Kamis, 22 Desember 2011

STANDAR ISI: DAFTAR ISI


PRAKATA

Dengan memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan hidayahNya, BSNP telah dapat mengembangkan Standar Isi. Standar Isi merupakan bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan yang diarahkan untuk pengembangan potensi peserta didik sesuai dengan perkembangan ilmu, teknologi, seni, serta pergeseran paradigma pendidikan yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik.
Standar Isi adalah salah satu dari delapan standar nasional pendidikan sebagaimana tertuang dalam Bab II pasal 2 (1) Pemerintah Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan.
Penyusunan Standar Isi ini melalui proses yang dimulai dengan dibentuknya Tim Penyusunan Standar Isi yang terdiri dari beberapa pakar bidang keilmuan dari beberapa universitas dan institusi. Tim Penyusun ini melakukan serangkaian kajian bersama Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dengan berpedoman pada Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang menghasilkan draft Standar Isi. Proses selanjutnya, draft Standar Isi divalidasi oleh para pakar yang berasal dari pakar pendidikan, pakar bidang ilmu, dan praktisi pendidikan yang melibatkan para guru, kepala sekolah, dan Dinas Pendidikan kabupaten/kota/propinsi. Hasil validasi ini merupakan masukan untuk revisi draft Standar Isi.
Pada tahap akhir, Standar Isi yang sudah divalidasi dipresentasikan dalam uji publik, yang melibatkan berbagai kalangan yaitu pengamat pendidikan, peneliti pendidikan, LSM pendidikan, dewan pendidikan propinsi/kabupaten/kota, organisasi profesi pendidikan, organisasi keagamaan yang menyelenggarakan pendidikan, serta media masa. Hasil uji publik Standar Isi disempurnakan melalui sidang BSNP.
Akhirnya, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam penyusunan Standar Isi ini. Semoga Allah SWT tetap memberikan petunjuk terhadap upaya yang telah, sedang, dan yang akan kita lakukan untuk peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

Jakarta,  Maret 2006


Badan Standar Nasional Pendidikan

DAFTAR ISI

PENGANTAR
i
DAFTAR ISI
ii
BAB I
PENDAHULUAN
1
BAB II
KERANGKA DASAR DAN STRUKTUR KURIKULUM                                                     


A.
Kerangka dasar Kurikulum
3

B.
Struktur Kurikulum Pendidikan Umum
7

C.
Struktur Kurikulum Pendidikan Kejuruan
17

D.
Struktur Kurikulum Pendidikan Khusus
20

E.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
39
BAB III
BEBAN BELAJAR
40
BAB IV
KALENDER PENDIDIKAN


A.
Alokasi Waktu
42

B.
Penentapan Kalender Pendidikan
43
GLOSARIUM
45

Tidak ada komentar:

Posting Komentar