STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Satuan Pendidikan :
Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah
Tsanawiyah (MTs)
Mata Pelajaran :
Seni Budaya
A. Latar Belakang
Muatan seni budaya
sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan tidak hanya terdapat dalam satu mata pelajaran karena budaya itu
sendiri meliputi segala aspek kehidupan.
Dalam mata pelajaran Seni Budaya, aspek budaya tidak dibahas secara
tersendiri tetapi terintegrasi dengan seni.
Karena itu, mata pelajaran Seni Budaya pada dasarnya merupakan
pendidikan seni yang berbasis budaya.
Pendidikan Seni
Budaya diberikan di sekolah karena
keunikan perannya yang tak mampu diemban oleh mata pelajaran lain. Keunikan tersebut terletak pada pemberian
pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi/berkreasi dan
berapresiasi melalui pendekatan:
“belajar dengan seni,” “belajar melalui seni” dan “belajar tentang seni.”
Pendidikan Seni Budaya memiliki sifat multilingual,
multidimensional, dan multikultural.
Multilingual bermakna pengembangan kemampuan mengekspresikan diri secara
kreatif dengan berbagai cara dan media seperti bahasa rupa, bunyi, gerak, peran
dan berbagai perpaduannya.
Multidimensional bermakna pengembangan beragam kompetensi meliputi
konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis, evaluasi), apresiasi, dan kreasi dengan cara memadukan secara harmonis
unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika. Sifat multikultural mengandung
makna pendidikan seni menumbuhkembangkan kesadaran dan kemampuan apresiasi
terhadap beragam budaya Nusantara dan mancanegara. Hal ini merupakan wujud pembentukan sikap
demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab serta toleran dalam
masyarakat dan budaya yang majemuk.
Pendidikan Seni Budaya memiliki peranan dalam
pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan
perkembangan anak dalam mencapai multikecerdasan yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal, interpersonal, visual spasial, musikal,
linguistik, logik matematik, naturalis serta kecerdasan adversitas (AQ),
kreativitas (CQ), spiritual dan moral (SQ).
Bidang seni rupa,
musik, tari, dan teater memiliki kekhasan tersendiri sesuai dengan kaidah
keilmuan masing-masing. Dalam pendidikan
seni budaya, aktivitas berkesenian harus menampung kekhasan tersebut yang
tertuang dalam pemberian pengalaman mengembangkan konsepsi, apresiasi, dan
kreasi. Semua ini diperoleh melalui
upaya eksplorasi elemen, prinsip, proses, dan teknik berkarya dalam konteks
budaya masyarakat yang beragam.
B. Tujuan
Mata pelajaran Seni Budaya bertujuan
agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memahami konsep
dan pentingnya seni budaya
2. Menampilkan sikap
apresiasi terhadap seni budaya
3. Menampilkan
kreativitas melalui seni budaya
4.
Menampilkan peran serta dalam seni budaya dalam tingkat lokal, regional, maupun
global.
C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran Seni Budaya meliputi aspek-aspek
sebagai berikut.
- Seni rupa, mencakup keterampilan tangan dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya
- Seni musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik
- Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari
- Seni teater, mencakup keterampilan olah tubuh, olah pikir, dan olah suara yang pementasannya memadukan unsur seni musik, seni tari dan seni peran.
Di antara keempat bidang seni yang ditawarkan,
minimal diajarkan satu bidang seni sesuai dengan kemampuan sumberdaya manusia
serta fasilitas yang tersedia. Pada sekolah yang mampu menyelenggarakan
pembelajaran lebih dari satu bidang seni, peserta didik diberi kesempatan untuk
memilih bidang seni yang akan diikutinya.
D. Standar Kompetensi
dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi dasar
|
||
Seni Rupa
|
|
||
1.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
1.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
rupa terapan daerah setempat
|
|
|
1.2
|
Menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
|
2.
|
Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa
|
2.1
|
Menggambar bentuk dengan objek
karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
|
|
|
2.2
|
Merancang karya seni kriya dengan
memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
|
|
|
2.3
|
Membuat karya seni kriya dengan
memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
|
Seni Musik
|
|
||
3.
|
Mengapresiasi karya seni musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi jenis lagu daerah
setempat
|
|
|
3.2
|
Menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan lagu daerah setempat
|
4.
|
Mengekspresikan diri melalui
karya seni musik
|
4.1
|
Mengaransir secara sederhana
karya lagu daerah setempat
|
|
4.2
|
Menampilkan hasil aransemen karya
lagu daerah setempat
|
|
Seni Tari
|
|
||
5.
|
Mengapresiasi karya seni tari
|
5.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
tari tunggal daerah setempat
|
|
|
5.2
|
Menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan seni tari tunggal
daerah setempat
|
6.
|
Mengekspresikan diri melalui
karya seni tari
|
6.1
|
Mengeksplorasi pola lantai gerak
tari tunggal daerah setempat
|
|
|
6.2
|
Memeragakan tari tunggal daerah setempat
|
Seni Teater
|
|
||
7.
|
Mengapresiasi karya seni teater
|
7.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni teater daerah setempat
|
|
|
7.2
|
Menampilkan sikap apresiatif terhadap
keunikan dan pesan moral seni teater
daerah setempat
|
8.
|
Mengekspresikan diri melalui
karya seni teater
|
8.1
|
Mengeksplorasi teknik olah tubuh,
olah pikir, dan olah suara
|
8.2
|
Merancang pertunjukan teater
daerah setempat
|
||
|
|
8.3
|
Menerapkan prinsip kerjasama
dalam berteater
|
Keterangan:
Seni rupa terapan:
Seni rupa yang memiliki fungsi praktis meliputi desain, dan seni kriya.
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
|||
Seni Rupa
|
|
|||
9.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
9.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah
setempat
|
|
|
|
9.2
|
Menunjukkan sikap apresiatif
terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
|
|
10.
|
Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa
|
10.1
|
Menggambar bentuk dengan objek
karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
|
|
|
|
10.2
|
Membuat karya seni kriya dengan
teknik dan corak daerah setempat
|
|
|
|
10.3
|
Menyiapkan karya seni rupa hasil
buatan sendiri untuk pameran kelas atau sekolah
|
|
|
|
10.4
|
Menata karya seni rupa hasil
buatan sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah
|
|
Seni Musik
|
|
|||
11.
|
Mengapresiasi karya seni musik
|
11.1
|
Mengidentifikasi ragam musik
daerah setempat
|
|
|
|
11.2
|
Menunjukkan sikap apresiatif
terhadap keunikan seni musik daerah
setempat
|
|
12.
|
Mengekspresikan diri melalui
karya seni musik
|
12.1
|
Mengaransir secara sederhana lagu
daerah setempat
|
|
|
|
12.2
|
Menyajikan karya seni musik
daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok di kelas
|
|
Seni Tari
|
|
|||
13.
|
Mengapresiasi karya seni tari
|
13.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
tari berpasangan/kelompok daerah setempat
|
|
|
|
13.2
|
Menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan seni tari berpasangan/
kelompok daerah setempat
|
|
14.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni tari
|
14.1
|
Mengeksplorasi pola lantai gerak
tari berpasangan/ kelompok daerah
setempat
|
|
|
|
14.2
|
Memeragakan tari tunggal dan berpasangan/ kelompok daerah setempat
|
|
Seni Teater
|
|
|||
15.
|
Mengapresiasi karya seni teater
|
15.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni teater daerah setempat
|
|
|
|
15.2
|
Menunjukkan sikap apresiatif
terhadap keunikan dan pesan moral seni
teater daerah setempat
|
|
16.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni teater
|
16.1
|
Mengeksplorasi teknik olah tubuh,
olah pikir, dan olah suara
|
|
16.2
|
Merancang pertunjukan teater
daerah setempat
|
|||
|
|
16.3
|
Menerapkan prinsip kerjasama
dalam berteater
|
|
|
|
16.4
|
Menyiapkan pertunjukan teater daerah setempat di sekolah
|
|
|
|
16.5
|
Menggelar pertunjukan teater
daerah setempat di sekolah
|
|
Kelas VIII, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Seni Rupa
|
|
||
1.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
1.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
rupa terapan Nusantara
|
|
|
1.2
|
Menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara
|
2.
|
Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa
|
2.1
|
Merancang karya seni kriya
tekstil dengan teknik dan corak seni
rupa terapan Nusantara
|
2.2
|
Membuat karya seni kriya tekstil
dengan teknik dan corak seni rupa
terapan Nusantara
|
||
|
|
2.3
|
Mengekspresikan diri melalui karya seni lukis/gambar
|
Seni Musik
|
|
||
3.
|
Mengapresiasi karya seni musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi jenis lagu Nusantara
|
|
3.2
|
Menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan lagu Nusantara
|
|
4.
|
Mengekspresikan diri melalui
karya seni musik
|
4.1
|
Mengaransir secara sederhana lagu
Nusantara dalam bentuk ansambel
|
|
|
4.2
|
Menampilkan hasil aransemen lagu
Nusantara dalam bentuk ansambel
|
Seni Tari
|
|
||
5.
|
Mengapresiasi karya seni tari
|
5.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
tari tunggal Nusantara
|
|
|
5.2
|
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari tunggal Nusantara
|
6.
|
Mengekspresikan diri melalui
karya seni tari
|
6.1
|
Mengeksplorasi pola lantai gerak
tari tunggal Nusantara
|
|
|
6.2
|
Memeragakan tari tunggal
Nusantara
|
Seni Teater
|
|
||
7.
|
Mengapresiasi karya seni teater
|
7.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
teater Nusantara
|
|
|
7.2
|
Menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan dan pesan moral seni
teater Nusantara
|
8.
|
Mengekspresikan diri melalui
karya seni teater
|
8.1
|
Mengeksplorasi teknik olah tubuh,
olah pikir, dan olah suara
|
|
8.2
|
Merancang pertunjukan teater
Nusantara
|
|
|
|
8.3
|
Menerapkan prinsip kerjasama
dalam berteater
|
|
|
8.4
|
Menggelar pertunjukan teater
Nusantara
|
Keterangan
Teater Nusantara:
Teater yang tumbuh dan berkembang di wilayah Nusantara.
Kelas VIII, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||||||
Seni Rupa
|
|
||||||
9.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
9.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
rupa terapan Nusantara
|
||||
|
|
1.2
|
Menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan gagasan dan teknik
karya seni rupa terapan Nusantara
|
||||
10.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
|
10.1
|
Membuat karya seni kriya tekstil dengan teknik dan corak seni rupa terapan
Nusantara
|
||||
|
|
10.2
|
Mengekspresikan diri melalui
karya seni grafis
|
||||
|
|
10.3
|
Menyiapkan karya seni rupa hasil
karya sendiri untuk pameran kelas atau sekolah
|
||||
|
|
10.4
|
Menata karya seni rupa hasil
karya sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah
|
||||
Seni Musik
|
|
||||||
11.
|
Mengapresiasi karya seni musik
|
11.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
musik tradisional Nusantara
|
||||
|
|
11.2
|
Menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan seni musik
tradisional Nusantara
|
||||
12.
|
Mengekspresikan diri melalui
karya seni musik
|
12.1
|
Mengaransir secara sederhana lagu
tradisi Nusantara
|
||||
|
|
12.2
|
Menyiapkan seni musik tradisional
Nusantara untuk disajikan secara
perseorangan dan kelompok di kelas atau sekolah
|
||||
|
|
12.3
|
Menyajikan karya seni musik
tradisional Nusantara secara
perseorangan dan berkelompok di kelas atau sekolah
|
||||
Seni Tari
|
|
||||||
13.
|
Mengapresiasi karya seni tari
|
13.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
tari berpasangan/kelompok Nusantara
|
||||
|
|
13.2
|
Menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan seni tari
berpasangan Nusantara
|
||||
14.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni tari
|
14.1
|
Mengeksplorasi pola lantai gerak
tari berpasangan/kelompok Nusantara
|
||||
|
|
14.2
|
Menyiapkan pementasan tari
berpasangan/kelompok Nusantara
|
||||
|
|
14.3
|
Mementaskan tari
berpasangan/kelompok Nusantara
|
||||
Seni Teater
|
|
||||||
15.
|
Mengapresiasi karya seni teater
|
15.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
teater Nusantara
|
||||
|
|
15.2
|
Menunjukkan sikap apresiatif
terhadap keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara
|
||||
16.
|
Mengekspresikan diri melalui
karya seni teater
|
16.1
|
Mengeksplorasi teknik olah tubuh,
olah pikir, dan olah suara
|
||||
|
|
16.2
|
Merancang pertunjukan teater
Nusantara
|
||||
|
|
16.3
|
Menerapkan prinsip kerjasama
dalam berteater
|
||||
|
|
16.4
|
Menyiapkan pertunjukan teater
Nusantara di sekolah
|
||||
|
|
16.5
|
Menggelar pertunjukan teater
Nusantara di sekolah
|
||||
Kelas IX, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||
Seni Rupa
|
|
||
1.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
1.1
|
Mengidentifikasi seni rupa murni
yang diciptakan di daerah setempat
|
|
|
1.2
|
Menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni daerah setempat
|
2.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
|
2.1
|
Memilih unsur seni rupa Nusantara
untuk dikembangkan menjadi karya seni murni
|
|
|
2.2
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara
|
Seni Musik
|
|
||
3.
|
Mengapresiasi karya seni musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi lagu mancanegara di Asia
|
|
|
3.2
|
Menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan lagu mancanegara di Asia
|
4.
|
Mengekspresikan diri melalui
karya seni musik
|
4.1
|
Mengaransir lagu mancanegara di Asia
|
4.2
|
Menampilkan hasil aransemen lagu
mancanegara di Asia
|
||
Seni Tari
|
|
||
5.
|
Mengapresiasi karya seni tari
|
5.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
tari Mancanegara di Asia
|
|
|
5.2
|
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari Mancanegara di Asia
|
6.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni tari
|
6.1
|
Mengeksplorasi gerak tari kreasi
berdasarkan tari Nusantara
|
|
|
6.2
|
Menampilkan tari kreasi
berdasarkan tari Nusantara
|
Seni Teater
|
|
||
7.
|
Mengapresiasi karya seni teater
|
7.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni teater tradisional dan
modern mancanegara di Asia
|
|
|
7.2
|
Menampilkan sikap apresiatif terhadap
keunikan dan pesan moral seni teater mancanegara
di Asia
|
8.
|
Mengekspresikan karya seni teater
|
8.1
|
Merancang pertunjukan teater
kreatif dengan mengolah unsur teater daerah setempat, Nusantara, dan mancanegara
di Asia
|
|
|
8.2
|
Menerapkan prinsip kerjasama
dalam berteater
|
Keterangan
Teater Kreatif: Teater
yang dikembangkan berdasarkan gagasan baru yang tidak mengikuti begitu saja
teater yang sudah mentradisi.
Kelas IX, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
||||||
Seni Rupa
|
|
||||||
9.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
9.1
|
Mengidentifikasi karya seni rupa
murni yang diciptakan di Indonesia
|
||||
|
|
9.2
|
Menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan gagasan dan teknik
dalam karya seni rupa murni Indonesia
|
||||
10.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
|
10.1
|
Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa murni yang dikembangkan dari
beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara di luar Asia
|
||||
|
|
10.2
|
Menyiapkan karya seni rupa yang
diciptakan untuk pameran di sekolah atau di luar sekolah
|
||||
|
|
10.3
|
Menata karya seni rupa yang
diciptakan dalam bentuk pameran di sekolah atau di luar sekolah.
|
||||
Seni Musik
|
|
||||||
11.
|
Mengapresiasi karya seni musik
|
11.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
musik mancanegara di luar Asia
|
||||
|
|
11.2
|
Menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan seni musik mancanegara
di luar Asia
|
||||
12.
|
Mengekspresikan diri melalui
karya seni musik
|
12.1
|
Mengaransir lagu mancanegara
|
||||
|
12.2
|
Menyiapkan karya seni musik
mancanegara untuk disajikan secara perseorangan dan berkelompok di kelas atau
di sekolah
|
|||||
|
|
12.3
|
Menampilkan karya seni musik mancanegara
secara perseorangan dan berkelompok di kelas atau di sekolah
|
||||
Seni Tari
|
|
||||||
13.
|
Mengapresiasi karya seni tari
|
13.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni tari mancanegara di luar Asia
|
||||
|
|
13.2
|
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari mancanegara di luar Asia
|
||||
14.
|
Mengekspresikan diri melalui seni
tari
|
14.1
|
Mengeksplorasi gerak tari kreasi
berdasarkan tari mancanegara di luar Asia
|
||||
|
|
14.2
|
Menciptakan tari kreasi
berdasarkan tari mancanegara di luar Asia
|
||||
|
|
14.3
|
Menyiapkan pertunjukan tari di sekolah
|
||||
|
|
14.4
|
Menggelar pertunjukan tari di sekolah
|
||||
Seni Teater
|
|
||||||
15.
|
Mengapresiasi karya seni teater
|
15.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni teater tradisional
dan modern mancanegara di luar Asia
|
||||
|
|
15.2
|
Menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan dan pesan moral seni
teater mancanegara di luar Asia
|
||||
16.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni teater
|
16.1
|
Merancang pertunjukan teater kreatif dengan mengolah unsur teater
daerah setempat, Nusantara, dan mancanegara di luar Asia
|
||||
|
|
16.2
|
Menerapkan prinsip kerjasama
dalam berteater
|
||||
|
|
16.3
|
Menyiapkan pertunjukan karya
teater kreatif di sekolah
|
||||
|
|
16.4
|
Menggelar pertunjukan karya
teater kreatif yang diciptakan di sekolah
|
||||
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi
dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi
pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar