Kamis, 22 Desember 2011

RPP SENI BUDAYA BERKARAKTER IX SMT 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                    :  ................................
Mata Pelajaran             : Seni Budaya / Seni Rupa
Kelas/Semester                        : IX / I
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit
Satandar Kompetensi   : 1     Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar       :  1.1 Mengidentifikasi seni rupa murni yang
                                                 diciptakan di daerah setempat          

A.     Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
  1. Mendefinisikan seni rupa murni daerah
  2. Menyebutkan dua jenis karya seni rupa murni dari daerah (Jateng)
  3. Menyebutkan tema karya seni rupa murni
  4. Menyebutkan gaya seni rupa murni daerah (Jateng)

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     Materi Ajar
·         Pengertian seni rupa murni daerah
·         Ragam karya seni rupa murni daerah (Jawa Tengah): seni lukis, dan seni patung.
·         Tema seni rupa murni
·         Gaya seni rupa murni

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL, Diskusi, Pemberian Tugas

D.     Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·         Tanya jawab beberapa hal tentang seni rupa murni

  1. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melihat tayangan gambar seni lukis dan patung
F  Membaca buku teks tentang seni rupa murni daerah
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Mendiskusikan tentang seni rupa murni daerah
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menyimpulkan materi pembelajaran

E.     Sumber Belajar
·         Buku teks Seni Budaya
·         Media elektronok: laptop dan LCD proyektor
·         Gambar seni lukis dan seni patung

F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mengidentifikasi beragam  karya seni rupa murni daerah setempat
Ü  Mengkaji perkembangan seni rupa murni daerah setempat
Tes tertulis
Tes uraian
Ü  Tuliskan sedikitnya 2 karya seni rupa murni yang ada di daerahmu.
Ü  Berikan penjelasan masing-masing contoh mengenai jenis, bentuk, teknik pembuatan dan maknanya
Ü  Jelaskan secara singkat sejarah perkembangannya
Ü  Sebutkan pengertian seni rupa murni daerah!
Ü  Sebutkan dua jenis karya seni rupa murni (Jawa Tengah)!
Ü  Sebutkan tema seni rupa murni!
Ü  Sebutkan gaya seni rupa murni daerah (Jawa Tengah)!




Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                                    :  ................................
Mata Pelajaran             : Seni Budaya / Seni Rupa
Kelas/Semester                        : IX / I
Alokasi Waktu             : 2 x 40 Menit
Standar Kompetensi     : 1.   Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar       : 1.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap
                                            keunikan gagasan dan teknik seni rupa
                                            murni daerah setempat.

A.     Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
  1. Menjelaskan keunikan gagasan seni rupa murni daerah (Jawa Tengah)
  2. Menjelaskan teknik pembuatan karya seni rupa murni daerah (Jawa Tengah)
3.      Membuat kliping karya seni rupa murni daerah (Jawa Tengah)

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     Materi Ajar
·         Keunikan gagasan/tema  dan gaya seni rupa murni daerah (Jawa
      Tengah)
·         Teknik pembuatan karya seni rupa murni daerah (Jawa Tengah)

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL, Diskusi, Pemberian Tugas

D.     Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·            Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·            Tanya jawab beberapa hal tentang wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan

  1. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membaca buku teks seni budaya tentang keunikan dan teknik
F  Melihat tayangan gambar karya seni rupa murni daerah (Jawa Tengah)
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membuat kliping karya seni rupa murni dari (Jawa Tengah)
F  Mendiskusikan tentang seni rupa murni daerah
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menyimpulkan materi pembelajaran

E.     Sumber belajar
·            Buku teks Seni Budaya
·            Media Elektronik : laptop dan LCD proyektor

F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mendeskripsikan keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa murni daerah setempat
Ü  Membuat tanggap an  tentang karya seni rupa murni  daerah setempat
Penugas
an individu/
kelompok

Tes praktik
/kinerja

Tugas Rumah

Tes identifikasi
Ü  Buatlah kliping  berupa gambar dan tulisan tentang keunikan karya seni rupa murni daerahmu
Ü  Presentasikan hasil klipingmu
Ü  Jelaskan keunikan gagasan/tema seni rupa murni daerah (Jawa tengah)!
Ü  Jelaskan teknik pembuatan karya seni rupa murni daerah (Jawa Tengah)!


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                                    :  ................................
Mata Pelajaran             : Seni Budaya / Seni Rupa
Kelas/Semester                        : IX / I
Alokasi Waktu             : 4 x 40 Menit ( 2X Pertemuan )
Standar Kompetensi     : 2.    Mengekspresikan diri melalui karya seni  rupa
Kompetensi Dasar       : 2.1 Memilih unsur seni rupa nusantara untuk
                                            dikembangkan menjadi karya seni murni

A.     Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
  1. Memilih unsur seni rupa murni nusantara: tema dan gaya

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.     Materi Ajar
·         Pilihlah  unsur seni rupa murni nusantara dengan menyebutkan tema dan gayanya!

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL, Tanya jawab, Pemberian Tugas

D.     Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan pertama dan kedua :
  1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·         Tanya jawab tentang karya seni rupa murni

  1. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membaca buku teks seni budaya tentang tema dan gaya seni rupa murni
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Mendiskusikan unsur-unsur seni rupa murni nusantara
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan



3 Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menyimpulkan materi pembelajaran

A.     Sumber Belajar
·         Buku teks Seni Budaya 
·         Media Elektronik : LCD proyektor

B.     Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Membuat rancangan/ gambar desain  karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara
Tes praktik
/kinerja
Tes uji petik kerja

Ü  Buatlah gambar desain  karya seni rupa murni  2 dimensi atau 3 dimensi dengan mengembangkan unsur seni rupa Nusantara.


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                                    :  ................................
Mata Pelajaran             : Seni Budaya / Seni Rupa
Kelas/Semester                        : IX / I
Alokasi Waktu             : 6 x 40 Menit ( 3x pertemuan )
Standar Kompetensi     : 2.    Mengekspresikan diri melalui karya seni  rupa
Kompetensi Dasar       : 2.2 Mengekspresikan diri melalui karya seni
                                            rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa nusantara 

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu
  1. Mendefinisikan seni lukis
  2. Menggunakan bahan dan alat melukis
  3. Membuat  karya seni lukis

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. Materi Ajar
·         Konsep seni lukis
·         Bahan dan alat melukis
·         Teknik melukis
·         Langkah-langkah melukis

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL, Tanya jawab, Demonstrasi, Pemberian Tugas

D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan pertama, kedua dan ketiga :
1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Pemberian informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·         Tanya jawab tentang karya seni rupa murni

  1. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membaca buku teks seni budaya: seni lukis
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Berlatih menggunakan bahan dan alat melukis
F  Membuat karya seni lukis
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;


§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3 Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menyimpulkan materi pembelajaran
F  Menunjukkan karya seni lukis siswa yang terbaik

E. Sumber Belajar
·         Buku teks Seni Budaya 
·         Media Elektronik : LCD proyektor
·         Bahan dan alat lukis

F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Membuat  karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara
Tes praktik
/kinerja
Tes uji petik kerja

Ü  Buatlah karya seni rupa murni sesuai dengan gambar disainmu


Kriteria penilaian seni lukis
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Ide





Kreativitas





Teknik





Karakteristik










Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                        : ................................
Kelas                                            : IX 
Mata Pelajaran                           : Seni Budaya / Seni Musik
Semester                                      : 1 (satu)
Alokasi Waktu                            : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )

Standar kompetensi
:
3. Mengapresiasi karya seni rupa.
Kompetensi dasar
:
3.1 Mengidentifikasi lagu mancanegara di Asia

I.        Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
1.      Menentukan asal musik yang diperdengarkan
2.      Menjelaskan ciri-ciri dan unsur budaya khas musik mancanegara.
3.      Menyimpulkan fungsi sosial musik dalam budaya mancanegara.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

II.     Materi Ajar
Musik mancanegara.

III.  Metode Pembelajaran
Pengamatan, diskusi  dengan metode pendekatan CTL dan Life skill.

IV.   Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama dan kedua :
a.       Kegiatan pembelajaran
apresiasi  dan motivasi  :
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa, mengenai materi yang akan disajikan.

b.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik Mendengarkan lagu-lagu mancanegara Asia melalui DVD, VCD, CD, kaset.
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Mendiskusikan tentang ciri-ciri dan unsur-unsur budaya khas musik mancanegara.
F  Melakukan tanya jawab tentang musik yang sudah diperdengarkan.
F  Memberikan tanggapan pribadi secara lisan atau tertulis.
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
F  Menyimpulkan materi pembelajaran.

V.      Alat/Sumber Belajar
Buku “Seni Budaya .
Lagu-lagu mancanegara
Asia, DVD, VCD, CD, kaset

VI.   Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Menyebutkan jenis  musik mancanegara yang diperdengarkan
Ü  Mengidentifikasi ciri-ciri dan unsur dari musik mancanegara
Ü  Menyimpulkan fungsi sosial , sejarah musik mancanegara
Tes praktik
/kinerja
Tes uji petik kerja

Ü  Sebutka 4 jenis lagu mancanegara   yang kamu ketahui dengan cirinya masing-masing!
Ü  Sebutkan fungsi sosial/makna  dari musik yang didengar!



Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                        : ................................
Kelas                                           : IX 
Semester                                      : 1 (satu)
Mata Pelajaran                           : Seni Budaya / Seni Musik
Alokasi Waktu                            : 4 x 40 menit  ( 2x pertemuan )
Standar kompetensi
:
Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi dasar
:
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu mancanegara di Asia.
A.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
§  Menyanyikan lagu mancanegara di Asia (Lagu “Amayadori”)
§  Memberikan apresiasi terhadap keunikan lagu mancanegara di Asia.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
B.     Materi Ajar
Lagu mancanegara  ( Musik Jepang )

C.     Metode Pembelajaran
Model pendekatan Ctl life skill

D.     Langkah – langkah pembelajaran
Pertemuan I  dan II
a.   Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.

b.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik Mendengarkan lagu-lagu mancanegara melalui CD/VCD/kaset/guru.
F  peserta didik Mengapresiasikan keunikan lagu mancanegara di Asia
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan.
F  Mendiskusikan tentang elemen-elemen musik seperti : irama, tempo, nada serta dinamika.
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
F  Menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     Alat/Sumber Belajar
Buku “Seni Budaya .
Lagu-lagu mancanegara, VCD, CD, kaset, guru

F.      Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Menemukan informasi tentang komponis mancanegara di Asia
Ü  Menyebutkan karya komponis dan aliran musiknya
Ü  Menuliskan keunikan  dan pesan dari musik
Ü  Menuliskan keistimewaan dari komponis mancanegara di Asia
Tes praktik
/kinerja
Tes uji petik kerja

Ü  Tuliskan 3 komponis beserta karya musiknya!
Ü  Tuliskan keunikan dari komponis mancanegara di Asia.
Ü  Tuliskan hal-hal yang dapat diteladani dari komponis
Ü  Dari manakan asal musik yang diperdengarkan?
Ü  Sebutkan ciri-ciri musik mancanegara?
Ü  Jelaskan fungsi sosial musik mancanegara!
Ü  Jelaskan makna / pesan musik yang diperdengarkan!
Ü  Apresiasikan lagu yang diperdengarkan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar