Kamis, 22 Desember 2011

SILABUS SENI BUDAYA NASIONALISME


SILABUS PENGINTEGRASIAN MATERI
PEMBINAAN NASIONALISME DALAM KURIKULUM SEKOLAH
Sekolah                  : SMP/MTs
Mata Pelajaran       : Seni Budaya

No
Kelas
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Nasionalisme
Metode
Alat / Sumber
Evaluasi
1
VII
1
1.2
     Membuat tanggapan tertulis
    Mengetahui makna satu
Ceramah
Buku Paket Seni
Berilah tanggapan




tentang keunikan karya seni
bangsa, satu tanah air, dan
Diskusi
Budaya Kelas VII
tentang secara




rupa tradisional daerah setempat
satu bahasa
Tanya jawab Penugasan
Media cetak & elektronik
tertulis tentangkarya seni rupa tradisional di








daerah Nusantara


2
2.3
    Membuat benda pakai dengan



Buatlah benda




memanfaatkan teknik dan corak
     Mengetahui dampak sampah


pakai dengan teknik




seni rupa daerah setempat
terhadap lingkungan


dan corak daerah








setempat dari








barang-barang








bekas


5
5.1
    Menyebutkan jenis-jenis tari


Rekaman audio
Sebutkan jenis-




tunggal daerah setempat
     Dapat menyebutkan minimal

visual
jenis tari etnik





3 warisan Bangsa

pertunju-kan
(tunggal)





Indonesiaudaya

tari








guru tari



8
8.3
    Melakukan prinsip kerjasama



Lakukanlah latihan




dalam berteater


Naskah drama
teater bersama





    Dapat bekerja kelompok


sesuai dengan





dengan kawan


tema





     Memiliki rasa solidaritas dan








kesetiakawanan di sekolah








     Menjaga kerukunan dan keharmonisan di dalam kelas/sekolah



2
VIII
1
1.1
   Mendeskripsikan beragam jenis,
   Mampu mendeskripsikan
Ceramah
Buku Paket Seni
makna simbolik apa




bentuk dan teknik pembuatan
makna yang terkandung dalam
Diskusi
Budaya KelasVIII
yang terdapat pada




dan makna karya seni rupa Nusantara
simbul perisai Garuda Pancasila
Tanya jawab Penugasan
Media cetak & elektronik
bentuk lambang negara kita



1.2
• Membuat t tanggapan/ pendapat
    Menunjukkan sikap hormat







tertulis tentang beragam karya seni Nusantara berdasarkan latar
terhadap lambang Negara







belakang penciptaan karya



Buatlah gambar


2
2.3



Kertas gambar
sketsa tema objek




• Membuat sketsa lingkunga sekolah dengan tinta cina
     Berani melakukan tantangan dalam kegiatan luar ruangan

Tinta Cina
lingkungan sekolah dengan media tinta cina


3
3.2
• Menuliskan/mengutarakan keunikan /keindahan dan pesan
     Dapat menyanyikan dan

Partitur lagu-lagu Perjuangan
Tuliskan pendapatmu mengenai makna




dari lagu yang didengar
menjelaskan makna syairyang


lagu perjuangan





terdapat dalam lagu








perjuanggan minimal 3 buah








lagu








    Dapat menyanyikan 3 lagu pop






4.2

yang bernafaska


Tampilkan hasil





perjuangan/cinta tanah air

Partitur lagu-
aransemen lagu




  Memainkan sebuah lagu
serta menjelaskan makna

lagu Perjuangan
etnik dengan alat




perjuangan   yang sudah


Rerordpr
musik (sumber




diaransir dengan menggunakan
syairnya


bunyi) yang dipilih




alat musik / sumber bunyi yang








ada



Jelaskan dengan


5
5.1

     Dapat bekerja kelompok

Rekaman audio
singkat:




    Mengidentifikasi ciri-ciri khas tari dari beberapa daerah di Nusantara
dengan kawan •     Mampu menjaga amanah dan kepercayaan yang diberikan

visual pertunjukan tari
Nama seni tari berdasarkan gambar yang disajikan





    Mengetahui makna satu








bangsa, satu tanah air, dan








satu bahasa











Tampilkan karya


8
8.4


Uji kerja

yang sudah






prosedur dan
Naskah
dilatihkan didepan






produk
teater/drama
kelas/sekolah




• Mempergelarkan peran/karakter








, tertentu secara sederhana









     Mempraktekkan drama








peristiwa proklamasi








kemerdekaan di kelas








     Mengetahui makna satu








bangsa, satu tanah air dan








satu bahasa








     Bersikap sesuai norma dan








etika yang berlaku dalam








masyarakat








     Memiliki kejujuran dalam








perkataan dan perbuatan








    Mampu mejaga amanah dan








kepercayaan yang diberikan








    Terbiasa berbicara dengan








bahasa Indonesia di








dalamkelas/sekolah








    Dapat bekerja kelompok








dengan kawan








     Memiliki rasa solidaritas dan








setiakawan di sekolah



3
IX
2
2.2
    Membuat karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Mancanegara.
    Selalu menjaga norma kesusilaan dan norma kesopanan
Ceramah Diskusi Penugasan
VCD Buku teks karya-karya seni rupa mancanegara
Buatlah karya seni patung yang dikembangkan dari unsur seni rupa Mancanegara dengan mencerminkan nilai-nilaiPancasila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar