RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH :
...........................
MATA PELAJARAN :
Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS / SEMESTER :
VIII / I
ALOKASI WAKTU :
2 X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI :
1. Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
KOMPETENSI DASAR : 1.1 Mengidentifikasi jenis karya
seni
rupa
terapan nusantara.
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1.
Mendefinisikan konsep seni rupa terapan nusantara.
2. Mengidentifikasi jenis
karya seni rupa terapan nusantara
3. Mengidentifikasi teknik
pembuatan, fungsi, dan makna karya seni
rupa terapan nusantara.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B.
MATERI AJAR
1.
Pengertian seni rupa terapan nusantara.
2.
Jenis karya seni rupa terapan nusantara.
3.
Tehnik pembuatan,
fungsi dan makna karya seni rupa terapan nusantara.
C.
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : observasi,
diskusi, tanya jawab.
D.
LANGKAH KEGIATAN
a. Pendahuluan
·
Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai
siswa
·
Motivasi dan
apersepsi.
b.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
peserta didik Melihat
tayangan gambar karya seni rupa terapan nusantara.
F
peserta didik Membaca
referensi tentang seni rupa terapan nusantara.
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
peserta didik
Mengkaji
keragaman bentuk seni rupa terapan nusantara
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E.
SUMBER BELAJAR
Buku teks
Seni Budaya
Laptop dan
LCD proyektor
F.
PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Menunjukkan keanekaragaman jenis,
bahan dan teknik pembuatan tekstil nusantara,
Ü Mampu mendeskripsikan
makna dan fungsi Tekstils nusantara..
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
Ü Buat klasifikasi
keragaman jenis tekstil nusantara berdasar bahan dan teknik pembuatannya
Ü Jelaskan makna dan
fungsi tekstil nusantara..
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH :
...........................
MATA PELAJARAN :
Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS / SEMESTER :
VIII / I
ALOKASI WAKTU :
4 X 40 menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI :
1. Mengapresiasi karya seni rupa.
KOMPETENSI DASAR : 1.2 Menampilkan
sikap apresiatif
terhadap
keunikan gagasan dan
teknik karya seni rupa terapan
nusantara.
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1.
Membuat
ulasan tertulis tentang keunikan gagasan, teknik pembuatan,
fungsi, dan makna karya seni rupa terapan nusantara.
2.
Membuat kliping gambar karya seni rupa terapan nusantara.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. MATERI AJAR
·
Nilai estetis dan praktis karya seni rupa
terapan nusantara.
·
Fungsi karya seni rupa terapan nusantara
·
Makna
karya seni rupa terapan nusantara.
·
Teknik pembuatan karya seni rupa terapan
nusantara.
C. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : diskusi, tanya jawab, penugasan .
D. LANGKAH
KEGIATAN
Pertemuan pertama dan kedua :
a. Pendahuluan
·
Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai
siswa
·
Motivasi dan apersepsi.
b.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
peserta didik Membaca
referensi tentang nilai seni rupa nusantara.
F
peserta didik Melihat tayangan
proses pembuatan, fungsi, dan makna karya seni rupa terapan nusantara.
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Diskusi keragaman jenis, bentuk,
makna, fungsi karya seni rupa.
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab
pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa
yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. SUMBER BELAJAR
- Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VIII
- Gambar karya seni rupa nusantara
F. PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Membuat kliping tentang
karya seni tekstil Nusantara
Ü Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan gagasan, corak ragam hias, bahan dasar dan
teknik karya seni Tekstil nusantara
|
Tes praktik/
kinerja
|
Tes identifikasi
|
Ü Buatlah kliping hasil karya seni tekstil nu- santara dan berikan tanggapan
tentang keunikannya berdasar kan gagasan, corak ragam hias, bahan dasar, alat
dan teknik pembuatannya
Ü Presentasikan hasil
kliping kelompokmu.
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH :
...........................
MATA PELAJARAN :
Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS / SEMESTER :
VIII / I
ALOKASI WAKTU :
4 X 40 menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI :
2. Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa.
KOMPETENSI DASAR : 2.1 Merancang karya seni kriya
tekstil dengan teknik dan corak
seni rupa terapan nusantara
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1. Mendiskripsikan konsep
batik.
2. Membuat desain pola batik
berdasarkan corak ragam hias nusantara
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. MATERI AJAR
·
Konsep batik
·
Menggambar desain ragam hias untuk pola batik.
C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : Tanya jawab,
Demonstrasi, Pemberian tugas.
D. LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama dan kedua :
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai
siswa
·
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan wawasan
siswa mengenai daerah-daerah pembuat batik.
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
peserta didik Membaca
referensi tentang seni rupa nusantara dan karya seni batik.
F
peserta didik Melihat
tayangan gambar batik.
F
peserta didik Menggambar
desain ragam hias untuk pola batik.
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau
belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. ALAT / SUMBER BELAJAR
·
Buku teks Seni
Budaya
·
Media elektronik
lap top dan LCD proyektor
F. PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Membuat bentuk-bentuk
ragam hias dan corak karya tekstil Nusantara
Ü Membuat rancangan karya
seni kriya tekstil dengan corak ragam hias Nusantara
|
Tes praktik/
kinerja
|
Tes identifikasi
|
Ü Buat desain tekstil
dengan mengambil corak ragam hias Nusantara.
|
Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Gagasan
|
|||||
Kreativitas
|
|||||
Teknik /bentuk
|
|||||
Karakteristik
|
Keterangan :
1 = sangat
kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat
baik
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
( ........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
(
.......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH :
...........................
MATA PELAJARAN :
Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS / SEMESTER :
VIII / I
ALOKASI WAKTU :
4 X 40 menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI :
2. Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa.
KOMPETENSI DASAR : 2.2 Membuat
karya seni kriya tekstil
dengan teknik
dan corak seni
rupa terapan nusantara.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1. Membuat pola
batik pada kain mori berdasarkan desainnya
2. Membatik
tulis dengan bahan lilin dan alat canting
3. Mewarnai kain
batik
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. Materi Ajar
·
Konsep batik
·
Bahan, alat, dan teknik membatik
·
Langkah-langkah membatik
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL : Pemberian tugas, praktek.
D. Langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua :
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai
siswa
·
Motivasi dan
apersepsi.
b. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
peserta didik Membaca
buku teks tentang karya seni membatik.
F
Melihat
demonstrasi/tayangan teknik membatik. .
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar