STANDAR KOMPETENSI DAN
KOMPETENSI DASAR
Satuan Pendidikan :
Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidayah (MI)
Mata Pelajaran : Seni Budaya dan Keterampilan
A. Latar Belakang
Muatan seni budaya
dan keterampilan sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah
Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan tidak hanya terdapat dalam satu mata
pelajaran karena budaya itu sendiri meliputi segala aspek kehidupan. Dalam mata pelajaran Seni Budaya dan
Keterampilan, aspek budaya tidak dibahas secara tersendiri tetapi terintegrasi
dengan seni. Karena itu, mata pelajaran
Seni Budaya dan Keterampilan pada dasarnya merupakan pendidikan seni yang
berbasis budaya.
Pendidikan Seni
Budaya dan Keterampilan diberikan di
sekolah karena keunikan perannya yang tak mampu diemban oleh mata pelajaran
lain. Keunikan tersebut terletak pada
pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi/berkreasi dan
berapresiasi melalui pendekatan:
“belajar dengan seni,” “belajar melalui seni” dan “belajar tentang seni.”
Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan memiliki
sifat multilingual, multidimensional, dan multikultural. Multilingual bermakna pengembangan kemampuan
mengekspresikan diri secara kreatif dengan berbagai cara dan media seperti
bahasa rupa, bunyi, gerak, peran dan berbagai perpaduannya. Multidimensional bermakna pengembangan
beragam kompetensi meliputi konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis,
evaluasi), apresiasi, dan kreasi dengan
cara memadukan secara harmonis unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika.
Sifat multikultural mengandung makna pendidikan seni menumbuhkembangkan
kesadaran dan kemampuan apresiasi terhadap beragam budaya Nusantara dan
Mancanegara. Hal ini merupakan wujud pembentukan
sikap demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab serta toleran
dalam masyarakat dan budaya yang majemuk.
Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan memiliki
peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan
kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multikecerdasan yang terdiri atas kecerdasan
intrapersonal, interpersonal, visual
spasial, musikal, linguistik, logik matematik, naturalis serta kecerdasan
adversitas (AQ), kreativitas (CQ), spiritual dan moral (SQ).
Bidang seni rupa,
musik, tari, dan keterampilan memiliki kekhasan tersendiri sesuai dengan kaidah
keilmuan masing-masing. Dalam pendidikan
seni dan keterampilan, aktivitas berkesenian harus menampung kekhasan tersebut
yang tertuang dalam pemberian pengalaman mengembangkan konsepsi, apresiasi, dan
kreasi. Semua ini diperoleh melalui
upaya eksplorasi elemen, prinsip, proses, dan teknik berkarya dalam konteks
budaya masyarakat yang beragam.
B. Tujuan
Mata pelajaran Seni Budaya dan
Keterampilan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan
keterampilan
2. Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni
budaya dan keterampilan
3. Menampilkan kreativitas melalui seni budaya
dan keterampilan
4. Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan
keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan
meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
- Seni rupa, mencakup keterampilan tangan dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya
- Seni musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik
- Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari
- Seni drama, mencakup keterampilan pementasan dengan memadukan seni musik, seni tari dan peran
- Keterampilan, mencakup segala aspek kecakapan hidup ( life skills ) yang meliputi keterampilan personal, keterampilan sosial, keterampilan vokasional dan keterampilan akademik.
Di antara keempat bidang seni yang ditawarkan,
minimal diajarkan satu bidang seni sesuai dengan kemampuan sumberdaya manusia
serta fasilitas yang tersedia. Pada sekolah yang mampu menyelenggarakan pembelajaran
lebih dari satu bidang seni, peserta didik diberi kesempatan untuk memilih
bidang seni yang akan diikutinya. Pada tingkat SD/MI/SDLB, mata pelajaran
Keterampilan ditekankan pada keterampilan vokasional, khusus kerajinan tangan.
D. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Seni Rupa
|
|
||
1.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
1.1
|
Mengidentifikasi unsur rupa pada
benda di alam sekitar
|
|
|
1.2
|
Menunjukkan sikap apresiatif
terhadap unsur rupa pada benda di alam sekitar
|
2.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
|
2.1
|
Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif
|
|
|
2.2
|
Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/menyobek
|
Seni Musik
|
|
|
|
3.
|
Mengapresiasi karya seni musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi unsur/elemen
musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
|
|
3.2
|
Mengelompokkan bunyi berdasarkan
sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
|
|
3.3
|
Menunjukkan sikap apresiatif
terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
4.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
4.1
|
Menampilkan permainan pola irama
sederhana
|
|
|
4.2
|
Mengekspresikan diri melalui
vokal
|
|
|
4.3
|
Mengekspresikan diri melalui alat
musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
|
|
|
4.4
|
Melafalkan lagu anak-anak
|
|
|
4.5
|
Menyanyikan lagu anak-anak secara
individual, kelompok maupun klasikal
|
Seni Tari
|
|
||
5.
|
Mengapresiasi karya seni tari
|
5.1
|
Mengidentifikasi fungsi tubuh
dalam melaksanakan gerak di tempat
|
|
|
5.2
|
Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
|
|
|
5.3
|
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi
rendah
|
6.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
|
6.1
|
Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerakan spontan
|
|
|
6.2
|
Menampilkan unsur gerak tari di depan penonton
|
Keterangan
Unsur rupa: Meliputi titik, garis, bidang, warna, dan
bentuk (volume, ruang).
Dimensi: Bermakna ukuran.
Dua dimensi mengacu pada benda yang memiliki dua ukuran yakni panjang
dan lebar. Tiga Dimensi mengacu pada
benda yang selain memiliki ukuran panjang dan lebar, juga memiliki ketebalan
(isi, volume,ruang).
Gambar ekspresi: Gambar yang dibuat dengan maksud
menyatakan gagasan/perasaan sendiri, tidak meniru orang lain. Tema disesuaikan dengan situasi atau kondisi
yang aktual.
Teknik menggunting/menyobek: Teknik berkarya seni rupa dengan
menciptakan berbagai bentuk yang dihasilkan dengan cara menggunting/menyobek
bahan semacam kertas/karton.
Elemen musik: Terdiri atas empat unsur yakni: (1) pitch (nada,
melodi, harmoni), (2) tempo (irama), (3) Warna suara, dan (4) dinamika
(keras-lembut).
Dinamik: Semua hal yang berhubungan dengan
perbandingan volume nada (keras lembut).
Sumber bunyi yang dihasilkan
tubuh manusia: siulan,
tepukan tangan, dsb.
Alat musik: Alat musik dapat dibedakan atas: (1) Alat
musik Nusantara atau biasa pula disebut alat musik tradisional yakni alat musik yang dianggap milik etnis di
wilayah Nusantara seperti suling bambu, talempong, talempong, dsb. (2) Alat
musik konvensional yakni alat musik nontradisional seperti gitar, piano, biola,
drum, saxophone, dll; (3) Alat musik non konvensional yakni segala alat/bahan yang dapat menjadi sumber
bunyi seperti batu, kayu, logam, plastik, dsb.
Level: Posisi tinggi rendah dalam melakukan
gerakan tari.
Rangsangan bunyi: Bunyi an yang dimaksudkan untuk menggugah
perasaan peserta didik untuk menggerakkan tubuh
Penonton: teman sekelas, kelas lain, orang tua murid, undangan
Kelas I, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|||
Seni Rupa
|
|
|||
7.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
7.1
|
Mengidentifikasi unsur rupa pada
benda di alam sekitar
|
|
|
|
7.2
|
Menyatakan sikap apresiatif
terhadap unsur rupa pada benda di alam
sekitar
|
|
8.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
|
8.1
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif
|
|
|
|
8.2
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa dua dimensi dengan
teknik menempel
|
|
Seni Musik
|
|
|||
9.
|
Mengapresiasi karya seni musik
|
9.1
|
Mengidentifikasi unsur/elemen
musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam
|
|
|
|
9.2
|
Mengelompokkan bunyi berdasarkan
sumber bunyi yang dihasilkan alam
|
|
|
|
9.3
|
Mengidentifikasi irama dan melodi
sederhana
|
|
10.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
10.1
|
Menampilkan permainan pola irama
dan melodi sederhana
|
|
|
|
10.2
|
Memeragakan dinamik sederhana
|
|
|
|
10.3
|
Mengekspresikan diri melalui
vocal, alat musik atau sumber bunyi sederhana
|
|
|
|
10.4
|
Menyanyikan lagu anak-anak dan
lagu wajib
|
|
Seni Tari
|
|
|||
11.
|
Mengapresiasi karya seni tari
|
11.1
|
Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak
berpindah tempat
|
|
|
|
11.2
|
Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
|
|
|
|
11.3
|
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi
rendah
|
|
12.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari.
|
12.1
|
Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi
|
|
|
12.2
|
Merangkaikan gerak tari sesuai iringan
bunyi
|
||
|
12.3
|
Mengekspresikan diri melalui gerakan sendiri
|
||
Keterangan:
Teknik menempel: Teknik menciptakan karya seni rupa dengan
cara menempelkan berbagai bahan pada bidang datar. Termasuk teknik ini adalah mosaik dan
aplikasi.
Sumber bunyi yang dihasilkan
alam: bunyi tetesan air,
kicauan burung, dsb.
Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|||
Seni Rupa
|
|
|||
1.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
1.1
|
Mengenal unsur rupa pada karya
seni rupa
|
|
|
|
1.2
|
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada karya seni rupa
|
|
2.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
|
2.1
|
Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif
|
|
|
|
2.2
|
Mengekspresikan diri melalui teknik cetak tunggal
|
|
Seni Musik
|
|
|||
3.
|
Mengapresiasi karya seni musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi unsur musik dari
berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik
|
|
|
|
3.2
|
Membedakan antara nada dengan
irama
|
|
4.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
4.1
|
Memeragakan dinamik sederhana
|
|
4.2
|
Mengekspresikan diri melalui alat
musik/sumber bunyi sederhana
|
|||
4.3
|
Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa
iringan sederhana
|
|||
4.4
|
Mementaskan permainan musik dengan alat musik sederhana di depan penonton
|
|||
Seni Tari
|
|
|||
5.
|
Mengapresiasi karya seni tari
|
5.1
|
Mengidentifikasi gerak alam
semesta
|
|
|
|
5.2
|
Menunjukkan sikap apresiatif
terhadap gerak alam semesta
|
|
6.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni tari
|
6.1
|
Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak
|
|
|
|
6.2
|
Menanggapi gerak alam semesta
dalam bentuk gerakan tari
|
|
Keterampilan
|
|
|||
7.
|
Menerapkan teknologi sederhana
dalam keterampilan
|
7.1
|
Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan alam
|
|
|
|
7.2
|
Menyiapkan bahan alam untuk pembuatan cat
|
|
|
|
7.3
|
Membuat cat pewarna dari bahan alam
|
|
Keterangan:
Teknik cetak: Teknik
berkarya seni rupa dengan cara menciptakan gambaran (citra) tidak dengan
goresan langsung tetapi dengan media perantara/klise. Dalam bahasa Inggeris,
teknik cetak disebut printmaking.
Pada teknik cetak tunggal (monoprint),
hasil cetakan hanya satu karena klisenya berubah sesudah digunakan.
Sumber bunyi yang dihasilkan
oleh benda bukan alat khusus musik: sendok yang dipukulkan pada botol, tiupan pada kertas yang terjilid, dsb.
Eksplorasi gerak: adalah kegiatan menggali lebih dalam berbagai gerak
sehingga ditemukan berbagai macam gerak baru.
Kelas II, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Seni Rupa
|
|
||
8.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
8.1
|
Mengidentifikasi unsur rupa pada
karya seni rupa
|
|
|
8.2
|
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada karya seni rupa
|
9.
|
Mengekspresikan diri melalui seni rupa.
|
9.1
|
Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresi
|
|
|
9.2
|
Menggunakan klise cetak timbul
|
|
|
9.3
|
Mengekspresikan diri melalui teknik cetak timbul
|
Seni Musik
|
|
||
10.
|
Mengenal unsur musik
|
10.1
|
Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan
alat musik konvensional
|
|
|
10.2
|
Membedakan antara nada dengan
irama
|
11.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
11.1
|
Memeragakan dinamik sederhana
|
|
11.2
|
Mengekspresikan diri melalui alat
musik/sumber bunyi sederhana
|
|
|
|
11.3
|
Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa
iringan sederhana
|
Seni Tari
|
|
||
12
|
Mengapresiasi karya seni tari
|
12.1
|
Mengidentifikasi gerak alam
semesta
|
|
|
12.2
|
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap
gerak alam semesta
|
13.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
|
13.1
|
Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak
|
|
|
13.2
|
Menanggapi gerak alam
semesta dalam bentuk gerakan tari
|
|
|
13.3
|
Menyajikan beberapa ragam gerak tari di depan penonton
|
Keterampilan
|
|
||
14.
|
Menerapkan teknologi sederhana
dalam keterampilan
|
14.1
|
Menjelaskan cara pembuatan cat
pewarna dari bahan buatan yang aman
|
|
|
14.2
|
Menyiapkan bahan buatan yang aman
untuk pembuatan cat
|
|
|
14.3
|
Membuat cat pewarna dari bahan buatan yang aman
|
Keterangan:
Sumber bunyi yang dihasilkan
alat musik konvensional:
melalui pukulan, tekanan, gesekan, atau tiupan.
Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Seni Rupa
|
|
||
1.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
1.1
|
Menjelaskan simbol dalam karya
seni rupa dua dimensi
|
|
|
1.2
|
Menunjukkan sikap apresiatif
terhadap simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
|
2.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
|
2.1
|
Mengekspresikan diri melalui
gambar imajinatif mengenai diri sendiri
|
|
|
2.2
|
Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah
setempat
|
Seni Musik
|
|
||
3.
|
Mengapresiasi karya seni musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi berbagai simbol
nada dalam lagu sederhana
|
|
|
3.2
|
Menghubungkan antara simbol nada
dengan elemen musik
|
|
|
3.3
|
Menghubungkan antara simbol nada
dengan tempo dalam lagu
|
4.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni musik
|
4.1
|
Memainkan alat musik ritmis sederhana
|
|
|
4.2
|
Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana
|
Seni Tari
|
|
||
5
|
Mengapresiasi karya seni tari
|
5.1
|
Menjelaskan simbol dalam seni
tari
|
|
|
5.2
|
Menunjukkan sikap apresiatif
terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan
terhadap pertunjukan
|
6.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari.
|
6.1
|
Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema tanpa iringan
|
|
|
6.2
|
Menyajikan tarian pendek bertema
tanpa iringan
|
Keterampilan
|
|
||
7.
|
Membuat benda yang dapat
digerakkan oleh angin secara sederhana
|
7.1
|
Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
|
|
|
7.2
|
Merancang benda yang dapat
digerakkan oleh angin dari bahan kertas
|
|
|
7.3
|
Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan
kertas
|
Keterangan
Simbol: makna yang dikandung. Misalnya merah
adalah simbol keberanian. Motif katak adalah simbol pemanggil hujan.
Gambar dekoratif: Gambar yang dimaksudkan sebagai
hiasan. Biasanya menggunakan motif
(tumbuhan, hewan, manusia)yang bentuknya diubah tetapi masih dikenal ciri
khasnya.
Gambar Imajinatif: Gambar yang bersifat hayalan. Gambar
imajinatif mengenai diri sendiri misalnya menggambarkan diri memiliki sayap
sehingga dapat terbang di angkasa.
Simbol Nada: Tanda atau lambang yang telah disepakati
misalnya penggunaan notasi balok atau angka dalam menyuarakan suatu bunyi nada
(1 dibaca sebagai nada do).
Simbol: Makna yang dikandung pada tarian yang
ditunjukkan oleh kostum, properti, tata rias atau gerakan.
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Seni Rupa
|
|
||
8.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
8.1
|
Menjelaskan simbol dalam karya
seni rupa tiga dimensi
|
|
|
8.2
|
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga
dimensi
|
9.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
|
9.1
|
Mengekspresikan diri melalui
gambar imajinatif mengenai alam sekitar
|
|
|
9.2
|
Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi
|
Seni Musik
|
|
||
10.
|
Mengapresiasi karya seni musik
|
10.1
|
Menjelaskan simbol tempo dalam
lagu
|
|
|
10.2
|
Menjelaskan makna ansambel
|
|
|
10.3
|
Menghubungkan antara simbol nada
dengan elemen musik
|
|
|
10.4
|
Menghubungkan simbol nada dengan
tempo dalam lagu
|
11
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni musik
|
11.1
|
Memainkan musik dalam bentuk ansambel
dengan alat musik ritmis sederhana
|
|
|
11.2
|
Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana
|
Seni Tari
|
|
||
12
|
Mengapresiasi karya seni tari
|
12.1
|
Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan simbol dalam seni tari
|
|
|
12.2
|
Menunjukkan sikap apresiatif
terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan
|
|
|
12.3
|
Menunjukkan sikap apresiatif
terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah
setempat
|
13.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
|
13.1
|
Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema dengan iringan
|
|
|
13.2
|
Menyajikan tarian pendek bertema
dengan iringan
|
|
|
13.3
|
Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik
|
Keterampilan
|
|
||
14
|
Membuat benda yang dapat
digerakkan oleh angin secara sederhana
|
14.1
|
Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
|
|
|
14.2
|
Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan
selain kertas
|
|
|
14.3
|
Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan
selain kertas
|
Keterangan
Simbol: Makna yang dikandung pada tarian yang ditunjukkan oleh kostum (busana),
properti (peralatan), tata rias atau gerakan.
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Seni Rupa
|
|
||
1.
|
Mengapresiasi karya seni rupa.
|
1.1
|
Menjelaskan makna seni rupa terapan
|
|
|
1.2
|
Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan yang ada di daerah setempat
|
|
|
1.3
|
Menunjukkan sikap apresiatif
terhadap kesesuaian fungsi karya seni rupa terapan
|
|
|
1.4
|
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keartistikan karya seni rupa
terapan
|
2.
|
Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa
|
2.1
|
Mengekspresikan diri melalui
gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb
|
|
|
2.2
|
Memamerkan hasil gambar ilustrasi
dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb di depan kelas
|
Seni Musik
|
|
||
3.
|
Mengapresiasi karya seni musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi berbagai ragam
lagu dan alat musik ritmis
|
|
|
3.2
|
Menunjukkan sikap apresiatif
terhadap berbagai ragam lagu dan alat musik ritmis
|
4.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
|
4.1
|
Menyiapkan permainan alat musik
ritmis
|
|
|
4.2
|
Memainkan alat musik ritmis di
depan penonton
|
Seni Tari
|
|
||
5.
|
Mengapresiasi karya seni tari
|
5.1
|
Mengidentifikasi gerak, busana,
dan perlengkapan tari Nusantara daerah setempat
|
|
|
5.2
|
Menunjukkan sikap apresiatif
terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah
setempat
|
6.
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
|
6.1
6.2
|
Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah setempat
Memeragakan tari Nusantara daerah setempat sesuai dengan iringan di depan penonton
|
Keterampilan
|
|
||
7.
|
Mengapresiasi karya kerajinan
|
7.1
7.2
|
Mengidentifikasi jenis karya kerajinan Nusantara
Menampilkan perilaku apresiatif terhadap karya kerajinan Nusantara
|
8.
|
Membuat karya kerajinan dan benda
konstruksi.
|
8.1
|
Merancang karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias
Nusantara
|
|
|
8.2
|
Membuat karya kerajinan
berdasarkan rancangan yang telah dibuat
|
|
|
8.3
|
Merancang benda dengan teknik
konstruksi
|
|
|
8.4
|
Membuat benda dengan teknik
konstruksi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar