KISI KISI UJIAN SEKOLAH
(US) KELAS IX
MATA PELAJARAN SENI
BUDAYA SMP/ MTs
KABUPATEN BREBES
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
PETUNJUK
PENGGUNAAN KISI-KISI UJIAN SEKOLAH MAPEL SENI BUDAYA
A.
Petunjuk Penggunaan Kisi-kisi Ujian
Sekolah Tertulis
1. Kisi-kisi
ini memuat 50 indikator soal Seni Rupa, 50 indikator soal Seni Musik, dan 30
indikator soal Seni Tari.
2. Tiap-tiap
Sekolah hanya menggunakan 50 soal dari pilihan sejumlah 130 indikator soal yang tersedia.
3. Sekolah
bebas menentukan sendiri kisi-kisi yang akan digunakan dengan rincian: 20% soal
kelas VII, 20% soal kelas VIII, dan 60% soal kelas IX.
4. Tiap-tiap sekolah boleh mengujikan hanya salah satu sub
mapel saja (sesuai dengan yang diajarkan pada sekolah masing-masing).
5. Tiap-tiap
sekolah membuat soal sendiri sesuai dengan kisi-kisi soal yang telah
ditentukan.
B.
Petunjuk Penggunaan Kisi-kisi Ujian
Sekolah Praktikum
1. Kisi-kisi
ini memuat 3 indikator soal Seni Rupa, 3 indikator soal Seni Musik, dan 3
indikator soal Seni Tari.
2. Tiap-tiap
Sekolah hanya menggunakan 1 soal (atau 2 soal dari sub mapel yang berbeda) dari pilihan sejumlah 9 indikator soal yang
tersedia.
3. Tiap-tiap sekolah boleh mengujikan hanya salah satu sub
mapel saja (sesuai dengan yang diajarkan pada sekolah masing-masing).
4. Tiap-tiap
sekolah membuat soal sendiri sesuai dengan kisi-kisi soal yang telah
ditentukan.
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
(US)
TERTULIS
SENI BUDAYA KELAS IX (SENI RUPA)
Satuan
Pendidikan : SMP/ MTs Alokasi Waktu : 90 Menit
Mata
Pelajaran : Seni
Budaya Bentuk dan Jumlah Soal : Pilihan Ganda 50 Soal
Sub
Mapel : Seni
Rupa Materi Kelas :
VII (Tujuh)
SMT
|
SK/KD
|
INDIKATOR KOMPETENSI
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
NOMOR SOAL
|
1
|
2
|
3
|
5
|
6
|
7
|
1
2
|
1.
Mengapresiasi
Karya Seni Rupa
1.1 Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah setempat .
1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik karya
seni rupa terapan daerah setempat
2.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
2.1. karya seni
rupa terapan tiga Menggambar bentuk dengan objek dimensi dari daerah setempat
2.2. Merancang
karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
2.3. Membuat
karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
9. Mengapresiasi Karya Seni Rupa
9.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan
teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni
rupa
10.1.Menggambar
bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
10.2. Membuat
karya seni kriya dengan teknik dan corak daerah setempat
10.3. Menyiapkan karya seni rupa hasil buatan sendiri untuk pameran
kelas atau sekolah
|
· Mengidentifikasi karya seni rupa terapan daerah setepat
· Mengidentifikasi beragam jenis, bentuk, teknik
pembuatan, fungsi dan makna pada karya seni rupa terapan daerah setempat.
· Mendeskripsikan beragam fungsi bentuk dan makna pada
keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat
· Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat
· Membuat sketsa gambar benda silindris dan kubistis
· Membuat gambar benda kubistis dan silindris dari karya
seni rupa terapan daerah setempat
· Membuat disain benda pakai dengan teknik dan corak
daerah setempat
·
Menentukan
ukuran, bahan dan teknik pembuatan benda pakai
· Membuat benda pakai dengan memanfaatkan teknik seni kriya daerah setempat.
Membuat hiasan pada benda pakai dengan corak seni rupa daerah setempat
· Membuat tanggapan tertulis dalam bentuk kliping tentang keunikan gagasan dan teknik karya seni
rupa terapan daerah setempat
· Membuat benda pakai dengan memanfaatkan teknik seni kriya daerah setempat.
· Membuat hiasan
pada benda pakai dengan corak seni
rupa daerah setempat
· Membuat sketsa gambar
topeng
· Menggambar bentuk topeng
dari daerah setempat
· Membuat topeng dengan
teknik dan corak daerah setempat
· Merancang pameran karya
seni rupa buatan sendiri di kelas
|
· Konsep seni , empat cabang seni , fungsi seni,
konsep seni rupa terapan daerah , unsur seni rupa, dan prinsip seni rupa .
· Beragam jenis, fungsi dan makna karya seni rupa
terapan daerah Jawa Tengah
· Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat
(JawaTengah)
1.
Konsep menggambar bentuk
2.
Bentuk kubistis dan silindris
3.
Teknik menggambar bentuk
4.
Prinsip-prinsip menggambar bentuk
5.
Langkah-langkah menggambar bentuk
1.
Konsep menggambar bentuk
2.
Bentuk kubistis dan silindris
3.
Teknik menggambar bentuk
4.
Prinsip-prinsip menggambar bentuk
5.
Langkah-langkah menggambar bentuk
1.
Teknik-teknik
pembuatan benda pakai
2.
Corak-corak
ragam hias daerah setempat
·
Sikap
apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan
daerah setempat
· Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter
hasil karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat
· Bentuk-bentukTopeng
· Konsep
keramik sebagai benda pakai dan benda hias, jenis, bahan, alat, dan teknik
pembuatan
· Pameran
karya seni rupa daerah setempat, meliputi: konsep, fungsi, perlengkapan, dan perencanaan
|
· Dapat menyebutkan contoh karya seni rupa terapan daerah
setempat.
· Dapat mendefinisikan teknik pembuatan karya seni rupa
terapan daerah setempat
· Dapat menyebutkan benda-benda kubistis dan
silindris
· Dapat menyebutkan teknik-teknik yang digunakan
dalam membuat benda pakai
· Dapat menyebutkan pengertian dari benda hias.
· Dapat mendeskripsikan teknik-teknik dalam menggambar bentuk
· Dapat menyebutkan prinsip-prinsip komposisi
dalam menggambar bentuk
· Dapat menyebutkan jenis-jenis seni kriya
· Dapat menyebutkan contoh benda pakai dan benda hias yang
ada di sekitar
.
· Dapat menjelaskan tujuan pameran kelas.
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Sub
Mapel : Seni Rupa. Materi Kelas : VIII (Delapan)
SMT
|
SK/KD
|
INDIKATOR KOMPETENSI
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
NOMOR SOAL
|
1
|
2
|
3
|
5
|
6
|
7
|
1
2
|
1.
Mengapresiasi
Karya Seni Rupa
1.1.Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan
Nusantara
1.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan
gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara
2.
Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa
2.1. Merancang
karya seni kriya tekstil dengan teknik
dan corak seni rupa terapan Nusantara
2.2. Membuat
karya seni kriya tekstil dengan teknik
dan corak seni rupa terapan Nusantara
2.3.
Mengekspresikan diri melalui karya
seni lukis/gambar
9. Mengapresiasi karya seni rupa
9.1.
Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Nusantara
10. Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa
10.1.
Membuat karya seni kriya tekstil
dengan teknik dan corak seni rupa
terapan Nusantara
|
·
Menunjukkan keanekaragaman jenis, bahan dan teknik pembuatan
tekstil nusantara,
·
Mampu
mendeskripsikan makna dan fungsi Tekstils nusantara.
·
Membuat kliping
tentang karya seni tekstil Nusantara.
·
Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan gagasan, corak ragam hias, bahan dasar dan
teknik karya seni Tekstil nusantara
·
Membuat
bentuk-bentuk ragam hias dan corak karya tekstil Nusantara
·
Membuat
rancangan karya seni kriya tekstil dengan corak ragam hias Nusantara
·
Menghayati proses
penataan pola ragam hias tekstil
·
Mampu berkreasi
dalam menata pola ragam hias tekstil pada permukaan kain.
·
Membuat gambar ilustrasi
·
Mengidentifikasi
beragam jenis karya seni rupa terapan Nusantara.
·
Mengidentifikasi
bentuk dan teknik pembuatan beragam karya seni rupa terapan Nusantara.
·
Membuat benda pakai dan
dengan teknik celup- rintang ( batik jumputan atau tutup celup) dengan
mengambil unsur-unsur seni rupa Nusantara,
|
1.
Pengertian seni
rupa terapan nusantara.
2.
Jenis karya seni
rupa terapan nusantara.
3.
Tehnik pembuatan, fungsi dan makna karya seni rupa terapan
nusantara.
· Nilai estetis dan praktis karya seni rupa terapan nusantara.
· Fungsi karya seni rupa terapan nusantara
· Makna karya seni
rupa terapan nusantara.
· Teknik pembuatan karya seni rupa terapan nusantara
·
Konsep batik
·
Menggambar
desain ragam hias untuk pola batik
·
Konsep batik
·
Bahan, alat, dan
teknik membatik
·
Langkah-langkah
membatik
·
Konsep
gambar ilustrasi
·
Unsur-unsur
gambar ilustrasi
·
Corak gambar
ilustrasi
·
Ragam gambar
ilustrasi
· Beragam karya seni rupa terapan
Nusantara
· Ragam hias Nusantara
·
Pengetahuan
seni grafis dan teknik pembuatan seni grafis
|
·
Dapat
mengklasifikasikan jenis-jenis tekstil nusantara berdasarkan bahannya
· Dapat mengklasifikasikan jenis-jenis tekstil nusantara berdasarkan tekniknya.
·
Dapat menyebutkan
fungsi karya seni rupa terapan Nusantara.
·
Dapat
menjelaskan makna karya seni rupa terapan Nusantara
·
Dapat menjelaskan teknik pembuatan desain
pola batik.
·
Dapat
mendeskripsikan langkah-langkah dalam membatik
·
Dapat menjelaskan pengertian gambar
ilustrasi
·
Dapat
mendeskripsikan unsur-unsur utama dalam menggambar ilustrasi
·
Dapat
mendefinisikan ciri khas ragam hias Nusantara
·
Dapat menjelaskan teknik pembuatan seni
grafis
|
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
|
Sub
Mapel : Seni Rupa. Materi Kelas : IX (Sembilan)
SMT
|
SK/KD
|
INDIKATOR KOMPETENSI
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
NOMOR SOAL
|
1
|
2
|
3
|
5
|
6
|
7
|
1
2
|
1.
Mengapresiasi
karya seni rupa
1.1. Mengidentifikasi seni rupa
murni yang diciptakan di daerah setempat
1.2. Menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni daerah setempat
2.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
2.1. Memilih
unsur seni rupa Nusantara untuk dikembangkan menjadi karya seni murni
2.2. Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa murni
yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara
9. Mengapresiasi
karya seni rupa
9.1.
Mengidentifikasi karya seni rupa murni yang diciptakan di Indonesia
9.2. Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan
gagasan dan teknik dalam karya seni rupa murni Indonesia
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni
rupa
10.1. Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan
mancanegara di luar Asia
10.2. Menyiapkan
karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran di sekolah atau di luar sekolah
10.3. Menata
karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran di sekolah atau di luar
sekolah.
|
·
Mengidentifikasi
beragam karya seni rupa murni
daerah setempat
·
Mengkaji
perkembangan seni rupa murni daerah setempat
·
Mendeskripsikan keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa murni
daerah setempat
·
Membuat tanggap
an tentang karya seni rupa murni daerah setempat
·
Membuat
rancangan/ gambar desain karya seni
rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara
·
Membuat karya seni rupa murni yang dikembangkan
dari unsur seni rupa Nusantara
·
Mengidentifikasi
beragam karya seni rupa murni dua dan tiga dimensi
Indonesia
·
Mendeskripsikan karya seni rupa murni Indonesia dari segi
bahan, teknik dan latar belakang pembuatan, seniman penciptanya dan
sebagainya
·
Menanggapi
keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni Indonesia
·
Membuat karya seni rupa murni dengan
mengembangkan unsur seni rupa Nusantra dan mancanegara di luar Asia
·
Menyiapkan karya seni rupa untuk pameran
·
Mengorganisir
pelaksanaan pameran karya seni rupa
·
Membuat
laporan pelaksanaan pameran
|
· Pengertian seni rupa murni daerah
· Ragam karya seni rupa murni daerah (Jawa Tengah): seni
lukis, dan seni patung.
· Tema seni rupa murni
· Gaya seni rupa murni
·
Keunikan gagasan/tema
dan gaya seni rupa murni daerah (Jawa Tengah)
·
Teknik pembuatan
karya seni rupa murni daerah (Jawa Tengah)
· Pilihlah unsur
seni rupa murni nusantara dengan menyebutkan tema dan gayanya!
· Konsep seni lukis
· Bahan dan alat melukis
· Teknik melukis
· Langkah-langkah melukis
· Pengertian seni rupa murni nusantara
· Jenis karya seni rupa murni: seni lukis,
seni patung, dan seni grafis
· Gaya seni rupa: tradisional, modern, dan
posmodern
· Keunikan gagasan karya seni rupa murni
nusantara
· Teknik pembuatan karya seni rupa murni
nusantara
· Pengertian seni patung
· Fungsi patung
· Corak patung
· Jenis patung
· Bahan dan alat patung
· Teknik pembuatan patung
· Langkah-langkah membuat patung
· Pengertian pameran seni rupa di sekolah
· Persiapan pameran
· Pengorganisasian pameran
· Penataan ruang pameran seni rupa di
sekolah
· Pelaksanaan pameran seni rupa di sekolah
· Penilaian pelaksanaan pameran seni rupa
di sekolah
|
Ü Dapat mendefinisikan pengertian seni rupa murni
Ü Dapat menyebutkan contoh karya seni rupa murni
Ü Dapat menyebutkan ragam karya seni rupa murni daerah
Jawa.
Ü Dapat mendeskripsikan tema karya seni rupa murni daerah
Jawa Tengah
Ü Dapat menyebutkan tema seni lukis, patung, atau grafis.
Ü Dapat menyebutkan aliran-aliran seni lukis
Ü Dapat menyebutkan ciri-ciri seni lukis daerah di Nusantara.
Ü Dapat menyebutkan istilah-istilah dalam seni rupa
murni. Misal: tekstur, relief, karikatur, siluet, ekspresi, dll.
Ü Dapat menyebutkan teknik-teknik dalam melukis
Ü Dapat menyebutkan unsir-unsur dalam seni rupa.
Ü Dapat medeskripsikan tema karya seni lukis Nusantara
Ü Dapat membedakan pengertian menggambar dan melukis
Ü Dapat menyebutkan media yang digunakan dalam melukis
Ü Dapat menjelaskan langkah-langkah dalam melukis
Ü Dapat menjelaskan pengertian patung.
Ü Dapat mengidentifikasi jenis-jenis karya
seni rupa murni
Ü Dapat menyebutkan jenis-jenis patung
Ü Dapat mendeskripsikan gaya-gaya patung
Ü Dapat menyebutkan bahan/ media dalam membuat patung.
Ü Dapat mendefinisikan teknik pembuatan
karya seni rupa murni Nusantara
Ü Dapat mendeskripsikan pengertian patung.
Ü Dapat menyebutkan fungsi patung.
Ü Dapat menjelaskan teknik dalam pembuatan
patung.
Ü Dapat mendeskripsikan langkah-langkah
dalam membuat patung
Ü Dapat mendeskripsikan pengertian pameran
Ü Dapat mendeskripsikan denah ruang pameran.
Ü Dapat menyeleksi karya untuk pameran
Ü Dapat mendeskripsikan susunan struktur organisasi dalam
pameran.
Ü Dapat menjelaskan langkah-langkah dalam pelaksanaan
pameran.
Ü Dapat mendeskripsikan teknik penataan
ruang pameran di sekolah
|
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
49
50
|
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
(US)
PRAKTIKUM
SENI BUDAYA KELAS IX
KISI-KISI SOAL
UJIAN SEKOLAH PRAKTIKUM
KELAS IX
Satuan
Pendidikan : SMP/ MTs Alokasi Waktu: 120 Menit
Mata
Pelajaran: Seni Budaya SMP Bentuk Soal: Praktikum
Sub
Mapel: Seni Rupa Materi Kelas: VII/ VIII/ IX
Kelas
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR KOMPETENSI
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
NOMOR SOAL
|
1
|
2
|
3
|
5
|
6
|
7
|
VII
VIII
IX
|
2.1. Menggambar
bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
10.2. Mengekspresikan
diri melalui karya seni grafis
10.1. Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara
di luar Asia
|
· Membuat sketsa gambar benda silindris dan kubistis
· Membuat gambar benda kubistis dan silindris dari karya
seni rupa terapan daerah setempat
·
Membuat benda
pakai dan atau benda hias dengan teknik sablon mengambil corak seni rupa terapan Nusantara
·
Membuat karya seni rupa murni dengan
mengembangkan unsur seni rupa Nusantra dan mancanegara di luar Asia
|
·
Konsep menggambar bentuk
·
Bentuk kubistis dan silindris
·
Teknik menggambar bentuk
·
Prinsip-prinsip menggambar bentuk
·
Langkah-langkah menggambar bentuk
·
Pengetahuan
seni grafis dan teknik pembuatan seni grafis.
· Seni Lukis murni
· Seni patung murni
|
·
(*) Dapat
menggambar benda-benda bentuk silindris / kubistis yang disediakan guru
dengan media pensil, pensil warna, crayon, atau media lain di atas kertas.
·
(*)
Dapat membuat benda pakai (sapu tangan, taplak meja, sleyer, dll) dengan teknik cetak sablon menggunakan corak
seni rupa terapan Nusantara .
·
(*)
Dapat membuat sebuah karya seni rupa
murni 2 atau 3 dimensi dengan mengembangkan unsur seni rupa Nusantara dan
mancanegara di luar Asia
|
VII
VIII
IX
|
2.1. Menggambar
bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
10.2. Mengekspresikan
diri melalui karya seni grafis
10.1. Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan
mancanegara di luar Asia
|
· Membuat sketsa gambar benda silindris dan kubistis
· Membuat gambar benda kubistis dan silindris dari karya
seni rupa terapan daerah setempat
·
Membuat benda
pakai dan atau benda hias dengan teknik sablon mengambil corak seni rupa terapan Nusantara
·
Membuat karya seni rupa murni dengan
mengembangkan unsur seni rupa Nusantra dan mancanegara di luar Asia
|
·
Konsep menggambar bentuk
·
Bentuk kubistis dan silindris
·
Teknik menggambar bentuk
·
Prinsip-prinsip menggambar bentuk
·
Langkah-langkah menggambar bentuk
·
Pengetahuan
seni grafis dan teknik pembuatan seni grafis.
· Seni Lukis murni
· Seni patung murni
|
·
(*) Dapat
menggambar benda-benda bentuk silindris / kubistis yang disediakan guru
dengan media pensil, pensil warna, crayon, atau media lain di atas kertas.
·
(*)
Dapat membuat benda pakai (sapu tangan, taplak meja, sleyer, dll) dengan teknik cetak sablon menggunakan corak
seni rupa terapan Nusantara .
·
(*)
Dapat membuat sebuah karya seni rupa
murni 2 atau 3 dimensi dengan mengembangkan unsur seni rupa Nusantara dan
mancanegara di luar Asia
|
salut n trims infox
BalasHapusAlhamdulillah , terima kasih, semoga bermanfaat
BalasHapusAlhamdulillah , terima kasih,
BalasHapus