Kamis, 22 Desember 2011

SK-KD SBK SD/MI


STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR


Satuan Pendidikan    : Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidayah (MI)

Mata Pelajaran          : Seni Budaya dan Keterampilan

A. Latar Belakang
Muatan seni budaya dan keterampilan sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia  Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan tidak hanya terdapat dalam satu mata pelajaran karena budaya itu sendiri meliputi segala aspek kehidupan.  Dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan, aspek budaya tidak dibahas secara tersendiri tetapi terintegrasi dengan seni.  Karena itu, mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan pada dasarnya merupakan pendidikan seni yang berbasis budaya.
Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan diberikan  di sekolah karena keunikan perannya yang tak mampu diemban oleh mata pelajaran lain.  Keunikan tersebut terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi/berkreasi dan berapresiasi  melalui pendekatan: “belajar dengan seni,” “belajar melalui seni” dan “belajar tentang seni.”
Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan memiliki sifat multilingual, multidimensional, dan multikultural.  Multilingual bermakna pengembangan kemampuan mengekspresikan diri secara kreatif dengan berbagai cara dan media seperti bahasa rupa, bunyi, gerak, peran dan berbagai perpaduannya.  Multidimensional bermakna pengembangan beragam kompetensi meliputi konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis, evaluasi), apresiasi, dan  kreasi dengan cara memadukan secara harmonis unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika. Sifat multikultural mengandung makna pendidikan seni menumbuhkembangkan kesadaran dan kemampuan apresiasi terhadap beragam budaya Nusantara dan Mancanegara.  Hal ini merupakan wujud pembentukan sikap demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab serta toleran dalam masyarakat dan budaya yang majemuk.
Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan memiliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multikecerdasan  yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal,  interpersonal, visual spasial, musikal, linguistik, logik matematik, naturalis serta kecerdasan adversitas (AQ), kreativitas (CQ), spiritual dan moral (SQ). 
Bidang seni rupa, musik, tari, dan keterampilan memiliki kekhasan tersendiri sesuai dengan kaidah keilmuan masing-masing.  Dalam pendidikan seni dan keterampilan, aktivitas berkesenian harus menampung kekhasan tersebut yang tertuang dalam pemberian pengalaman mengembangkan konsepsi, apresiasi, dan kreasi.  Semua ini diperoleh melalui upaya eksplorasi elemen, prinsip, proses, dan teknik berkarya dalam konteks budaya masyarakat yang beragam.
B. Tujuan
Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.  Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan
2.  Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan
3.  Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan
4.  Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.


C.  Ruang Lingkup
Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
  1. Seni rupa, mencakup keterampilan tangan dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya
  2. Seni musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik
  3. Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari
  4. Seni drama, mencakup keterampilan pementasan dengan memadukan seni musik, seni tari dan peran
  5. Keterampilan, mencakup segala aspek kecakapan hidup ( life skills ) yang meliputi keterampilan personal, keterampilan sosial, keterampilan vokasional dan keterampilan akademik.
Di antara keempat bidang seni yang ditawarkan, minimal diajarkan satu bidang seni sesuai dengan kemampuan sumberdaya manusia serta fasilitas yang tersedia. Pada sekolah yang mampu menyelenggarakan pembelajaran lebih dari satu bidang seni, peserta didik diberi kesempatan untuk memilih bidang seni yang akan diikutinya. Pada tingkat SD/MI/SDLB, mata pelajaran Keterampilan ditekankan pada keterampilan vokasional, khusus kerajinan tangan.

D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Seni Rupa

1.
Mengapresiasi karya seni rupa
1.1
Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar


1.2
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada  benda  di alam sekitar
2.
Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
2.1
Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif


2.2
Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting/menyobek
Seni Musik


3.
Mengapresiasi karya seni musik
3.1
Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia


3.2
Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia


3.3
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
4.
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
4.1
Menampilkan permainan pola irama sederhana


4.2
Mengekspresikan diri melalui vokal


4.3
Mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia


4.4
Melafalkan lagu anak-anak


4.5
Menyanyikan lagu anak-anak secara individual, kelompok maupun klasikal
Seni Tari

5.
Mengapresiasi karya seni tari
5.1
Mengidentifikasi  fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat


5.2
Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah


5.3
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
6.
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
6.1
Menanggapi rangsangan bunyi dengan gerakan spontan


6.2
Menampilkan unsur gerak tari di depan penonton
Keterangan
Unsur rupa: Meliputi titik, garis, bidang, warna, dan bentuk (volume, ruang).
Dimensi: Bermakna ukuran.  Dua dimensi mengacu pada benda yang memiliki dua ukuran yakni panjang dan lebar.  Tiga Dimensi mengacu pada benda yang selain memiliki ukuran panjang dan lebar, juga memiliki ketebalan (isi, volume,ruang).
Gambar ekspresi: Gambar yang dibuat dengan maksud menyatakan gagasan/perasaan sendiri, tidak meniru orang lain.  Tema disesuaikan dengan situasi atau kondisi yang aktual.
Teknik menggunting/menyobek: Teknik berkarya seni rupa dengan menciptakan berbagai bentuk yang dihasilkan dengan cara menggunting/menyobek bahan semacam kertas/karton.
Elemen musik: Terdiri atas empat unsur yakni: (1) pitch (nada, melodi, harmoni), (2) tempo (irama), (3) Warna suara, dan (4) dinamika (keras-lembut).
Dinamik: Semua hal yang berhubungan dengan perbandingan volume nada (keras lembut).
Sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia: siulan, tepukan tangan, dsb.
Alat musik: Alat musik dapat dibedakan atas: (1) Alat musik Nusantara atau biasa pula disebut alat musik tradisional  yakni alat musik yang dianggap milik etnis di wilayah Nusantara seperti suling bambu, talempong, talempong, dsb. (2) Alat musik konvensional yakni alat musik nontradisional seperti gitar, piano, biola, drum, saxophone, dll; (3) Alat musik non konvensional yakni  segala alat/bahan yang dapat menjadi sumber bunyi seperti batu, kayu, logam, plastik, dsb.
Level: Posisi tinggi rendah dalam melakukan gerakan tari.
Rangsangan bunyi: Bunyi an yang dimaksudkan untuk menggugah perasaan peserta didik untuk menggerakkan tubuh
Penonton: teman sekelas, kelas lain, orang tua murid, undangan

Kelas I, Semester 2   
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Seni Rupa

7.
Mengapresiasi karya seni rupa
7.1
Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di alam sekitar


7.2
Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada  benda di alam sekitar
8.
Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
8.1
Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif


8.2
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa dua dimensi dengan teknik menempel
Seni Musik

9.
Mengapresiasi karya seni musik
9.1
Mengidentifikasi unsur/elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam


9.2
Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan  alam


9.3
Mengidentifikasi irama dan melodi sederhana

10.
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
10.1
Menampilkan permainan pola irama dan melodi sederhana


10.2
Memeragakan  dinamik sederhana


10.3
Mengekspresikan diri melalui vocal, alat musik atau sumber bunyi sederhana


10.4
Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib
Seni Tari

11.
Mengapresiasi karya seni tari
11.1
Mengidentifikasi  fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat


11.2
Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah


11.3
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah

12.
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari.
12.1
Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi

12.2
Merangkaikan gerak tari sesuai  iringan bunyi

12.3
Mengekspresikan diri melalui gerakan sendiri






Keterangan:
Teknik menempel: Teknik menciptakan karya seni rupa dengan cara menempelkan berbagai bahan pada bidang datar.  Termasuk teknik ini adalah mosaik dan aplikasi. 
Sumber bunyi yang dihasilkan alam: bunyi tetesan air, kicauan burung, dsb.
Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Seni Rupa

1.
Mengapresiasi karya seni rupa
1.1
Mengenal unsur rupa pada  karya seni rupa


1.2
Menunjukkan sikap apresiatif  terhadap unsur rupa pada karya seni rupa

2.
Mengekspresikan diri melalui karya  seni rupa
2.1
Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif


2.2
Mengekspresikan diri melalui teknik cetak tunggal
Seni Musik

3.
Mengapresiasi karya seni musik
3.1
Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat  musik


3.2
Membedakan antara nada dengan irama
4.
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
4.1
Memeragakan dinamik sederhana
4.2
Mengekspresikan diri melalui alat musik/sumber bunyi  sederhana
4.3
Menyanyikan lagu  wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana
4.4
Mementaskan permainan musik dengan alat musik sederhana di depan penonton
Seni Tari

5.
Mengapresiasi karya seni tari
5.1
Mengidentifikasi gerak alam semesta 


5.2
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta
6.
 Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
6.1
Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak


6.2
Menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk gerakan tari
Keterampilan

7.
Menerapkan teknologi sederhana dalam keterampilan
7.1
Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan alam


7.2
Menyiapkan  bahan alam untuk pembuatan cat


7.3
Membuat cat pewarna dari bahan alam






Keterangan:
Teknik cetak: Teknik berkarya seni rupa dengan cara menciptakan gambaran (citra) tidak dengan goresan langsung tetapi dengan media perantara/klise. Dalam bahasa Inggeris, teknik cetak disebut printmaking. Pada teknik cetak tunggal (monoprint), hasil cetakan hanya satu karena klisenya berubah sesudah digunakan.
Sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat khusus musik: sendok yang dipukulkan pada botol, tiupan pada kertas yang terjilid, dsb.
Eksplorasi gerak: adalah kegiatan menggali lebih dalam berbagai gerak sehingga ditemukan berbagai macam gerak baru.

Kelas II, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Seni Rupa

8.
Mengapresiasi karya seni rupa
8.1
Mengidentifikasi unsur rupa pada  karya seni rupa


8.2
Menunjukkan sikap apresiatif   terhadap unsur rupa pada karya seni rupa
9.
Mengekspresikan diri melalui seni rupa.
9.1
Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresi


9.2
Menggunakan klise cetak timbul


9.3
Mengekspresikan diri melalui teknik cetak timbul
Seni Musik

10.
Mengenal unsur musik
10.1
Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alat musik konvensional


10.2
Membedakan antara nada dengan irama
11.
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
11.1
Memeragakan dinamik sederhana

11.2
Mengekspresikan diri melalui alat musik/sumber bunyi  sederhana


11.3
Menyanyikan lagu  wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana
Seni Tari

12
Mengapresiasi karya seni tari
12.1
Mengidentifikasi gerak alam semesta


12.2
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta
13.
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
13.1
Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak


13.2
Menanggapi gerak alam semesta  dalam bentuk gerakan tari


13.3
Menyajikan beberapa ragam gerak tari di depan penonton
Keterampilan

14.
Menerapkan teknologi sederhana dalam keterampilan
14.1
Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan buatan yang aman


14.2
Menyiapkan bahan buatan yang aman untuk pembuatan cat


14.3
Membuat cat pewarna dari bahan buatan yang aman

Keterangan:
Sumber bunyi yang dihasilkan alat musik konvensional: melalui pukulan, tekanan, gesekan, atau tiupan.

Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Seni Rupa

1.
Mengapresiasi karya seni rupa
1.1
Menjelaskan  simbol dalam karya seni rupa dua dimensi


1.2
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa dua dimensi

2.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
2.1
Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri


2.2
Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat
Seni Musik

3.
Mengapresiasi  karya seni musik
3.1
Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana


3.2
Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik


3.3
Menghubungkan antara simbol nada dengan tempo dalam lagu
4.
Mengekspresikan diri melalui karya  seni musik
4.1
Memainkan alat musik ritmis sederhana


4.2
Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan atau  tanpa iringan sederhana
Seni Tari

5
Mengapresiasi karya seni  tari
5.1
Menjelaskan simbol dalam seni tari


5.2
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan
6.
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari.
6.1
Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema  tanpa iringan


6.2
Menyajikan tarian pendek bertema  tanpa iringan
Keterampilan

7.
Membuat benda yang dapat  digerakkan oleh angin secara sederhana
7.1
Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin


7.2
Merancang benda  yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas


7.3
Membuat benda  yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas

Keterangan
Simbol: makna yang dikandung. Misalnya merah adalah simbol keberanian. Motif katak adalah simbol pemanggil hujan.
Gambar dekoratif: Gambar yang dimaksudkan sebagai hiasan.  Biasanya menggunakan motif (tumbuhan, hewan, manusia)yang bentuknya diubah tetapi masih dikenal ciri khasnya.
Gambar Imajinatif: Gambar yang bersifat hayalan. Gambar imajinatif mengenai diri sendiri misalnya menggambarkan diri memiliki sayap sehingga dapat terbang di angkasa.
Simbol Nada: Tanda atau lambang yang telah disepakati misalnya penggunaan notasi balok atau angka dalam menyuarakan suatu bunyi nada (1 dibaca sebagai nada do).
Simbol: Makna yang dikandung pada tarian yang ditunjukkan oleh kostum, properti, tata rias atau gerakan.

Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Seni Rupa

8.
Mengapresiasi karya seni rupa
8.1
Menjelaskan   simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi


8.2
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
9.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
9.1
Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam sekitar


9.2
Memberi hiasan/warna pada benda tiga dimensi
Seni Musik

10.
Mengapresiasi  karya seni musik
10.1
Menjelaskan simbol tempo dalam lagu


10.2
Menjelaskan makna ansambel


10.3
Menghubungkan antara simbol nada dengan elemen musik


10.4
Menghubungkan simbol nada dengan tempo dalam lagu
11
Mengekspresikan diri melalui karya  seni musik
11.1
Memainkan musik dalam bentuk ansambel  dengan alat musik ritmis sederhana


11.2
Menyanyikan lagu daerah dan lagu anak-anak dengan iringan sederhana
Seni Tari

12

Mengapresiasi karya seni  tari
12.1
Menghubungkan gerak, busana, dan perlengkapan dengan  simbol dalam seni tari


12.2
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan pertunjukan


12.3
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah setempat
13.
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
13.1
Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema  dengan iringan


13.2
Menyajikan tarian pendek bertema  dengan iringan


13.3
Mengadakan pementasan perpaduan seni tari dan musik
Keterampilan

14
Membuat benda yang dapat  digerakkan oleh angin secara sederhana
14.1
Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin


14.2
Merancang benda  yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas


14.3
Membuat benda  yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas


Keterangan
Simbol: Makna yang dikandung pada tarian yang ditunjukkan oleh kostum (busana), properti (peralatan), tata rias atau gerakan.

Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Seni Rupa

1.
Mengapresiasi karya seni rupa.
1.1
Menjelaskan makna seni rupa terapan


1.2
Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan yang ada di daerah setempat


1.3
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap kesesuaian fungsi karya seni rupa terapan


1.4
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keartistikan karya seni rupa terapan
2.
Mengekspresikan diri melalui  karya  seni rupa
2.1
Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb


2.2
Memamerkan hasil gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb di depan kelas
Seni Musik

3.
Mengapresiasi karya  seni musik
3.1
Mengidentifikasi berbagai ragam lagu dan alat musik ritmis


3.2
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam lagu dan alat musik ritmis
4.
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
4.1
Menyiapkan permainan alat musik ritmis


4.2
Memainkan alat musik ritmis di depan penonton
Seni Tari

5.

Mengapresiasi karya seni tari
5.1
Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah setempat


5.2
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah setempat
6.
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
6.1
6.2
Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah setempat
Memeragakan tari Nusantara daerah setempat sesuai dengan iringan di depan penonton
Keterampilan

7.
Mengapresiasi karya kerajinan
7.1
7.2
Mengidentifikasi jenis karya kerajinan Nusantara
Menampilkan perilaku apresiatif terhadap karya kerajinan Nusantara

8.
Membuat karya  kerajinan dan benda konstruksi.
8.1
Merancang karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara


8.2
Membuat karya kerajinan berdasarkan rancangan yang telah dibuat


8.3
Merancang benda dengan teknik  konstruksi


8.4
Membuat benda dengan teknik  konstruksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar