciptakan di Indonesia









9.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap  keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa murni Indonesia







10.  Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
10.1. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari  beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara di luar Asia






10.2. Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran di sekolah atau di luar sekolah




10.3. Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran di sekolah atau di luar sekolah.




·     Mengidentifikasi beragam  karya seni rupa murni daerah setempat
·     Mengkaji perkembangan seni rupa murni daerah setempat





















·     Mendeskripsikan keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa murni daerah setempat
·     Membuat tanggap an  tentang karya seni rupa murni  daerah setempat









·     Membuat rancangan/ gambar desain  karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara


·     Membuat  karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara










·     Mengidentifikasi beragam  karya seni rupa murni dua dan tiga dimensi Indonesia










·     Mendeskripsikan  karya seni rupa murni Indonesia dari segi bahan, teknik dan latar belakang pembuatan, seniman penciptanya dan sebagainya
·      Menanggapi keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni Indonesia





·     Membuat karya seni rupa murni dengan mengembangkan unsur seni rupa Nusantra dan mancanegara di luar Asia










·     Menyiapkan karya seni rupa untuk pameran









·     Mengorganisir pelaksanaan pameran karya seni rupa
·     Membuat laporan pelaksanaan pameran



·      Pengertian seni rupa murni daerah
·      Ragam karya seni rupa murni daerah (Jawa Tengah): seni lukis, dan seni patung.
·      Tema seni rupa murni
·      Gaya seni rupa murni
















·   Keunikan gagasan/tema  dan gaya seni rupa murni daerah (Jawa   Tengah)
·   Teknik pembuatan karya seni rupa murni daerah (Jawa Tengah)











·      Pilihlah  unsur seni rupa murni nusantara dengan menyebutkan tema dan gayanya!



·      Konsep seni lukis
·      Bahan dan alat melukis
·      Teknik melukis
·      Langkah-langkah melukis









·  Pengertian seni rupa murni nusantara
·  Jenis karya seni rupa murni: seni lukis, seni patung, dan seni grafis
·  Gaya seni rupa: tradisional, modern, dan posmodern





·  Keunikan gagasan karya seni rupa murni nusantara
·  Teknik pembuatan karya seni rupa murni nusantara













·      Pengertian seni patung
·      Fungsi patung
·      Corak patung
·      Jenis patung
·      Bahan dan alat patung
·      Teknik pembuatan patung
·      Langkah-langkah membuat patung




·      Pengertian pameran seni rupa di sekolah
·      Persiapan pameran
·      Pengorganisasian pameran




·      Penataan ruang pameran seni rupa di sekolah
·      Pelaksanaan pameran seni rupa di sekolah
·      Penilaian pelaksanaan pameran seni rupa di sekolah



Ãœ  Dapat mendefinisikan pengertian seni rupa murni
Ãœ  Dapat menyebutkan contoh karya seni rupa murni
Ãœ  Dapat menyebutkan ragam karya seni rupa murni daerah Jawa.
Ãœ  Dapat mendeskripsikan tema karya seni rupa murni daerah Jawa Tengah
Ãœ  Dapat menyebutkan tema seni lukis, patung,  atau grafis.
Ãœ  Dapat menyebutkan aliran-aliran seni lukis

Ãœ  Dapat menyebutkan ciri-ciri seni lukis daerah di  Nusantara.
Ãœ  Dapat menyebutkan istilah-istilah dalam seni rupa murni. Misal: tekstur, relief, karikatur, siluet, ekspresi, dll.
Ãœ  Dapat menyebutkan teknik-teknik dalam melukis



Ãœ  Dapat menyebutkan unsir-unsur dalam seni rupa.
Ãœ  Dapat medeskripsikan tema karya seni lukis Nusantara


Ãœ  Dapat membedakan pengertian menggambar dan melukis
Ãœ  Dapat menyebutkan media yang digunakan dalam melukis
Ãœ  Dapat menjelaskan langkah-langkah dalam melukis


Ãœ  Dapat menjelaskan pengertian patung.
Ãœ  Dapat mengidentifikasi jenis-jenis karya seni rupa murni
Ãœ  Dapat menyebutkan jenis-jenis patung
Ãœ  Dapat mendeskripsikan gaya-gaya patung

Ãœ  Dapat menyebutkan bahan/ media dalam membuat patung.
Ãœ  Dapat mendefinisikan teknik pembuatan karya seni rupa murni Nusantara









Ãœ  Dapat mendeskripsikan pengertian patung.
Ãœ  Dapat menyebutkan fungsi patung.
Ãœ  Dapat menjelaskan teknik dalam pembuatan patung.
Ãœ  Dapat mendeskripsikan langkah-langkah dalam membuat patung

Ãœ  Dapat mendeskripsikan pengertian pameran
Ãœ  Dapat mendeskripsikan denah ruang pameran.
Ãœ  Dapat menyeleksi karya untuk pameran
Ãœ  Dapat mendeskripsikan susunan struktur organisasi dalam pameran.
Ãœ  Dapat menjelaskan langkah-langkah dalam pelaksanaan pameran.

Ãœ  Dapat mendeskripsikan teknik penataan ruang pameran di sekolah






21




22



23




24





25




26




27




28







29






30




31





32




33




34





35



36



37



38




39





40














41



42



43




44




45




46



47


48




49






50


 
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH (US)
PRAKTIKUM
                                                           SENI BUDAYA KELAS IX
 
KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH PRAKTIKUM KELAS IX
Satuan Pendidikan : SMP/ MTs                                                                                                                   Alokasi Waktu: 120 Menit
Mata Pelajaran: Seni Budaya  SMP                                                                                                             Bentuk Soal: Praktikum
Sub Mapel: Seni Rupa                                                                                                                       Materi Kelas: VII/ VIII/ IX

Kelas
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR KOMPETENSI
MATERI
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL
1
2
3
5
6
7
VII

















VIII











IX






2.1. Menggambar bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat









10.2. Mengekspresikan diri melalui karya seni grafis







10.1. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari  beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara di luar Asia
·   Membuat sketsa gambar benda silindris dan kubistis
·   Membuat gambar benda kubistis dan silindris dari karya seni rupa terapan daerah setempat








·     Membuat benda pakai dan atau benda hias dengan teknik sablon  mengambil corak seni rupa terapan Nusantara



·     Membuat karya seni rupa murni dengan mengembangkan unsur seni rupa Nusantra dan mancanegara di luar Asia


·      Konsep menggambar bentuk
·      Bentuk kubistis dan silindris
·      Teknik menggambar bentuk
·      Prinsip-prinsip menggambar bentuk
·      Langkah-langkah menggambar bentuk

·        Pengetahuan seni grafis dan teknik pembuatan seni grafis.







·      Seni Lukis murni
·      Seni patung murni




·         (*) Dapat menggambar benda-benda bentuk silindris / kubistis yang disediakan guru dengan media pensil, pensil warna, crayon, atau media lain di atas kertas.







·           (*) Dapat membuat benda pakai (sapu tangan, taplak meja, sleyer, dll)  dengan teknik cetak sablon menggunakan corak seni rupa terapan Nusantara .

·         (*) Dapat membuat  sebuah karya seni rupa murni 2 atau 3 dimensi dengan mengembangkan unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara di luar Asia




VII












VIII






IX






2.1. Menggambar bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat




10.2. Mengekspresikan diri melalui karya seni grafis


10.1. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari  beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara di luar Asia
·   Membuat sketsa gambar benda silindris dan kubistis
·   Membuat gambar benda kubistis dan silindris dari karya seni rupa terapan daerah setempat





·     Membuat benda pakai dan atau benda hias dengan teknik sablon  mengambil corak seni rupa terapan Nusantara



·     Membuat karya seni rupa murni dengan mengembangkan unsur seni rupa Nusantra dan mancanegara di luar Asia


·      Konsep menggambar bentuk
·      Bentuk kubistis dan silindris
·      Teknik menggambar bentuk
·      Prinsip-prinsip menggambar bentuk
·      Langkah-langkah menggambar bentuk

·        Pengetahuan seni grafis dan teknik pembuatan seni grafis.



·      Seni Lukis murni
·      Seni patung murni




·         (*) Dapat menggambar benda-benda bentuk silindris / kubistis yang disediakan guru dengan media pensil, pensil warna, crayon, atau media lain di atas kertas.




·           (*) Dapat membuat benda pakai (sapu tangan, taplak meja, sleyer, dll)  dengan teknik cetak sablon menggunakan corak seni rupa terapan Nusantara .

·         (*) Dapat membuat  sebuah karya seni rupa murni 2 atau 3 dimensi dengan mengembangkan unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara di luar Asia



Keterangan: (*) Pilih salah satu untuk materi ujian praktikum sesuai dengan sekolah Anda!

3 komentar: