SILABUS PENGINTEGRASIAN
MATERI
PEMBINAAN NASIONALISME DALAM KURIKULUM
SEKOLAH
Sekolah
: SMP/MTs
Mata
Pelajaran : Seni Budaya
No
|
Kelas
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Nasionalisme
|
Metode
|
Alat /
Sumber
|
Evaluasi
|
1
|
VII
|
1
|
1.2
|
• Membuat tanggapan tertulis
|
• Mengetahui makna satu
|
Ceramah
|
Buku Paket Seni
|
Berilah
tanggapan
|
|
|
|
|
tentang
keunikan karya seni
|
bangsa, satu tanah air, dan
|
Diskusi
|
Budaya
Kelas VII
|
tentang
secara
|
|
|
|
|
rupa tradisional daerah setempat
|
satu bahasa
|
Tanya jawab Penugasan
|
Media
cetak & elektronik
|
tertulis tentangkarya seni rupa tradisional di
|
|
|
|
|
|
|
|
|
daerah
Nusantara
|
|
|
2
|
2.3
|
• Membuat benda pakai dengan
|
|
|
|
Buatlah
benda
|
|
|
|
|
memanfaatkan teknik dan corak
|
• Mengetahui dampak sampah
|
|
|
pakai
dengan teknik
|
|
|
|
|
seni rupa daerah setempat
|
terhadap lingkungan
|
|
|
dan corak
daerah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
setempat
dari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
barang-barang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
bekas
|
|
|
5
|
5.1
|
• Menyebutkan jenis-jenis tari
|
|
|
Rekaman
audio
|
Sebutkan
jenis-
|
|
|
|
|
tunggal daerah setempat
|
• Dapat menyebutkan minimal
|
|
visual
|
jenis
tari etnik
|
|
|
|
|
|
3 warisan Bangsa
|
|
pertunju-kan
|
(tunggal)
|
|
|
|
|
|
Indonesiaudaya
|
|
tari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
guru tari
|
|
|
|
8
|
8.3
|
• Melakukan prinsip kerjasama
|
|
|
|
Lakukanlah
latihan
|
|
|
|
|
dalam berteater
|
|
|
Naskah
drama
|
teater
bersama
|
|
|
|
|
|
• Dapat bekerja kelompok
|
|
|
sesuai
dengan
|
|
|
|
|
|
dengan kawan
|
|
|
tema
|
|
|
|
|
|
• Memiliki rasa solidaritas dan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
kesetiakawanan di sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Menjaga kerukunan dan keharmonisan di
dalam kelas/sekolah
|
|
|
|
2
|
VIII
|
1
|
1.1
|
•
Mendeskripsikan beragam jenis,
|
• Mampu mendeskripsikan
|
Ceramah
|
Buku Paket Seni
|
makna simbolik apa
|
|
|
|
|
bentuk dan teknik pembuatan
|
makna
yang terkandung dalam
|
Diskusi
|
Budaya KelasVIII
|
yang terdapat pada
|
|
|
|
|
dan makna karya seni rupa Nusantara
|
simbul
perisai Garuda Pancasila
|
Tanya jawab Penugasan
|
Media cetak & elektronik
|
bentuk lambang negara kita
|
|
|
|
1.2
|
• Membuat t tanggapan/ pendapat
|
• Menunjukkan sikap hormat
|
|
|
|
|
|
|
|
tertulis tentang beragam karya seni
Nusantara berdasarkan latar
|
terhadap
lambang Negara
|
|
|
|
|
|
|
|
belakang penciptaan karya
|
|
|
|
Buatlah gambar
|
|
|
2
|
2.3
|
|
|
|
Kertas gambar
|
sketsa tema objek
|
|
|
|
|
• Membuat sketsa lingkunga sekolah dengan
tinta cina
|
• Berani melakukan tantangan dalam
kegiatan luar ruangan
|
|
Tinta Cina
|
lingkungan sekolah dengan media tinta cina
|
|
|
3
|
3.2
|
• Menuliskan/mengutarakan keunikan
/keindahan dan pesan
|
• Dapat menyanyikan dan
|
|
Partitur lagu-lagu Perjuangan
|
Tuliskan pendapatmu mengenai makna
|
|
|
|
|
dari lagu yang didengar
|
menjelaskan
makna syairyang
|
|
|
lagu perjuangan
|
|
|
|
|
|
terdapat
dalam lagu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
perjuanggan
minimal 3 buah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
lagu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Dapat menyanyikan 3 lagu pop
|
|
|
|
|
|
|
4.2
|
|
yang
bernafaska
|
|
|
Tampilkan hasil
|
|
|
|
|
|
perjuangan/cinta
tanah air
|
|
Partitur lagu-
|
aransemen lagu
|
|
|
|
|
•
Memainkan sebuah lagu
|
serta
menjelaskan makna
|
|
lagu Perjuangan
|
etnik dengan alat
|
|
|
|
|
perjuangan
yang sudah
|
|
|
Rerordpr
|
musik (sumber
|
|
|
|
|
diaransir dengan menggunakan
|
syairnya
|
|
|
bunyi) yang dipilih
|
|
|
|
|
alat musik / sumber bunyi yang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
ada
|
|
|
|
Jelaskan dengan
|
|
|
5
|
5.1
|
|
• Dapat bekerja kelompok
|
|
Rekaman audio
|
singkat:
|
|
|
|
|
•
Mengidentifikasi ciri-ciri khas tari dari beberapa daerah di Nusantara
|
dengan
kawan • Mampu menjaga amanah dan
kepercayaan yang diberikan
|
|
visual pertunjukan tari
|
Nama seni tari berdasarkan gambar yang
disajikan
|
|
|
|
|
|
• Mengetahui makna satu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
bangsa,
satu tanah air, dan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
satu
bahasa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tampilkan karya
|
|
|
8
|
8.4
|
|
|
Uji kerja
|
|
yang sudah
|
|
|
|
|
|
|
prosedur dan
|
Naskah
|
dilatihkan didepan
|
|
|
|
|
|
|
produk
|
teater/drama
|
kelas/sekolah
|
|
|
|
|
• Mempergelarkan peran/karakter
|
|
|
|
|
|
|
|
|
, tertentu secara sederhana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Mempraktekkan drama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
peristiwa
proklamasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
kemerdekaan
di kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Mengetahui makna satu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
bangsa,
satu tanah air dan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
satu
bahasa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Bersikap sesuai norma dan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
etika
yang berlaku dalam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
masyarakat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Memiliki kejujuran dalam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
perkataan
dan perbuatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Mampu mejaga amanah dan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
kepercayaan
yang diberikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Terbiasa berbicara dengan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
bahasa
Indonesia di
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dalamkelas/sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Dapat bekerja kelompok
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dengan
kawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Memiliki rasa solidaritas dan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
setiakawan
di sekolah
|
|
|
|
3
|
IX
|
2
|
2.2
|
•
Membuat karya seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa
Mancanegara.
|
• Selalu menjaga norma kesusilaan dan norma
kesopanan
|
Ceramah Diskusi Penugasan
|
VCD Buku teks karya-karya seni rupa
mancanegara
|
Buatlah karya seni patung yang dikembangkan
dari unsur seni rupa Mancanegara dengan mencerminkan nilai-nilaiPancasila
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar