Kamis, 22 Desember 2011

RPP SENI BUDAYA BERKARAKTER VIII SMT 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SEKOLAH                                : ...........................
MATA PELAJARAN                : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS / SEMESTER                : VIII / I
ALOKASI WAKTU                  : 2 X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI       : 1.   Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
KOMPETENSI DASAR             : 1.1 Mengidentifikasi jenis karya seni
                                                          rupa terapan nusantara.
                                                 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1.   Mendefinisikan konsep seni rupa terapan nusantara.
2.      Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan nusantara
3.      Mengidentifikasi teknik pembuatan, fungsi, dan makna karya seni
      rupa terapan nusantara.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )


B.     MATERI AJAR
1.      Pengertian seni rupa terapan nusantara.
2.      Jenis karya seni rupa terapan nusantara.
3.      Tehnik pembuatan, fungsi dan makna karya seni rupa terapan nusantara.


C.     METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : observasi, diskusi, tanya jawab.


D.     LANGKAH KEGIATAN
a.       Pendahuluan
·         Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·         Motivasi dan apersepsi.


b.      Kegiatan Inti  
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik Melihat tayangan gambar karya seni rupa terapan nusantara.
F  peserta didik Membaca referensi tentang seni rupa terapan nusantara.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  peserta didik Mengkaji keragaman bentuk seni rupa terapan nusantara
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;


§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.


c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;


E.     SUMBER BELAJAR
Buku teks Seni Budaya
Laptop dan LCD proyektor


F.      PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Menunjukkan keanekaragaman jenis, bahan dan teknik pembuatan tekstil nusantara,
Ü  Mampu mendeskripsikan makna dan fungsi Tekstils  nusantara..
Tes
tertulis


Tes uraian

Ü  Buat klasifikasi keragaman jenis tekstil nusantara berdasar bahan dan teknik pembuatannya
Ü  Jelaskan makna dan fungsi tekstil nusantara..

                             
                             
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….

                                                           



RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
( RPP )


SEKOLAH                                : ...........................
MATA PELAJARAN                : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS / SEMESTER                : VIII / I
ALOKASI WAKTU                  : 4 X 40 menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI       : 1.   Mengapresiasi karya seni rupa.
KOMPETENSI DASAR             : 1.2 Menampilkan sikap apresiatif
                                                          terhadap keunikan gagasan dan
                                                           teknik karya seni rupa terapan
                                                           nusantara.

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1.      Membuat ulasan tertulis tentang keunikan gagasan, teknik pembuatan,
      fungsi, dan makna  karya seni rupa terapan nusantara.
2.   Membuat kliping gambar karya seni rupa terapan nusantara.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.      MATERI AJAR
·         Nilai estetis dan praktis karya seni rupa terapan  nusantara.
·         Fungsi karya seni rupa terapan nusantara
·         Makna  karya seni rupa terapan nusantara.
·         Teknik pembuatan karya seni rupa terapan nusantara.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : diskusi, tanya jawab, penugasan .

D.     LANGKAH KEGIATAN
Pertemuan pertama dan kedua :
a.  Pendahuluan
·         Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·         Motivasi dan apersepsi.

b.       Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik Membaca referensi tentang nilai seni rupa nusantara.
F  peserta didik Melihat tayangan proses pembuatan, fungsi, dan makna karya seni  rupa terapan nusantara.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Diskusi keragaman jenis, bentuk, makna, fungsi karya seni rupa. 
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. SUMBER BELAJAR
  • Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VIII
  • Gambar karya seni rupa nusantara




F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Membuat kliping tentang karya seni tekstil Nusantara
Ü  Membuat  tanggapan tertulis tentang keunikan  gagasan, corak ragam hias, bahan dasar dan teknik karya seni Tekstil nusantara
Tes praktik/
kinerja

Tes identifikasi
Ü  Buatlah kliping  hasil karya seni  tekstil nu- santara dan berikan tanggapan tentang keunikannya berdasar kan gagasan, corak ragam hias, bahan dasar, alat dan teknik pembuatannya
Ü  Presentasikan hasil kliping kelompokmu.

                             
                             
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
                                                                       




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( RPP )


SEKOLAH                                : ...........................
MATA PELAJARAN                : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS / SEMESTER                : VIII / I
ALOKASI WAKTU                  : 4 X 40 menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI       : 2.   Mengekspresikan diri melalui
                                                          karya seni rupa.
KOMPETENSI DASAR             : 2.1 Merancang karya seni kriya
                                                          tekstil dengan teknik dan corak 
                                                          seni rupa terapan nusantara


A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1.       Mendiskripsikan konsep batik.
2.       Membuat desain pola batik berdasarkan corak ragam hias nusantara

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. MATERI AJAR
·         Konsep batik
·         Menggambar desain ragam hias untuk pola batik.

C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : Tanya jawab, Demonstrasi, Pemberian tugas.

D. LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama dan kedua :
a.  Kegiatan Pendahuluan
·         Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·         Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan wawasan siswa mengenai daerah-daerah pembuat batik.

b.  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik Membaca referensi tentang seni rupa nusantara dan karya seni batik.
F  peserta didik Melihat tayangan gambar batik.
F  peserta didik Menggambar desain ragam hias untuk pola batik.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. ALAT / SUMBER BELAJAR
·         Buku teks Seni Budaya
·         Media  elektronik lap top dan LCD proyektor





F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Membuat bentuk-bentuk ragam hias dan corak karya tekstil Nusantara
Ü  Membuat rancangan karya seni kriya tekstil dengan corak ragam hias Nusantara
Tes praktik/
kinerja

Tes identifikasi
Ü  Buat desain tekstil dengan mengambil corak ragam hias Nusantara.

                             
Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Gagasan





Kreativitas





Teknik /bentuk





Karakteristik






Keterangan :
1 = sangat kurang                      
2 = kurang                              
3 = cukup       
4 = baik
5 = sangat baik



Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….

                                                           

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SEKOLAH                                : ...........................
MATA PELAJARAN                : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS / SEMESTER                : VIII / I
ALOKASI WAKTU                  : 4 X 40 menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI       : 2.   Mengekspresikan diri melalui
                                                           karya seni rupa.
KOMPETENSI DASAR             : 2.2 Membuat karya seni kriya tekstil
                                                          dengan teknik dan corak seni
                                                          rupa terapan nusantara.


A.  Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1.      Membuat pola batik pada kain mori berdasarkan desainnya
2.      Membatik tulis dengan bahan lilin dan alat canting
3.      Mewarnai kain batik

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B.  Materi Ajar
·         Konsep batik
·         Bahan, alat, dan teknik membatik
·         Langkah-langkah membatik


C.  Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL : Pemberian tugas, praktek.


D.  Langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua :
a.  Kegiatan Pendahuluan
·         Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·         Motivasi dan apersepsi.


b.  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik Membaca buku teks tentang karya seni membatik.
F  Melihat demonstrasi/tayangan teknik membatik. .
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar